5 Manfaat Sholat yang Dapat Kita Rasakan Secara Langsung di Dunia

Manfaat Sholat – Sholat merupakan tiang agama, ibadah yang pertama kali ditanya di alam barzah nanti adalah perihal sholat. Sudahkah kamu menjaga sholatmu dengan baik?

Rukun Islam kedua ini bersifat wajib dan boleh ditinggalkan. Allah memerintahkan untuk mendirikan sholat semua demi kebaikan hamba-Nya. Alangkah celakanya orang-orang yang tidak mendirikan sholat padahal ia beragama Islam.

Mengapa? Karena banyak sekali manfaat sholat yang akan kita peroleh tak hanya di dunia ini namun juga di negeri akhirat nanti.


Manfaat Sholat Bagi yang Mendirikannya


Apa saja manfaat dari sholat? Berikut beberapa ulasannya yang semoga mampu meningkatkan keimanan kita semua:

1. Shalat Dapat Menyehatkan

hamalatulquran.com

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa shalat adalah penyembuh karena dapat memberikan aspek relaksasi. Setiap gerakan shalat mengandung makna mengistirahatkan badan, tubuh, dan pikiran dari perihal yang bersifat duniawi.

Rasulullah SAW melihatku ketika aku sedang tidur sambil mengaduh sakit perut. Beliau langsung berkata kepadaku: ‘Hai Abu Hurairoh, kamu sakit perut?’, Aku jawab: ‘Benar, Wahai Rasulullah.’ Beliau menukas: ‘Berdiri dan sholatlah, sesungguhnya sholat adalah obat penyembuh’.”(HR. Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Pada tiap shalat lima waktu terkandung maknanya masing-masing. Misal sholat dzuhur dan ashar merupakan media meditasi untuk melepaskan diri dari kepenatan dan stress pekerjaan.

Sebuah hasil riset menyatakan jika gerakan sholat mampu meningkatkan kembali sistem saraf manusia. Hal ini dipraktekkan pada pasien-pasien di rumah sakit yang memiliki gangguan pada sarafnya. Tak hanya saraf, sholat juga dapat merehabilitasi sistem kerja otot secara fisik.

2. Menjauhkan Diri Dari Hal Negatif

Manfaat Sholat
liputan6.com

Dalam menjalankan hidup sebisa mungkin hindari berpikir ataupun bentindak yang bisa merugikan orang lain. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga waktu sholat anda, biasakanlah untuk sholat tepat waktu sehingga tidak ada jarak untuk berfikir kea rah yang tidak baik.

.,.إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ….

Artinya: “…sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar…” (QS. Al-Ankabut: 45).

Dengan menjaga sholat lima waktu InsyaAllah kita kita tidak akan mudah tergoda dengan hal-hal yang berbau duniawi. Kita akan selalu fokus dan berorientasi pada urusan akhirat. Semoga teman-teman semua menjadi bagian dari golongan orang-orang yang selalu menjaga sholat ya. Aamiin.

3. Menambah Nikmat

Manfaat Sholat
genpi.co

Allah memerintahkan kita untuk mendirikan sholat sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya. Mendirikan sholat sama saja dengan menambah nikmat, karena apabila kita bersyukur maka nikmat Allah akan terus bertambah.
Sholat adalah bentuk rasa syukur, seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar: 1-2 yang artinya:

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al-Kautsar: 1-2).

4. Sebagai Penolong Terhadap Kesulitan Hidup

makassartoday.com

Sesuai dengan firman Allah, bagi umat muslim sholat adalah penolong. Apabila merasa sudah buntu dalam sebuah masalah, maka sholatlah. Seusai sholat berdzikir dan memohon ampun kepada Allah SWT, InsyaAllah hati kita akan terasa ringan.

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 45).

Sebagai hamba Allah yang beriman, kita harus meyakini bahwa hanya Allah lah yang dapat menolong kita keluar dari suatu permasalahan. Karena Allah adalah pemilik segalanya, atas izin Allah pula lah suatu masalah akan dapat terselesaikan atau tidak.

5. Menjadi Orang yang Beruntung

dream.co.id

Khusyuk lah dalam mengerjakan sholat, maka kita akan tergolong ke dalam orang-orang yang beruntung. Sesuai dengan tuntunan agama, salah satu cara untuk meraih kesuksesan adalah dengan mendirikan sholat.

Artinya: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya.” (QS. Al-Mu’minuun: 1-2).

Jika kita menjaga sholat lima waktu maka tak hanya keuntungan dunia yang diperoleh, keuntungan di akhirat berupa tabungan pahala InsyaAllah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

6. Menghindarkan Manusia dari Dosa

Manfaat Sholat
muslimah.or.id

Dalam hal ini sholat mampu menggugurkan dosa-dosa kecil dan membersihkan kesalahan kita. Di sisi agama, orang yang selalu mendirikan sholat lima waktu tidak tersisa sedikit kotoran pun di badannya. Layaknya seseorang yang baru mandi, ia bersih dari kotoran tersebut.

Ditambah lagi jika kita rajin menghadap Allah dengan mengerjakan sholat-sholat sunnah lainnya. Seperti sholat rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha, dan sholat sunnah lainnya.

7. Sebagai Bentuk Meditasi

wajibbaca.com

Kekhusyuan dalam mengerjakan sholat akan membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta. Hati yang awalnya terasa kosong dan dipenuhi banyak kekhawatiran terasa ringan begitu saja. Allah Yang Maha membolak balikkan hati manusia, sehingga kembali lah kepada-Nya dengan khusyuk.

Untuk bisa khusyuk fokuskan pikiran hanya kepada Allah semata, dan lupakan segala urusan duniawi yang memenuhi pikiran anda. Setiap gerakan sholat sesungguhnya bermanfaat untuk menenangkan pikiran.

Layaknya orang-orang yang merasa tenang saat meditasi dengan yoga, sholat bahkan bisa lebih menenangkan dari pada itu. Sholat dapat dijadikan meditasi untuk menenangkan pikiran sembari mengadu kepada Allah SWT.

Leave a Comment