Doa Pernikahan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Mengingat saat ini masih memasuki bulan syawal, pasti banyak diantara kalian yang akan atau baru saja melaksanakan pernikahan, atau mungkin silih berganti dibanjiri undangan sembari mengucapkan doa pernikahan.

Yang menikah pasti deg-deg an karena akan memasuki fase baru kehidupan, yang diundang pasti deg-degan karena untuk sementara waktu pengeluarannya akan menguras kantong celana.

Berbicara tentang pernikahan, ini adalah proses bersatunya dua orang yang berbeda karakter dan latar belakang dalam sebuah ikatan suci.

Selain menjadi momen paling bahagia bagi pasangan pengantin, momen ini juga menjadi berkat dan kebahagiaan bagi keluarga dan kerabat kedua belah pihak.

Menikah merupakan salah satu ibadah dalam keyakinan agama Islam, bahkan merupakan ibadah terlama loh. Ini merupakan sebuah langkah baru yang menyenangkan dalam kehidupan seseorang.

Namun, dalam mengarungi sebuah pernikahan dibutuhkan perjuangan, kesabaran, dan keikhlasan secara terus-menerus dalam kebersamaan.


Hadits Kewajiban Memenuhi Undangan Pernikahan


vistaprint.co.uk

Oleh karena itu doa dan harapan menjadi hal yang penting bagi kedua pasangan pengantin. Doa menjadi kado terindah yang mengandung harapan besar bagi setiap pasangan yang baru menikah.

Untuk kamu yang sedang dibanjiri banyak undangan pernikahan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Ada sebuah hadist yang menjelaskan:

“Bila salah seorang diantara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan” HR. Muslim no.1431

Hadits tersebut menjelaskan betapa pentingnya memenuhi undangan dan menghargai pasangan pengantin dengan mendoakan. Kali ini pasberita.com akan berbagi tips tentang doa pernikahan yang telah Nabi SAW ajarkan.

Kita biasanya mendoakan pengantin dengan ungkapan seperti “Selamat menempuh hidup baru ya”, “SaMARa ya”, atau “Happy Married yaa.. semoga langgeng sampai maut memisahkan”, “Barakallah ya..” dan masih banyak lagi ungakapan lainnya.

Doa dengan ungkapan-ungkapan tersebut tidak salah, selama itu bermakna baik. Namun, berikut ini ada doa pernikahan yang lebih baik untuk pengantin baru, doa ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,

ibnuthurmudzi76.blogspot.com

Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam. Dalam KBBI berkah adalah karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia, keberkahan dalam hidup manusia, keberkahan yaitu keberuntungan, dan kebahagiaan.

Berkah artinya memiliki banyak kebaikan dan bersifat terus menerus. Inilah doa terbaik yang diharapkan setiap pasangan, bukan tentang susah dan senangnya, tetapi sabar dan syukurnya, bukan miskin atau kayanya, tetapi jihad dan shadaqahnya. Karena berkah itu berarti tetap berada pada jalur yang benar dalam keadaan apapun.


Kumpulan Doa Pernikahan


nypost.com

Selain itu ada doa pernikahan lain yang dianjurkan untuk diucapkan setelah menyantap makanan dalam menghadiri pernikahan, Doa tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummaghfirlahum, warhamhum, wa baariklahum fiimaa razaqtahum

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang engkau karuniakan kepada mereka”. (HR. Ahmad)

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baariklahum fiimaa razaqtahum, waghfirlahum, warhamhum

Artinya: “Ya Allah berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim)

Atau bisa juga dengan lafadz

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Allahummath’im man ath’amanii, wasqi man saqaanii

Artinya: “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku”. (HR Muslim)

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.

Artinya: “Mudah – mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR Abu Dawud)

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Aftoro ‘indzakumusshooimuuna waakala tho’aa makumulabrooru washollat ‘alaykumulmalaikah.

Artinya: “Telah berbuka di sisi kalian orang – orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang – orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Itu dia beberapa doa pernikahan yang bisa kalian praktikkan saat hendak mendoakan pasang pengantin. Semoga informasi seputar doa pernikahan ini bermanfaat yaaa. Aamiin.

Keyword: Doa Pernikahan

Leave a Reply