√ Tugas Malaikat Ridwan Sang Penjaga Pintu Surga

Tugas Malaikat Ridwan Sang Penjaga Pintu Surga

Malaikat Ridwan menjadi nama malaikat yang terkenal dikalangan masyarakat sebagai malaikat yang bertugas menjaga pintu surga.

Sebenarnya malaikat yang menjaga surga tidak pernah disebutkan di dalam Al Quran seperti halnya Malik sang malaikat penjaga neraka.

Nama ridwan sebagai penjaga surga disebutkan dalam beberapa hadits, akan tetapi haditssnya dhaif atau tidak terjaga.


Malaikat Ridwan


Meskipun nama ridwan bukanlah nama malaikat yang bertugas menjaga surga, tapi para ulama sudah paham mengenai pemakaian dari nama tersebut.

Nama ridwan sebagai nama malaikat penjaga surga memang sudah lama dipakai sehingga banyak ulama yang sudah paham mengenai hal tersebut.

Ada beberapa hadits dengan atsar yang lemah atau tidak terjaga (dhaif). Berikut ini beberaapa hadits yang menyatakan bahwa malaikat penjaga surga bernama Ridwan.

1. Hadits dari Cerita Ubai Bin Ka’ab Tentang Malaikat Ridwan

Arti haditsnya kurang lebih seperti berikut ini:

“Tidak ada seorang muslim yang membaca surah Yasin sedang dia berada dalam sakaratul maut, maka tidaklah malaikat maut mencabut nyawa orang tersebut sampai Ridwan penjaga surga memberi ia minuman.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh Al Qadhai dalam Musnad As-Syihab (1036) dari jalan Mukhallad bin Abdil Wahid dari Ali bin Zaid bin Jud’an dan Atha’ bin Abi Maimunah dari Zirr bin Hubaisy dari Ubai bin Ka’ab. Telah diriwayatkan secara marfu’ dimana didalam sanadnya terdapat Ali bi Zaid bin Jud’an yang masyhur sebagai perawi yang lemah. Ditambah dengan adanya Mukhallad bin Abdil Wahid, dimana Ibnu Hibban berkata tentangnya bahwa ia seorang yang sangat munkar haditsnya. Terdapat dalam Al Majruhin 1096.

2. Hadits dari Cerita Abdullah Bin Abbas

Hadits dari Abdullah bin Abbas ini berkaitan dengan bulan Ramadan, berikut arti haditsnya:

“Allah Azza wa Jalla berfirman, wahai Ridwan, bukalah pintu-pintu surga.”

Diriwayatkan oleh Abu Asy- Syaikh dalam kitabnya Ats Tsawab dan Al Baihaqi dalam Syuab Al Iman tentang kisah surga yang berhias setiap Ramadan tiba. Datang dari jalan (perantara) Adh Dhahhak dari Ibnu Abbas secara marfu’. Dianggap lemah karena Ad Dhahhak tidak mendengar langsung dari Ibnu Abbas.

3. Hadits dari Cerita Abdullah bin Abi Aufa

As Suyuthi menyatakan dalam Al Jami’ Al Kabir sebagaimana dalam Kunzul Ummal:
‘lalu saya berkata (didalam surga), “wahai Ridwan milik siapa istana ini?”

Telah diriwayatkan oleh Ath Thabrani dan Ibnu Asakir dari Abdullah bin Abi Aufa sedang di dalam sanadnya terdapat Abdurrahman bin Muhammad Al Maharibi dan Amar bin Saif yang keduanya sering meriwayatkan hadiits-hadits yang munkar. Pernyataan ini terdapat dalam Mizan Al i’tidal.

4. Hadits dari Cerita Anas bin Malik

“Rabbul Izzah Tabaraka wa Ta’ala memanggil Ridwan dan ia merupakan penjaga surga.”

Al Uqali dalam Adh Dhuafa meriwayatkan hadits tersebut lewat Hamzah bin Washil Al Minqari dari Anans secara marfu’. Al Uqaili menyatakan setelahnya bahwa Hamzah seorang dari bashrah, majhul dalam periwayatan dan hadits tersebut tidak terjaga.

5. Hadits dari Ibnu Katsir tentang Malaikat Ridwan

Dan penjaga surga adalah seorang malaikat bernama Ridwan sebagaimana datang dengan jelas di dalam beberapa hadits.

Terdapat dalam kitab Al Bidayah wa An Nihayah

Tidak hanya kelima hadits diatas, tapi masih ada hadits dari Al Waahidy yang panjang lebar ia paparkan dalam kitabnya yang berjudul Asbabun Nuzul. Para periwayatnya (isnad) sangat lemah. Bahkan beberapa ulama terkemuka memasukkan hadits ini dalam kitab hadits palsu (Al Maudhuu’aat).


Wujud Malaikat Ridwan


Malaikat penjaga surga diciptakan oleh Allah dari Cahaya sebagai mana malaikat yang lain juga tercipta dari hal yang sama.

Malaikat Ridwan digambarkan sebagai sosok yang sangat menyenangkan semenyenangkan bentuk surga.

Keyword: Tugas Malaikat Ridwan

Leave a Reply