Doa Sapu Jagat | Keutamaan dan Waktu yang Tepat Memanjatkannya

Doa Sapu Jagat – Doa menjadi sumber kekuatan umat muslim dalam menjalankan ibadah. Disaat berhadapan dengan kesulitan, maka panjatkanlah doa kepada Yang Maha Kuasa. Bahkan dalam keadaan bahagia sekalipun jangan lupa bersyukur lewat sebuah doa.

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk rajin-rajin berdoa. Walau belum pasti kapan doa tersebut dikabulkan, jika tidak di dunia biarlah setiap doa yang dipanjatkan menjadi tabungan pahala di akhirat nanti.

Salah satu doa pamungkas yang selalu dibaca oleh Rasul adalah doa sapu jagat. Disebut sebagai sapu jagat karena mengandung makna yang ampuh di dalamnya. Berisikan permintaan kebaikan dan keselamatan hidup di dunia dan di akhirat nanti.


Waktu yang Tepat Memanjatkan Doa Sapu Jagat


ihram.asia

Menurut Ibn Katsir doa sapu jagat mengandung semua tindakan yang membawa kebaikan dan menjauhkan diri dari semua keburukan, baik itu keburukan di dunia maupun di akhirat.

Doa ini juga sering dijadikan sebagai penutup dari segala doa. Hal ini karena makna yang terkandung di dalamnya adalah meminta harapan paling baik dari yang terbaik.

Jadi sesudah meminta ini-itu kepada Allah, tutuplah dengan meminta segala kebaikan, karena Allah lah yang Mengetahui yang terbaik bagi umatnya. Beberapa waktu terbaik membaca doa sapu jagat:

Usai Melaksanakan Sholat wajib

Jangan lupa memanjatkan doa ini setiap kali selesai mengerjakan sholat fardhu. Nabi bahkan tidak pernah lupa membaca doa ini, bahkan menjadi doa yang paling sering dibaca oleh Beliau semasa hidupnya.

Sepertiga Malam

Di sepertiga malam usai mendirikan qiyamul lail (shalat malam), doa ini akan terasa lebih indah dipanjatkan kepada Allah SWT.

Inti dari Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat
merdeka.com

Meski lafadznya sangat singkat, namun makna yang terkandung dalam doa sapu jagat sangatlah dalam. Setidaknya terdapat tiga permohonan pamungkas yang menjadi keutamaan doa ini, yakni sebagai berikut:

Memohon Segala Kebaikan di Dunia

Kebaikan di dunia dalam artian segala hal yang bisa menuntun kita untuk terus ingat dan beribadah kepada Allah Ta’ala. Agar setiap kebaikan yang datang benar-benar sesuai dengan ketetapan dan diridhai oleh Allah SWT.

Beberapa contoh jenis kebaikan di dunia diantaranya ilmu yang bermanfaat, harta yang cukup, tubuh yang sehat, dan lain sebagainya.

Namun tidak semudah dan semulus jalan tol untuk memperoleh kebaikan-kebaikan tersebut. Akan selalu ada saja cobaan dan godaan syaithan untuk mengganggu dan menjerumuskan manusia ke jalan yang tidak baik.

Terkadang godaan duniawi membuat kita lupa pada tujuan hidup yang sesungguhnya, sehingga banyak sekali manusia  yang sering khilaf dalam kehidupan. Salah satu caranya agar terlindung dari segala bentuk keburukan dunia adalah dengan rajin-rajin membaca doa sapu jagat usai sholat.

Memohon Segala Kebaikan di Akhirat

Kehidupan kekal adalah kehidupan setelah mati nanti, dunia akhirat. Oleh karena itu saat meminta kebaikan dunia, jangan lupa juga untuk memanjatkan kebaikan di akhirat. Hal ini tentu saja sudah tercantum jelas di dalam doa sapu jagat yang sering anda bacakan.

Semoga dengan rajin membaca doa tersebut kita semua terhindar dari siksa kubur, diselamatkan dari api neraka, memperoleh syafaat Nabi, memperoleh kedudukan yang tinggi di sisi Allah, dan lain sebagainya.

Memohon Perlindungan dari Api Neraka

Neraka adalah tempat yang paling menyeramkan dan tidak akan ada yang tahan dengan panas apinya. Barangsiapa yang menyia-nyiakan akhirat semasa hidup di dunia, maka neraka adalah tempatnya.

Untuk itu agar terhindar dari siksaan yang menyeramkan ini, marilah sama-sama kita tingkatkan membaca doa sapu jagat ini lebih rutin lagi. Sembari terus meningkatkan amal kebaikan lainnya dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat
tirto.id

Ada dua jenis doa sapu jagat yang sering dipanjatkan oleh Rasululah SAW:

  • versi pendek

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.”

  • versi panjang

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”


Jangan pernah lelah untuk terus beribadah sembari memanjatkan doa kebaikan dunia dan akhirat. Semakin sering mengerjakan amal kebajikan semakin besar pula kesempatan kita untuk terhindar dari siksa neraka. Aamiin.

Leave a Comment