Peradaban Tertua di Dunia Menurut Islam Serta Jejak Bukti Penemuannya

Penelusuran mengenai peradaban tertua di dunia masih terus dilakukan oleh banyak ilmuwan hingga sekarang. Berbagai penemuan dan bukti terkadang dapat mematahkan hipotesis lama tentang temuan sebelumnya.

Peradaban adalah jejak rekam sejarah kehidupan manusia di masa lalu. Tujuannya adalah mengkaji hipotesis tentang kebenaran kehidupan nenek moyang terdahulu dan mengungkapkan peradabannya melalui bukti-bukti.


Peradaban Tertua di Dunia Menurut Islam


kompasiana.com

Banyak versi mengenai bentuk-bentuk peradaban tertua di dunia, ada yang menurut versi sejarah maupun menurut versi agama. Peradaban tertua di dunia menurut Islam tentu saja menghadirkan kisah yang berbeda.

Ada apa saja peradaban tertua di dunia tersebut? Kita simak ulasan di bawah ini:

1. Islam, Agama Tertua di Dunia

Berdasarkan peradaban agama, tentu saja Islam merupakan peradaban tertua di dunia. Ajarannya sudah ada sejak Nabi Adam diciptakan dan disempurnakan oleh Nabi Akhirul Zaman, Baginda Rasul Muhammad SAW.

Hal ini tersirat di dalam Al-Qur’an, dimana Nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan agama Islam. Artinya, Islam menyempurnakan agama-agama terdahulu dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits.

ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ…

Artinya: “…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ma’idah: 3).

Namun jika ditilik menurut peradaban sejarah, maka agama tertua di dunia adalah Hindu. Terbentuk dari campuran aliran agama Bangsa Dravida dan Bangsa Indo-Aria. Sedangkan Sir E.B. Taylor, seorang ahli di bidang antropologi, berpendapat jika peradaban tertua di dunia menganut animisme.

2. Mesopotamia (3300-750 SM)

Salah satu peradaban tertua di dunia menurut Islam adalah negara Mesopotamia. Di negara inilah terdapat suku-suku tertua yang memulai peradaban tertua dunia sejak evolusi manusia.

Dianggap sebagai peradaban tertua, karena di tempat inilah masyarakat beradab mulai terbentuk. Terbukti lewat konspep pertanian yang diciptakan oleh mereka yang hingga kini masih diterapkan. Tempat yang kala itu sudah mengenal seni tersebut kini kita kenal sebagai Irak.

Berikut beberapa suku tertua yang memulai peradaban manusia di Mesopotamia:

Bangsa Ubaid

Suku ini diduga sebagai bangsa yang telah memiliki kepercayaan, dibuktikan dengan ditemukannya tempat ibadah. Kebanyakan dari penduduk bangsa Ubaid menyambung hidup lewat bertani.

Bangsa Sumeria

Menggantikan Bangsa Ubaid, Bangsa Sumeria membuat inovasi pada sektor pertanian dengan adanya sistem irigasi. Bangsa Sumeria memiliki kebudayaan yang lebih maju dan berhasil membangun perkotaan pada masa itu.

Dalam hal agama, mereka sudah mengenal dewa. Dibuktikan lewat ditemukannya kuil dengan menara yang tinggi. Bukti peradaban lainnya adalah peninggalan tulisan paku di wilayah yang kini dikenal sebagai Irak modern.

Bangsa Akkadia

Bangsa yang didirikan oleh Sargon I ini berhasil menguasai Bangsa Sumeria dan menguasai Mesopotamia bawah. Akkadia merupakan bangsa keturunan Semit dengan membentuk Dinasti Sargon sebagai pusat pemerintahannya.
Tidak bertahan lama Dinasti Sargon ditaklukkan oleh orang-orang Gutaean pada tahun 2230 M dengan mengambil alih kekuasaan.

Bangsa Amoriah

Sama dengan Akkadia, Bangsa Amoriah juga merupakan keturunan Semit. Bangsa ini juga salah satu yang berhasil meruntuhkan kekuasaan Bangsa Akkadia dengan merebut area sungai Eufrat- Tigris.

Di wilayah inilah undang-undang hukum tertua dibuat oleh pimpinan Bangsa Akkadia, Hammurabi pada tahun 1792-1750 SM. Setelah dikuasai oleh Bangsa Amoriah, wilayah tersebut mulai dikenal sebagai Babilonia.

3. Gunung Padang

Mematahkan literatur mengenai Mesopotamia, pada tahun 1914 ditemukan situs megalithikum berupa struktur punden perundak di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Seorang ahli genetika dan struktur DNA dari Universitas Oxford mengungkapkan bahwa peradaban sesungguhnya bermula dari Tanah Melayu, Indonesia.

Kehadiran situs Gunung Padang mematahkan teori bahwa peradaban manusia modern bermula di Mesir, Mediterania, dan Mesopotamia. Salah satu situs peradaban tertua di dunia ini diduga dibuat sekitar 9.000 hingga 20.00 tahun yang lalu.

