Doa Puasa Senin Kamis dan Tata Cara Berpuasanya

Doa Puasa Senin Kamis – Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang mungkin paling sering kita dengan dan amalkan. Sesuai dengan namanya puasa senin kamis dilakukan setiap hari senin dan kamis saja.

Tata cara berpuasanya sama seperti puasa pada umumnya termasuk juga dengan puasa wajib. Dimulai dengan sahur dan disudahi dengan berbuka dari mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.


Doa Puasa Senin Kamis


Tak berbeda memang dengan puasa wajib yang biasa kita lakukan saat bulan Ramadan. Letak perbedaannya hanya pada niat dan hukum puasanya.

Sebagai salah satu ibadah yang dicintai Allah dan Rasulullah pasti banyak muslim yang ingin mengamalkannya. Berikut ini tata cara beserta doa puasa senin kamis.

1. Niat Doa Puasa Senin Kamis

Setiap melakukan suatu ibahan ataupun kebaikan haruslah dimulai dengan niat ikhlas untuk Allah ta’ala. Termasuk juga puasa senin kamis.

Berhubung puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah jadi bisa diniatkan berbarengan dengan puasa sunnah lainnya.

Bacaan Niat Berpuasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.”

“Saya niat puasa Hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Bacaan Niat Berpuasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma yaumal khamiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.”

“Saya niat puasa Hari Kamis sunnah karena Allah Ta’ala.”

2. Sahur

Bersahur atau makan sahur saat akan berpuasa hukumnya adalah sunnah. Itu berarti kita dianjurkan untuk menyantap sahur karena akan mendapat pahala. Selain berpahala dengan sahur kita akan memiliki cukup energi dan tenaga untuk beraktifitas seharian.

Lalu kapan kita harus berhenti makan sahur. Di dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim telah disebutkan yang berarti:

“Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian beliau shalat. Anas berkata: “ Aku tanyakan, berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Zaid menjawab: “Kira-kira 50 ayat membaca Al Quran.”

3. Lama Waktu Berpuasa

Lamanya waktu berpuasa senin-kamis sama seperti saat kita melakukan puasa wajib di bulan Ramadan. Dimulai dari terbitnya fajar atau waktu subuh hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib.

Waktu imsakiyah tidak perlu diperhatikan karena sejatinya imsak hanya sebatas penanda kalau sebentar lagi akan memasuki waktu subuh.

Imsak bukanlah waktu dimana kita harus berhenti sahur. Meskipun begitu akan lebih baik bila kita berhenti makan dan minum sebelum adzan dikumandangkan. Untuk itu kita bisa mengira-ira waktu imsak bagi diri sendiri.

4. Hal-hal yang Harus Dihindari

Saat melaksanakan puasa Senin-Kamis ada hal-hal yang perlu dihindari sama seperti saat melakukan puasa wajib. Bukan berarti puasa sunnah lantas kita bisa melonggarkan ketentuan-ketentuan yang ada.

Hal-hal yang harus dihindari tersebut, diantaranya: makan dan minum, memasukkan sesuatu kedalam kerongkongan atau menelan.

Muntah dengan disengaja, melakukan hubungan suami istri, keluar mani, serta melakukan pengobatan pada dua lobang kemaluan. Adapula kategori orang yang dilarang atau batal puasanya, yaitu haid dan nifas, gila, serta murtad.

5. Berbuka

Buka puasa merupakan bagian akhir dari rangkaian puasa. Menyegerakan berbuka juga bagian dari sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Apabila sudah tiba waktunya adzan magrib makanlah akurma atau minum segelas air putih. Tidak usah berlebihan dan secukupnya saja. Makanan berat lainnya bisa disantap setelah melaksanakan shalat magrib.

Sebelum berbuka disunnahkan juga untuk membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu. Berikut ini doa berbuka puasa yang bisa diamalkan:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

“Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘alaa rizqiqa afthartu, dahabazh zhamau, wabtalatil ‘uruqu, watsabatil ajru insyaallah.”

Keyword: Doa Puasa Senin Kamis

Leave a Comment