Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Selama Ini Kita Ucapkan

aArti marhaban ya Ramadhan itu apa sih? Kita sering kali mendengar kalimat “marhaban ya Ramadhan”, tapi mungkin sebagian dari kita tidak atau belum tahu apa arti dari kalimat tersebut.


Arti Marhaban Ya Ramadhan


Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata marhaban adalah kata seru yang berarti selamat datang. Biasanya kata seru ‘marhaban’ digunakan untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu. Marhaban juga berarti lagu puji-pujian.

Saat bulan suci Ramadhan tiba, umat Muslim biasanya berbondong-bondong mengucapkan kalimat “Marhaban ya Ramadhan.” Bila merujuk pada arti marhaban menurut kamus besar Bahasa Indonesia, arti marhaban ya Ramadhan secara lengkap adalah selamat datang Ramadhan.

Di era digital seperti sekarang ini kalimat Marhaban ya Ramadhan atau selamat datang bulan suci Ramadhan banyak dicuitkan di jagat maya oleh para netizen. Bahkan kalimat marhaban ya ramadhan menjadi kalimat paling populer di sosial media apalagi di awal-awal bulan puasa.

Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Umat Islam selalu menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita apapun kondisinya. Oleh karena itu, kebanyakan umat Islam menyambut Ramadhan dengan ucapan selamat datang atau Marhaban ya Ramadhan.

Terdapat beberapa keistimewaan dalam bulan suci Ramadhan sehingga umat Muslim bahagia karenanya. Keistimewaan-keistimewaan Ramadhan itu, antara lain:

1. Bulan puasa dimana seluruh umat Islam yang baligh lagi berakal diwajibkan atasnya. Hikmahnya untuk melatih kesabaran dan meningkatkan keimanan.

2. Merupakan bulan yang di dalamnya terdapat malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang penuh berkah ini malaikat Jibril turun ke bumi. Lailatul qadr juga merupakan malam yang penuh dengan keselamatan dan dosa-dosa orang yang menghidupkan lailatul qadr diampuni oleh Allah.

3. Ramadhan juga merupakan bulan dimana Al Qur’an diturunkan.

4. Dosa-dosa yang telah lalu juga diampuni di bulan penuh berkah ini.

5. Semua pahala pada bulan Ramadhan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat.

Keistimewaan-keistimewaan yang dimiliki bulan Ramadhan inilah yang membuat Umat Islam menyambutnya dengan gembira. Bahkan keberkahan Ramadhan tidak hanya dirasakan oleh Umat Islam, umat lainnya pun ikut mendapat keberkahan di bulan ini.

Contohnya, saat bulan Ramadhan terdapat beberapa pasar kaget di berbagai daerah. Mereka yang ikut meramaikan pasar kaget dan menjual dagangannya kebanyakan laris manis. Entah yang dijual berupa takjil, makanan berbuka, hingga pakaian. Biasanya tidak hanya umat muslim yang berjualan di pasar kaget Ramadhan.

Berkah Ramadhan memang untuk semua ummat karena itu tidak hanya umat Islam yang biasanya menyambut ramadhan. Umat lain pun ikut menyambut bulan penuh berkah ini.

Beberapa Kalimat Ucapan untuk Menyambut Ramadhan

“Marhaban yaa Ramadhan Karim.”

“Marhabaan ya Ramadhan 1441 H.”

“Marhaban yaa Shahra Ramadhan yaa Shahra Siam”

“Ahlan wa sahlan wa marhaban yaa Ramadhan.”

“Marhaban Yaa Ramadhan, Ramadhan Mubarak.”

“Selamat datang Ramadhan bulan penuh ampunan.”

“Selamat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.”

“Saatnya memperbaiki diri dan hati, jalani Ibadah dengan hati yang ikhlas, Marhaban ya Ramadhan.”

“Semangat menyongsong Ramadhan, semangat memupuk kebaikan.”

“Jalani ibadah di bulan yang Indah, Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan.”

Masih banyak lagi ucapan-ucapan yang biasa disampaikan ketika bulan Ramadhan. Rata-rata didalamnya terdapat sambutan untuk Bulan suci Ramadhan sekaligus do’a untuk sesama muslim. Semoga ramadhan kali ini Allah juga melimpahkan segala rahmatNya kepada kita yang menjalankan ibadah puasa, Aamiin.

Keywords: arti marhaban ya Ramadhan

Leave a Comment