Peninggalan Sejarah Islam Di Segala Bidang Kehidupan

Peningggalan Sejarah Islam – Sejarah Islam adalah pelajaran yang harus dipelajari dan diambil kebaikannya oleh seluruh Umat Islam. Belajar sejarah Islam tentu akan membuat kita semakin tahu dan mencintai Islam. Sebelum Islam menjadi agama yang besar banyak perjuangan dari para tokoh-tokoh Islam termasuk juga Rasulullah SAW yang harus dilalui.

Peningggalan Sejarah Islam

Islam adalah rahmatan lil alamin, tapi tidak semua orang mau menerima keberadaan Islam. Mereka yang mengingkari belum mendapatkan hidayah atau pintu hatinya sangat keras. Beruntung bagi kita yang sudah menjadi seorang Muslim sejak lahir.

Islam pernah berjaya pada abad pertengahan dan bisa dibilang masa-masa tersebut adalah masa keemasan Islam. Tak hanya sekedar Agama yang melulu membangun semangat soal akhirat nyatanya Islam memberi sumbangan berupa peninggalan sejarah dalam berbagai bidang kehidupan. Mulai dari ilmu pengetahuan, lingkungan, dan kebudayaan. Mari kita bahas sedikit mengenai sejarah peningggalan Islam di dunia.

Bidang Ilmu Pengetahuan

Astronomi

Observatorium sebagai institusi yang menampung upaya kolektif untuk mengumpulkan data tentang posisi bintang-bintang dan planet merupakan gagasan dari Islam. Program ini dimulai pada daulah Abbasiyah pada abad ke 13. Tujuan dibentuknya observatorium ini adalah untuk memeperbaiki tabel planet yang ddigunakan untuk menghitung posisi planet. Observatorium pertama ada di Maragha dan Samarkand.

Kimia

Geber atau Jabir Ibn Hayyan merupakan seorang kimiawan. Beliau sangat terkenal dikalangan ilmuwan barat. Tak hanya jabir banyak kimiawan muslim lain yang buku-bukunya juga dipelajari oleh para cendikiawan Barat. Selain itu apoteker muslim adalah yang pertama kali menulis mengenai katalog daftar obat-obatan. Istilah yang digunakan pada masa itu adalah Aqrabadin. Teks-teks farmakologis Islam selalu terarah dan dianggap berguna serta diakui dunia.

Ekonomi

Ibnu Khaldun merupakan salah satu cendikiawan muslim yang dianggap sebagai pencetus teori-teori dalam ilmu sosial, filsafat, dan sejarah. Ia juga merupakan penulis orisinal dalam pandangan ekonomi yang berkontribusi dalam ekonomi modern.

Matematika

Dalam ilmu matematika para cendekiawan Muslim berkontribusi dalam menciptakan desimal aritmatika serta operasi mendasar saai ini. Contohnya saja penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, eksponensial, serta pengalian akar. Tak hanya itu para ahli matematika Islam juga memperkenalkan konsep ‘nol’ ke mata dunia.

Ilmu Sosial

Karya-karya dari sejarawan Muslim berpengaruh pada metodologi historis. Ilmuwan barat banyak yang mempelajari tentang narasi insiden, politik, sosial, dan aliran-aliran dalam masyarakat yang ditulis oleh sejarawan Islam. Beberapa sejarawan yang metodenya masih digunakan dalam penelitian sejarah adalah Ibnu Khaldun, Ibnu al Khatib, Abu Ali Ahmad atau yang dalam dunia barat dikenal dengan sebutan Maskaweh

Pengobatan

Teori Patologi Humoral merupakan teori eksplanatori paling luas dalam dunia kedokteran Islam. Pada teori ini dijelaskan mengenai transformasi makanan menjadi substansi tubuh menghasilkan empat hal, yaitu darah, dahak, empedu kuning, dan empedu hitam.

Selain itu dokter-dokter Muslim Qayrawan yang menulis teori-teori dalam bidang pengobatan pada abad ke 10 juga menjadi cikal bakal pendidikan kedokteran di dunia Barat.

Peninggalan Sejarah Islam Bidang Kelingkungan

Pertanian

Kitab Al Filaha merupakan sebuah buku panduan mengenai cara bertani di dalam Islam. Cara bercocok tanam dalam Islam yang mengajarkan bercocok tanam dengan bijak ini banyak ditiru oleh para cendikiawan barat dibidang agrikultur.

Hewan

Al Jahiz merupakan seorang teolog dan ilmuwan yang berkutat dengan alam. Al Jahiz menulis sebuah buku yang berisi tentang pengetahuan hewan. Bukunya sendiri berisi tentang quote-quote, gambar, dan prosa yang berhubungan dengan hewan.

