Tugas Malaikat Munkar Serta Pertanyaan yang Diajukan di Alam Kubur

Ada tiga alam yang harus dilalui manusia, pertama adalah alam dunia, kedua adalah alan barzah atau alam kubur, dan yang terakhir adalah alam akhirat.

Alam dunia merupakan alam yang kita tinggali saat ini. Pada alam ini kita diberi waktu oleh Allah untuk mengumpulkan pahala dari amalan-amalan shaleh agar kelak bisa mendapat surga.

Di alam barzah atau bisa juga dikatakan sebagai alam peralihan manusia menunggu setelah kematiannya sebelum nantinya dibangkitkan setelah hari kiamat.


Tugas Malaikat Munkar


Malaikat Munkar adalah salah satu malaikat yang bertugas untuk bertanya kepada ruh yang ada di alam barzah atau alam kubur.

Malaikat Munkar akan menanyakan dan memeriksa perbuatan manusia serta perbuatan amal dan ibadah nya pada saat semasa masih hidup di dunia.

Malaikat Munkar tidak bekerja sendiri, ia bersama-sama dengan malaikat Nakir pergi ke alam barzah untuk memberi beberapa pertanyaan kepada ruh yang telah meninggalkan jasadnya.


Pertanyaan yang Diajukan di Alam Kubur


Di alam barzah manusia akan bertemu malaikat Munkar dan Nakir yang akan menanyakan beberapa pertanyaan. Diantara pertanyaan-pertanyaan yang diajukan antara lain:

“siapa Tuhanmu? (من ربك؟)”,

“siapa nabimu? (من نبيك)”,

“apa agamamu? (ما دينك)” dan beberapa pertanyaan lain.

Lalu apa bahasa yang digunakan Malaikat Munkar dan Nakir ketika menanyai ruh di alam kubur? Di dalam Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam, Syekh M Nawawi Al Bantani menyatakan bahwa kedua malaikat tersebut akan bertanya menggunakan bahasa yang kita gunakan selama hidup di alam dunia. Jika dalam bahasa Arab kira-kira beginilah bunyi pertanyaannya:

ويسألان كل إنسان بلغته ويقولان له من ربك وما دينك ومن نبيك وما قبلتك ومن إخوتك وما إمامك وما منهاجك وما عملك

Artinya: “Keduanya (Munkar dan Nakir) bertanya kepada setiap manusia (ruh di alam kubur) dengan bahasanya. Mereka bertanya, “Siapa Tuhanmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu? Apa Kiblatmu? Siapa saudaramu? Imammu? Apa Jalan Hidupmu? Apakah amalanmu?”

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan malaikat Munkar dan Nakir memang terlihat mudah saat ini, tapi di alam barzah kita belum tentu bisa menjawabnya.

Anggota badan kita akan menjadi saksi dari setiap jawaban yang kita keluarkan. Jangan harap di alam barzah kita bisa membohongi Malaikat Munkar dan Nakir.


Kedatangan Malaikat Munkar


Ada beberapa riwayat yang mengatakan kalau malaikat akan datang dan menanyakan ruh si mayit setelah 70 langkah kepergian para pengantar jenazah.

Bagi ruh yang bisa menjawab pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir maka ia akan dilapangkan serta diterangkan kuburnya.

Sebaliknya orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan malaikat maka akan disiksa hingga dibangkitkan di hari kiamat. Naudzubillahi min dzalik.

Orang-orang beriman dan mendapat taufik dai Allah SWT akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan malaikat dengan mudah.

Bagi setiap orang yang beriman pasti akan dengan mantap dan percaya diri mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah utusan Allah.

Sedangkan orang kafir dan munafik akan merasa panik dan cemas bahkan ketakutan saat ditanya perihal Nabi Muhammad SAW.

Mereka yang dengan mudah menjawab (orang-orang Islam yang beriman) akan disuruh beristirahat kembali di kuburnya dan akan dibangunkan seperti seseorang yang dibangunkan kekasihnya di hari kiamat nanti.

Kubur yang mereka tempati akan terasa lapang dan terang sehingga mereka tidak merasa sedih berada di alam barzah.

Sebaliknya orang-orang kafir aakan mendapat siksa kubur. Sepanjang hidup mereka di alam barzah yang dirasakan hanya ketakutan dan kegelapan. Jangankan untuk tidur, untuk beristirahat saja mereka tak diberikan waktu oleh kedua malaikat.

Tidak ada sumber hadits yang jelas, tetapi dipercaya jika para binatang bisa mendengar pertanyaan bahkan siksa kubur. Wallahu a’lam.

Keyword: Tugas Malaikat Munkar

Leave a Comment