Penjelasan 6 Rukun Iman Beserta Pengertian, Makna dan Urutannya

Selain rukun Islam, setiap muslim juga harus mengetahui dan meyakini 6 rukun iman serta penjelasannya. Tidak tahu saja sudah termasuk berdosa, apalagi tidak percaya. Rukun ini Berbeda dengan rukun Islam.

Kalau rukun Islam bisa salah satunya tidak dikerjakan tetapi keenam rukun ini tidak boleh diyakini hanya salah satunya. Sebab semuanya adalah satu kesatuan.


Rukun Iman


Image Source: romawiki.org

Keenam rukun itu adalah sebagai berikut:

1. Iman kepada Allah SWT

Iman yang pertama ini adalah sebuah pondasi dasar. Sebab hanya karena iman kepada Allah saja yang bisa membuat kita iman kepada rukun yang berikutnya.

Orang bisa dikatakan percaya kepada Allah jika sudah benar-benar menyandarkan dirinya terhadap semua ketentuan Allah dan taat kepadaNya.

Taat sendiri bermakna menjalankan semua yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala larangannya.

Sehingga jika seseorang sedang bermaksiat, itu artinya imannya sedang menurun atau bahkan sudah tidak ada.

Meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah SWT sebagai tuhan maha pencipta seluruh jagat raya. Meyakini Allah dengan segala sifat – sifatnya.

Seseorang tidak dikatakan beriman hingga ia mengimana 4 hal :

– Mengimani adanya Allah
– Mengimani rububiah Allah, bahwa tidak ada yang mencipta, menguasai dan mengatur alam semesta selain Allah
– Mengimani uluhiah Allah, bahwa tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah.
– Mengimani semua nama dan sifat Allah dalam Asma’ul Husna

Dengan kita mempercayai bahwa tiada tuhan selain Allah maka kita meyakini bahwa kita hanyalah manusia yang tak berdaya tanpa kekuasaan Allah.

2. Iman kepada malaikat

Umat Islam juga harus meyakini bahwa Allah menciptakan makhluk yang tidak memiliki nafsu dan tugasnya hanya menghamba yang disebut dengan malaikat. Karena tidak punya nafsu, malaikat tidak pernah bermaksiat.

Iman kepada malaikat berati mengimani adanya malaikat dan tugas – tugasnya sebagai makhluk Allah.

Kita juga wajib meyakini bahwa malikat mempunyai wujud. Allah menciptakan malaikat terbuat dari cahaya, mereka senantiasa patuh kepada perintah Allah dan sama sekali tidak pernah melakukan dosa.

Jumlah malaikat sendiri tak seorang pun ada yang tahu kecuali Allah SWT. Namun, ada jumlah 10 malaikat yang kita wajib mengimani. Yaitu:

  1. Malaikat Jibril
  2. Malaikat Mikail
  3. Malaikat Rakib
  4. Malaikat Atid
  5. Malaikat Mungkar
  6. Malaikat Nakir
  7. Malaikat Izrail
  8. Malaikat Israfil
  9. Malaikat Malik
  10. Malaikat Ridwan

Kita meyakini adanya makhluk Allah yang bernama malaikat, yang selalu mematuhi perintah Allah SWT, yang berada di dekat manusia ada yang mencatat amal baik dan buruk, yang menurunkan rizki, ada yang mencabut nyawa manusia dan sebagainya.

3. Iman kepada kitab – kitab Allah SWT

Dengan kita memperlajari sejarah islam kita mengetahui bahwa agama Islam tidak muncul begitu saja, banyak pendahulu sebelum akhirnya Al -Quran diturunkan.

Kita juga dapat banyak mengetahui kitab – kitab sebelum Al – Quran dijelaskan di dalam Al – Quran seperti Injil, Zabur, Taurat dan lain sebagainya.

Kitab – kitab sebelumnya ini berisikan mengenai ucapan – ucapan Allah sebagai penuntun umat pada jamannya dan disempurnakan dengan kitab akhir yaitu kitab Al -Quran.

4. Iman kepada rasul

Mengimani rasul Allah berarti mempercayai dan meyakini ada sebagian laki – laki kalangan manusia yang dipilih oleh Allah SWT sebagai perantara antara dirinya dengan makhluknya.

Rasul – rasul Allah ini dipilih untuk menyebarkan dan mengajak kita untuk beriman kepada Allah SWT.

Kita wajib mengimana dan mempercayai bahwa rasul adalah utusan Allah di muka bumi ini dan itu ada lah benar yang bersumber dari Allah SWT.

5. Iman kepada hari akhir

Meyakini bahwa dunia ini tak selamanya abadi, bumi ini tak selamanya kekal merupakan salah satu iman kepada hari akhir.

Mengimani bahwa ada hidup setelah di dunia dan mengimani adanya tanda – tanda hari kiamat, seperti munculnya dajjal, turunnya nabi Isa AS, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, diangkatnya ilmu dari muka bumi ini dengan ditandai wafatnya para ulama.

Makin banyak kerusakan di muka bumi ini dan banyak sekali kekacauan yang terjadi sebelum datangnya hari kiamat.

6. Iman kepada qodho dan qodar

Rukun iman yang keempat yaitu beriman kepada qadha dan qodar yaitu meyakini bahwa apapun yang terjadi baik dalam diri kita maupun di muka bumi ini ialah merupakan kehendak Allah SWT.

Qadar merupakan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya sedangkan Qodho artinya keputusan perbuatan adalah terlaksanya berupa kenyataan.

Meyakini bahwa manusia hanya bisa berencana namun tuhan yang menentukan, meyakini bahwa semua yang terjadi merupakan sesuatu hal yang baik dimata Allah dan semata – mata demi kebaikan umatnya.

Demikian penjelasan mengenai rukun islam dan rukun iman. Semoga bermanfaat.

Keyword: Rukun Iman

Leave a Comment