Botani

Kebun rahasia di Sana’a, Yaman merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah Islam di bidang botani. Jika melihat kota Sana’a sekilas saja mengkin kita tidak tahu bahwa rumah-rumah disana menerapkan kehidupan ala Nabi Muhammad SAW. Di Sana’a memang tidak ada lahan pertanian, tapi pada masing-masing rumah terdapat kebun sendiri di bagian atap rumah.

Ekologi

Sistem Konservasi model Hima yang ada di Timur Tengah, seperti Suriah, Yordania, Arab Saudi, dan Yaman merupakan sistem konservasi peningggalan Islam. Hima sendiri adalah padang rumput seperti sabana yang dilindungi oleh undang-undang.

Geografi

Salah satu peta bergambar Jepang atau peta tentang Jepang tertua dibuat oleh penjelajah Muslim bernama Mahmud Kashgar. Peta Jepang tersebut bahkan pernah menghiasi sebuah perangko 100 kurus Turki. Sempat di klaim digambar oleh orang Jepang yang bermigrasi dari Korea di abad ke 8. Nyatanya memiliki kesamaan dengan peta yang dibuat oleh Mahmud di abad ke 7. Lalu siapakah Mahmud Kashgar. Dia adalah seorang penjelajah yang berasal dari keluarga bangsawan Hamir.

Peninggalan Sejarah Islam Bidang Kebudayaan

Arsitektur

Salah satu bangunan yang menggabungkan antara arsitektur dan seni adalah masjid di Iran atau Persia. Masjid yang megah dan indah itu bernama Masjid Nasir Al Mulk. Masjid yang terletak di Shiraz ini dibangun atas perintah dari Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk salah satu penguasa pada dinasti Qajar. Perancangnya adalah Muhammad Hasan Memar dan Muhammad Reza Kashi Faz el Shirazi.

Seni

Seni dalam Islam mempunyai ciri khas tersendiri yang merupakan gabungan dari tradisi Arab, Persia, Mesopotamia, Afrika, HIngga Romawi. Dibangun dari berbagai budaya dan pengetahuan seni Islam mengembangkan gaya uniknya tersendiri. Keberadaan Al Quran sendiri juga mempengaruhi seni itu. Syair-syair indah serta kaligrafi lahir dari Al Quran.

Musik

Safi al Din al Urmawi merupakan ahli teori musik terkemuka dalam dunia Islam. Dia merupakan pelopor sebuah sekolah dimana didalamnya diajarkan teori sistematis. Dua karyanya, yaitu kitab Al Adwar dan Risalat al SHarafiyya dijadikan sebagai buku teks dikalangan ahli teori musik selama berabad-abad.

Kitab Al Adwar yang ditulis pada tahun 1252 didalamnya mengandung 15 bagian. Terdiri dari nada, ukiran, kecapi, interval, komposisi, mode, pandore dua senar, kecapi lima senar, mode populer, nada terkait, timbangan, akordeon, ritme, pengaruh nada, dan kinerja.

Literatur

Seni membuat kertas hadir dalam Dunia Islam pada akhir abad ke 8 di Persia yang akhirnya dibawa hingga ke India dan Eropa. Kaligrafi merupakan salah satu ciri khas yang ada dalam buku-buku Islam dikarenakan beberapa gambar dilarang. Perpustakaan-perpustakaan umum banyak dibangun di Baghdad, Kairo, dan Spanyol (Cordoba). Beberapa perpustakaan tertua di dunia, antara lain: Al Qarawiyyan di Maroko, Baitul Hikmah di Baghdad, dan Perpustakaan Kairo.

Akulturasi

Penaklukan bangsa Mongol ke wilayah Muslim di Eurasia pada Abad ke 13 meleburkan budaya Cina dan Persia di masa lalu. Di Cina sendiri, Islam mempengaruhi dalam bidang teknologi, sains, filsafat, hingga seni. Beberapa bangunan bersejarah di Cina bahkan ditemukan dekoratif arsitektur Islam, seperti kaligrafi. Muezzin Tower di Yining, Xinjiang adalah contohnya begitu pula dengan Masjid besar di Tongxin, Ningxia. Pengobatan tradisional Cina juga beberapa mengadaptasi pengobatan Islam.

Itulah beberapa peninggalan sejarah Islam yang ada di dunia. Peradaban Islam sangat besar hingga banyak berpengaruh pada setiap lini kehidupan. Dan kita sebagai seorang Muslim patut bangga dan harus meneladaninya. Jangan sampai peninggalan sejarah Islam hilang dari tubuh Umat Muslim karenanya kita harus melestarikan dengan cara mempelajarinya.

Leave a Comment