Arti Alhamdulillah | Keutamaan Membaca Kalimat Tahmid Setiap Hari

Arti Alhamdulillah – Seolah sudah menjadi bahasa semua umat, kalimat tahmid “Alhamdulillah” di Indonesia tak hanya diucapkan oleh umat muslim saja. Kalimat ini juga sering digunakan oleh umat-umat non-muslim lainnya dalam kesehariannya.

Begitu populer nya penerapan bahasa Arab di negeri nusantara ini, sehingga sudah dijadikan bahasa keseharian semua umat.

“Alhamdulillah” adalah bentuk ungkapan syukur seorang hamba kepada Allah atas terkabulnya doa dan harapan. Praktiknya setiap orang di Indonesia secara spontan akan berucap Alhamdulillah saat memperoleh suatu kebahagiaan.

Hal ini membuktikan betapa tingginya karunia dan rahmat Allah kepada hamba-Nya. Dibuktikan oleh frekuensi pelafalan kalimat tahmid ini yang tinggi per hari keluar dari mulut setiap orang. Sehingga umat lain yang mendengarnya pun sudah terbiasa dan ikut berucap hal sama sebagai wujud syukur.


Penjelasan Arti Alhamdulillah


Arti Alhamdulillah
dream.co.id

Menurut yang tertulis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti Alhamdulillah ( اَلْحَمْدُلِلَّهِ ) adalah ungkapan untuk menyatakan rasa syukur.

Lafadz ini terdiri dari kata “hamd” yang artinya pujian, pembahan “al” bermakna segala, jadi “al hamdu” berarti segala puji, sedangkan “li” dan “Allah” artinya bagi Allah. Jika dirangkai dalam satu kalimat maka arti Alhamdulillah adalah “segala puji bagi Allah”.

Penambahan kata “al” dalam kalimat al hamdu dalam bahasa Arab disebut sebagai alif lam. Dimana dalam tatanan bahasa Arab alif lam tersebut menunjukkan arti lil al-istigraq yang artinya meliputi segala sesuatu.

Kata alif lam tersebut berfungsi sebagai isim ma’rifat dalam bahasan ilmu nahwu sharaf, menunjukkan arti sesuatu tertentu atau semua. Sehingga dengan adanya alif lam, makna kalimat tahmid mencakup segenap pujian dan segenap syukur baik yang ikhtiyari maupun yang ghair ikhtiyari.

Begitu pun dengan keberadaan huruf lam yang membuat makna lil al-ghayah pada kalimat tahmid. Lil al-ghayah artinya menunjukkan tujuan, sehingga kata “Lillah” diartikan sebagai “untuk Allah”.

Artinya kepada siapa pun kita memuji, tujuan akhirnya tetap karena dan untuk Allah (Lillahi). Karena segala sesuatu yang kita puji tersebut merupakan ciptaan dan Maha Karya Sang Pencipta.

Kalimat tahmid ini sering juga diucapkan secara lengkap, yaitu Alhamdu Lillahi Rabbil ‘Alamiin ( اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْ ), yang artinya “segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”. Seperti yang tertulis dalam ayat kedua pada surat Al-Fatihah.

Di dalam Al-Qur’an sendiri kalimat Alhamdulillah disebutkan sebanyak 22 kali. Di antaranya terdapat pada surat Al-Fatihah (1) ayat 2, Yunus (10) ayat 10, Al-An’am (6) ayat 45, Al-Isra’ (17) ayat 111, Al-Kahfi (8) ayat 1, dan surat Saba’(34) ayat: 1.

Makna Alhamdulillah dalam Kehidupan Sehari-hari

Arti Alhamdulillah
islami.co

Wujud syukur adalah bukti nyata seorang hamba selalu berpositif thinking dan bertawakkal kepada Rabb nya. Dalam keseharian kita setiap detik dan menit nya selalu saja ada nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Mulai dari nikmat nya bernafas, diberikan tidur yang nyenyak, makan dan minum yang cukup, hingga pekerjaan yang matang. Maka dari itu nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan?

Silaturahmi, merupakan salah satu nikmat sekaligus pembuka pintu rejeki bagi kita. Berkumpul dengan karib kerabat serta sanak famili merupakan hal paling membahagiakan. Lewat tali silaturahmi Allah bukakan pintu rezeki yang halal bagi hamba-hamba Nya yang bersyukur.

Berikutnya ada shodaqoh, membelanjakan harta di jalan Allah merupakan perbuatan yang sangat mulia dengan ganjaran pahala berlipat dari Allah. Shodaqoh merupakan bentuk wujud syukur manusia kepada Tuhan nya atas rejeki yang selama ini ia peroleh.

Allah menjanjikan kepada siapa yang rajin bershodaqoh, maka akan dibersihkan harta dan digugurkan dosanya. Karena dibalik shodaqoh tersebut terdapat bentuk pujian kepada Allah yang telah memberi segala nikmat. Dimana bentuk pujian tersebut akan dibalas oleh Allah begitu seterusnya.

