√ 4 Nama Khulafaur Rasyidin (Pengertian dan Biografi Singkat)

4 Nama Khulafaur Rasyidin (Pengertian dan Biografi Singkat)

Nama Khulafaur Rasyidin – Khulafaur Rasyidin adalah kepemimpinan atau kekhalifahan Islam setelah wafatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kekhalifahan tersebut terdiri dari empat khalifah yang memerintah setelah wafatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mereka merupakan sahabat terdekat Nabi. Tidak hanya sebatas sahabat mereka juga merupakan mertua atau menantu dari Rasulullah SAW.


Nama Khulafaur Rasyidin


Masing-masing khalifah dipilih dengan cara yang berbeda-beda. Didalam kepemimpinan 4 nama Khulafaur Rasyidin Islam semakin berjaya meskipun sudah tidak ada lagi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Islam berkembang tidak hanya di Jazirah Arab, tapi menyebar hingga ke Levant, Kaukasus, Afrika utara, hingga Asia tengah dan timur.

Berikut ini empat nama Khulafaur Rasyidin yang termashur dan bijaksana.

1. Abu Bakar Ash Shiddiq Khulafaur Rasyidin Pertama

Khalifah pertama yang ditunjuk setelah wafatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Abu bakar Ash Shiddiq.

Ia merupakan sahabat nabi yang paling mulia bahkan ia tergologong manusia yang paling mulia setelah para Nabi dan Rasul.

Abu bakar juga merupakan golongan As Saabiquunal Awwaluun atau tujuh orang pertama yang masuk Islam.

Beliau juga merupakan bapak mertua dari Istri kesayangan Rasulullah, ‘Aisyah. Ash Shiddiq adalah gelar yang diberikan oleh Rasulullah kepadanya karena ia selalu berkata benar dan membenarkan apa yang diajarkan Rasulullah SAW.

Masa jabatannya sebagi khalifah cukup singkat, yaitu dari tahun 632 hingga 661 Masehi. semasa ia menjabat Abu Bakar fokus untuk memadamkan pemberontakan suku-suku Arab yang menolak tunduk pada kekhalifahannya.

2. Umar bin Khattab Khalifah Kedua

Sebelum Abu Bakar dibaiat sebagai khalifah pertama pengganti Rasulullah, beliau engusulkan nama Umar dan merendah diri.

Umar memang sosok yang tegas dan bijaksana sehingga ia banyak disegani oleh para sahabat lainnya.

Ia bahkan sangat ditakuti oleh para musuh-musuh Islam. Diberi gelar Al Faruq oleh Rasulullah yang berarti pemisah antara yang haq dan yang bathil.

Ia termasuk golongan amirul mukminin yang pertama kali masuk Islam bersama dengan Abu Bakar. Wataknya yang keras membuatnya mendapat julukan singa padang pasir.

Beliau menjadi khalifah kedua menggantikan Abu bakar. Sebelum meninggal Abu Bakar memang pernah bertanya kepada para sahabat tentang penunjukkan Umar sebagai penggantinya.

Para sahabat yang lain juga menyetujuinya. Akhirnya Umar menjabat sebagai khalifat setelah meninggalnya Abu Bakar selama 12 tahun.

3. Utsman bin Affan Khulafaur Rasyidin Ke Tiga

Utsman menjadi khalifah ketiga menggantikan Umar yang wafat setelah sakit akibat ditikam oleh Abu Lu’luah al Majusi.

Sepeninggalnya Umar ada dua nama yang diajukan sebagai Khalifa, yaitu Utman dan Ali bin Abi Thalib. Masing-masing kandidat mempunyai pendukung yang mengusungnya.

Pada akhirnya kesepakatan terbesar jatuh kepada Utsman. Beliau menjabat sebagi khalifah di usianya yang ke 70 tahun. Masa jabatan Utman sekitar 12 tahun lamanya.

Saat menjadi khalifah yang paling disoroti dari kebijakan Umar ialah pengangkatan anggota keluarga menduduki jabatan penting.

Meskipun begitu ia berhasil membangun kota pusat pemerintahan menjadi lebih baik.

4. Ali bin Abi Thalib Khalifah Ke Empat

Ali bin Abi Thalib menjabat sebagai khalifah keempat menggantikan Utsman dalam situasi yang sedang panas. Situasi tersebut bahkan mengambil Utsman sebagai korban.

Sebenarnya Ali saat itu tidak mau menerima jabatan sebagai khalifah karena situasi yang tidak stabil. Apalagi ada penolakan dari pendukung Muawiyah bin Abi Sufyan.

Desakan yang kuat dari umat membuat ali akhirnya menerima jabatan sebagai khalifah. Beliau mulai menjabat di tahun 656 Masehi.

Di masa pemerintahannya Ali harus menghadapi kelompok-kelompok yang meminta pengusutan atas peristiwa berdarah yang membuat Utsman terbunuh.

Ali mengalami masa-masa yang sulit karena saat ia menjabat sebagai khalifah umat Islam mulai terpecah.

Keyword: nama khulafaur rasyidin

Leave a Reply