Doa Pembuka Acara untuk Acara Selamatan dan Kenaikan Pangkat

Doa Pembuka Acara untuk Acara Selamatan dan Kenaikan Pangkat

Doa pembuka acara merupakan suatu tradisi dan keharusan dalam adat warga muslim di Indonesia.

Hampir di setiap acara besar selain salam sebuah acara dibuka dengan membaca doa.

Biasanya doa yang dipanjatkan tak lepas dari acara tersebut, misalnya saja kelancaran acara.


Doa Pembuka Acara


Sebuah hajatan yang digelar tentu diharapkan dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Agar rencana yang telah tersusun berjalan lancar tak ada salahnya bila kita membaca doa pembuka acara.

Diharapkan dengan membaca doa tersebut semua orang yang datang diberi barokah oleh Allah SWt begitu pula dengan hajatan yang digelar.

Di Indonesia setiap acara yang diadakan kerap disebut sebagai hajatan dan yang mengadakan sebuah hajatan adalah pemilik hajat.

Banyak hajatan yang dibuat semacam acara syukuran, mulai dari hajatan rumah baru, pekerjaan baru, hingga kehidupan baru.

Berikut ini beberapa doa pembuka acara mulai dari acara menempati rumah baru hingga jabatan baru.

Doa Pembuka Acara Selamatan Rumah Baru

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam. Melalui pujian yang sesuai dengan nikmatNya dan menjamin ditambah nikmatNya. Ya Tuhan kami, segala puji bagiMu dan segala apa yang putut atas keluhuran Dzat mu dan kemulyaan serta keagungan kekuasaanMu.”

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

“Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dzim atas junjungan kami, dan juga keluarga junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa sallam. Wahai, Allah sesungguhnya kami memohon kepadaMu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar dengan nama Allah kami masuk dan keluar dan kepada Tuhan kami, kami berserah diri. Ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini.”

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا

“Berkahilah rezeki-rezeki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami.”

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

“Selamatkan kami, agama kami, fisik-fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Yaa Tuhan kami, masukkanlah kami dnegan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar dan berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuuasaan yang menolong.”

Doa Kenaikan Pangkat

Dibawah ini adalah doa yang biasa dipakai dalam pelantikan pejabat terutama dalam lingkungan mahkamah agung.

اعوذ ب الله من الشيطان الرجيم . بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين. والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلي اله واصحابه اجمعين.

“Aku berlindung kepada Allah dari Godaan setan yang terkutuk dan dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam dan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan juga seluruh keluarga serta para sahabatnya.”

اللهم انت ربّنا لا اله إلاّ انت خلقتنا

“Wahai Allah, Engkaulah Tuhan kami tiada sesembahan yang patut disembah kecuali Engkau yang telah menciptakan kami.”

اللَّهُمَّ مَالِك الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَ تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ

“Engkaulah yang menggenggam jabatan dan kekuasaan, Engkau datangkan jabatan dan kekuasaan kepada siapa yang Kau kehendaki dan melepaskan jabatan dan kekuasaan dari siapa saja yang Kau kehendaki.

اللهم اجعلنا ممن له العلم ويقضي بعلمه

“jadikanlah kami menjadi bagian dari golongan orang-orang yang meraih ilmu dan petunjukMu.”

اللهمّ اَغْنِنَا بِالْعِلْمِ وَزَيِّنّا بِالْحِلْمْ واَكْرِمْنَا بِااتَّقْوَى وجَمِّلْناَ بِالْعَافِيَةِ

“Allah ya Tuhan kami perkayalah kami dengan ilmu, hiasilah kami dengan ketenangan jiwa, dan baguskanlah fisik kami dengan kesehatan.”

Keyword: Doa Pembuka Acara

Leave a Reply