Jadi pada hakikatnya saat kita bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillah, segala kebaikan akan kembali kepada diri kita sendiri. Karena sejatinya Allah tidak butuh apa-apa, kita lah yang membutuhkan Allah. untuk itu bertawakkal dan bersyukurlah kepada-Nya agar hidup senantiasa barokah.

Keutamaan Mengucap Kalimat Tahmid

pinterest.com

1. Mendapat pahala

Seperti yang dijelaskan bahwa sedekah adalah wujud rasa syukur seorang hamba atas nikmat yang diterimanya. Saat kita mengucapkan Alhamdulillah, Allah memberikan pahala untuk kita. Begitu seterusnya pahala akan terus bertambah karena kalimat tahmid yang kita lafadzkan.

Lalu bayangkan berapa banyaknya pahala bagi mereka yang senantiasa mengisi hari-harinya dengan berdzikir. Pagi, siang, sore, dan petang terdapat keberkahan pada masing-masing waktu tersebut. Begitu mudahnya untuk mencari pahala bukan, lantas mengapa kita senantiasa mendekati dosa?

2. Ditambah rezekinya

Sama halnya dengan bertambah pahala, seorang hamba yang senantiasa bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillah akan dilipat gandakan rezekinya oleh Allah Yang Maha Kuasa.

Rasa syukur ini dapat diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan kepada mereka yang kurang mampu. Terutama saat kondisi sulit seperti saat ini, dimana pandemi covid-19 ini membuat banyak orang dirumahkan dan kehilangan pekerjaannya.

Inilah saat yang tepat untuk saling bahu-membahu, bantu sesama tanpa saling pandang bulu. Jika kamu memiliki rezeki lebih, sisakan bagi mereka yang mungkin hari ini tidak tahu bisa makan atau tidak. Dengan begitu Allah akan melipat gandakan rezeki kita, jangan khawatir harta tersebut berkurang.

Buktikan sendiri keajaiban dari bersyukur dan bersedekah, niatkan tulus dari hati. Maka kamu akan tercengang akan Kebesaran Allah SWT. Karena sejatinya pada harta yang kita miliki terdapat bagian atau hak milik orang lain di dalamnya.

3. Menentramkan jiwa

Masih berkaitan dengan poin 1 dan 2, keutamaan mengucap Alhamdulillah selanjutnya adalah dapat menentramkan jiwa. Hal ini karena kalimat tahmid tersebut diwujudkan dalam perilaku kedermawanan kita terhadap sesama.

Tentu saja orang yang senantiasa berbagi hatinya selalu bersih, karena Allah yang menjaganya. Jiwa menjadi tentram karena tidak pernah merasa kurang atas berkah dan ridha’ Allah. Sekaya apapun seseorang, namun jiwanya tak akan tentram bila tak pernah bersyukur.

Di balik kalimat Alhamdulillah terdapat makna pilar kecintaan. Para ulama berpendapat tak hanya makna pujian yang terdapat di dalam Alhamdulillah, melainkan terdapat rasa cinta. Dimana suatu pujian tidak akan terucap jika tak dilandasi oleh rasa cinta.

4. Mencegah aura negatif mendekat

Artinya jika seseorang senantiasa bersyukur maka hatinya akan senantiasa tenang di segala kondisi. Meski kondisi yang buruk sekalipun, misal saat terkena musibah. Alih-alih menyalahkan keadaan ia justru akan tetap bersyukur karena masih diberikan ujian.

Ia meyakini Allah memberikan ujian pasti beserta hikmahnya. Selalu memandang positif dan berbaik sangka kepada Allah adalah kunci hidup tenang. Emosi jiwa tak mudah terpancing oleh hal-hal yang bersifat duniawi.

Karena pada dasarnya emosi dan perbuatan negatif lainnya hanya akan merugikan diri sendiri. Bukannya malah mendatangkan kawan justru memperbanyak lawan. Untuk itu bersyukurlah atas setiap peristiwa yang menimpa kita, tandanya Allah masih sayang pada kita.

5. Dituliskan 30 kebaikan

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa jika kita mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamiin, walau hanya dalam hati saja akan dituliskan baginya 30 kebaikan dan dihapuskan 30 kesalahan sekaligus.

Sungguh mulia Allah yang memberikan begitu banyak anugerah kepada kita dengan mudahnya. Tanpa bersusah payah, kalimat tahmid sangat ringan untuk diucapkan. Maka jangan lupa untuk senantiasa mengucap syukur dan berdzikir selama mulut masih bisa berbicara.

Begitu Maha Pemurah nya Allah, namun terkadang kita sombong dalam beberapa keadaan. Keangkuhan membutakan mata hati kita, sehingga untuk mengucap syukur Alhamdulillah saja lisan terasa berat. Padahal segala sesuatu yang kita miliki adalah titipan dan akan diambil kembali oleh Allah.


Lalu setelah membaca arti Alhamdulillah dan lima keutamaan bersyukur di atas, masih enggan jugakah untuk berucap Alhamdulillah? Semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah yang dilindungi. Aamiin.

1 thought on “Arti Alhamdulillah | Keutamaan Membaca Kalimat Tahmid Setiap Hari”

Leave a Comment