Nama Keluarga Besar Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Nama Keluarga Nabi – Masih ingatkah lagu Abdullah yang sempat viral karena dinyanyikan dua bocah asal Garut, Jawa Barat bernama Davina dan Entri.

Lagu tersebut sebenarnya bukan berjudul Abdullah, tetapi Kisah Sang Rasul. Di awal lagu tersebut terdapat lirik dimana sedikit keluarga Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan.

Mengetahui nama anggota keluarga Nabi merupakan wujud cinta kita kepada baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan mengetahui nama keluarganya kita juga bisa tahu latar belakang keluarga Nabi yang mulia.

Mempelajari sejarah Nabi termasuk juga keluarganya diharapkan bisa semakin memupuk cinta kita kepada Rasulullah SAW.


Nama Keluarga Nabi


Kita juga akan tahu bahwa nasab keluarga Nabi semuanya baik dan terhormat. Sehingga salah bila ada orang yang menjelek-jelekkan atau bahkan merendahkan beliau.

Diharapkan dengan mempelajari sirah nabawiyah termasuk juga tentang keluarga Nabi bisa memperkuat iman kita. Berikut ini nama-nama keluarga Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Orang Tua Hingga Buyut Nabi

Orang tua dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Abdullah (ayah) dan Aminah (ibu).

Kakek dari pihak ayahnya adalah Abdul Muthallib dan istrinya (nenek Nabi) Fatimah binti Amr.

Kakek buyutnya (ayah dari kakek) adalah Hasyim bin Abdi Manaf dan istrinya (nenek buyutnya) Salma binti Amr.

Ayah kakek buyutnya adalah Abdu Manaf bin Qushay dan istrinya Atikah binti Murrah.

Lalu ayah dari kakek kakek buyutnya adalah Qushay bin Kilab dan istrinya Huba binti Hulail.

Nama Keluarga Nabi (Para Paman Nabi)

Para paman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari pihak ayahnya sudah banyak kita kenal.

Abu Thalib bin Abdul Muthalib merupakan paman nabi sekaligus saudara satu bapak dan ibu dengan ayah beliau Abdullah.

Nabi Muhammad juga masih mempunyai paman lain, yaitu Az Zubair bin Abdul Muthallib, dan Harits bin Abdul Muthallib, serta Hamzah bin Abdul Muthallib yang berbeda ibu dengan ayahanda beliau Abdullah.

Mereka bertiga lahir dari ibu bernama Halah binti Wahab. Paman Nabi yang lain ialah Abbas, Abu Lahab serta enam anak lain yang juga anak dari kakeknya Abdul Muthallib.

Sepupu dan Kemenakan Nabi

Sepupu Nabi, diantaranya Ali bin Abi Thalib, Abu Sufyan bin Harits, Abdullah bin Abbas, Utbah bin Abu Lahab, Durrah binti Abu Lahab dan Umamah binti Hamzah, serta beberapa sepupu lain.

Sedangkan keponakannya, diantaranya ialah Ramlah binti Abu Sufyan, Al Walid bin Al Harits, Abu Al Hasan Bin Al Harits, dan Muslim bin Harits.

Nama Keluarga Nabi (Istri Istri Nabi)

Istri pertamanya adalah Khadijah binti Khuwailid, kedua adalah Siti Aisyah binti Abu Bakar, ketiga adalah Saudah, keempat adalah Hafsah binti Umar. Kelima Zainab, keenam Ummu Salamah, ketujuh Juwairiyah, kedelapan Ummu Habibah, Syafiyah istri ke sembilan, Maimunah istri kesepuluh, dan terakhir Mariah Al Qibthiyah.

Anak dan Cucu Nabi

Rasulullah memiliki 7 anak dari pernikahannya dengan Siti Khadijah.

Putri pertama beliau bernama Zainab binti Rasulullah. Putri kedua bernama Ruqayyah, putri ketiga bernama Ummu Kultsum, putri keempat bernama Fatimah Az Zahra.

Selain keempat putri Rasulullah juga memiliki dua orang putra, yaitu Qasim bin Rasulullah dari Siti Khadijah dan Ibrahim bin Rasulullah dari Mariah al Qibtiyah.

Nabi Muhammad juga mempunyai anak angkat yang bernama Zaid bin Tsabit.

Sedangkan cucu nabi dari Fathimah dengan Ali bin Abi Thalib ada 5 orang, yaitu Muhsin bin Ali, Hasan bin Ali, Husain bin Ali, Ummu Kultsum binti Ali, dan Zainab binti Ali.

Cucu pertama beliau, yaitu Muhsin bi Ali wafat saat masih didalam kandungan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mempunyai cucu dari anak angkatnta Zaid, yaitu Usamah bin Zaid.

Usamah bukan anak dari pernikahan Zaid dengan putri Rasulullah Zainab, melainkan dari hasil pernikahannya dengan Ummu Ayman.

Keyword: nama keluarga nabi

Leave a Comment