Jika diteliti dari bentuk dan strukturnya, Gunung Padang terdiri dari puing-puing vulkanik dari lereng gunung. Dr. Danny Hilman, seorang ahli geologi, mengungkapkan bahwa situs Gunung Padang sepertinya dibangun untuk keperluan ibadah.

Hal tersebut dilihat dari bentuk tumpukan-tumpukan batu yang jika diteruskan akan menyerupai pola piramida. Meski cara pembangunannya terbilang kuno, namun hal ini sudah membuktikan bahwa orang-orang prasejarah merupakan generasi yang sudah maju dan berpikir cerdas.

4. Mesir Kuno (3150 SM, Peradaban Fir’aun)

Bukti nyata jika Mesir Kuno merupakan salah satu peradaban tertua di dunia dengan adanya peninggalan piramida, sphinx, dan kalender matahari. Seperti yang kita ketahui bersama peradaban ini terletak di sepanjang lembah Sungai Nil di Mesir.

Kisahnya pun tertulis di dalam Al-Qur’an, dimana Nabi Musa AS datang membawa kebenaran dari Tuhan. Namun Fir’aun sebagai raja kala itu menolak dan menganggap semua yang dipertunjukkan Nabi Musa AS adalah sihir.

Peradaban Mesir Kuno menjadi salah satu peradaban terkaya dari segi budayanya. Keberadaan patung Fir’aun menjadi bukti kemajuan peradaban Mesir Kuno. Sejarah pun mencatat puncak keemasan Mesir Kuno berada pada zaman Kerajaan Baru, Ramsees Agung.

5. Kapal Nabi Nuh

Satu lagi penemuan yang memperkuat pendapat jika peradaban dunia berasal dari Indonesia yaitu ditemukannya benda mirip kapal di atas Gunung Ararat, Turki. Kapal ini diyakini sebagai kapal Nabi Nuh AS yang dulu tenggelam.

Meski berada di Turki pada ketinggian 14.000 kaki, para arkeolog Turki dan Cina menyebutkan bahwa kayu yang digunakan untuk membuat kapal tersebut berasal dari Indonesia. Berupa kayu jati purba yang banyak terdapat di Tanah Jawa.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian artefak, fosil, serpihan kayu, kapal, tambang, dan paku yang terdapat di kapal tersebut. Hasil laboratorium menunjukkan bahwa fosil kayu yang ada di kapal tersebut cocok dengan fosil kayu jati yang berasal dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

6. Zoroastrianisme

Berbicara mengenai agama, ada literatur lain menyebutkan bahwa peradaban tertua di dunia menurut Islam adalah Zoroastrianisme. Teori ini dikaitkan dengan penemuan peradaban menurut beberapa literatur sejarah.

Zoroastrianisme adalah agama yang dikenal juga dengan sebutan Majusi. Mereka mempercayai ajaran ini lewat wahyu yang disampaikan ole Zarathustra, imam besar Persia.

Menurut kepercayaan tersebut, Zarathustra mendapatkan wahyu pertamanya saat berusia 30 tahun. Dimana ia meyakini bahwa hanya ada satu Tuhan (monoteisme) di dunia ini dan agama dengan ajaran kebenaran yang bersifat mutlak. Ajaran ini pertama kali lahir di Chorasma, yang kita kenal kini sebagai Iran.

7. Nabi Idris, Penulis Pertama

Dalam sejarah peradaban umat manusia, Nabi Idris AS adalah penemu tulisan pertama di dunia. Dalam beberapa sumber disebutkan Nabi Idris AS adalah nabi yang sangat pintar, pencipta tulisan, penemu alat tulis, pandai menggambar, dan ahli astronomi.

Menurut catatan sejarah telah ditemukan karya tulis tertua di tempat Nabi Idris mendakwah kaumnya. Dimana tempat tersebut kemudian menjadi wilayah dimana Bangsa Sumeria berasal. Seperti yang kita ketahui bangsa tertua di dunia ini memiliki kemampuan menulis dan ahli dalam perbintangan.

Sejarawan juga menemukan beberapa potongan naskah kuno yang diduga kitab yang ditulis oleh Nabi Idris menggunakan pena. Kitab tersebut kemudian menjadi naskah kuno yang disebut sebagai Kitab Henokh.


Hingga kini para ilmuwan, baik itu sejarawan maupun arkeolog, masih terus meneliti dan mengkaji tentang peradaban di dunia. Langkah kongkritnya adalah menelusuri jejak dan mencari bukti peninggalan peradaban manusia dan menguji hipotesisnya.

Jika ditemukan fakta sejarah terbaru, maka persepsi mengenai peradaban tertua di dunia yang alam akan berubah. Untuk peradaban dunia tertua menurut Islam sendiri sebuah penemuan harus dikaitkan dengan benar tidak adanya kejadian tersebut dengan risalah kenabian.

Leave a Comment