√ Doa Panjang Umur dari Rasulullah SAW dan Sahabat

Doa Panjang Umur dari Rasulullah SAW dan Sahabat

Doa panjang umur merupakan sebuah harapan yang mungkin dipanjatkan semua orang. Bahkan mungkin ada beberapa orang yang berharap bisa hidup selamanya (imortal) layaknya vampire di cerita-cerita fiksi. Setiap manusia pasti akan kembali kepada Allah tanpa terkecuali.

Manusia pasti akan mati saat menemui ajalnya karenanya tidak akan ada manusia yang hidup selamanya (imortal). Sebagai seorang muslim yang beriman kepada qadha dan qadir sudah seharusnya kita juga mempersiapkan akan hari dimana kita akan kembali pada-Nya.

Tidak ada yang salah jika seorang manusia mengharapkan umur yang panjang. Karena mungkin dengan umur panjang akan bisa lebih menikmati kehidupan dunia lebih lama lagi. jika memohon untuk umur panjang diperbolehkan lain halnya dengan meminta untuk keabadian.

Keabadian hanyalah milik Allah semata dan tidak ada satupun makhluk-Nya yang abadi. Segala sesuatu yang bersifat kekal tentunya hanya boleh dimiliki oleh Tuhan semesta alam. Kita manusia tidak berhak atas keabadian hidup.

Umur yang panjang bisa saja dinikmati oleh setiap manusia jika seseorang tersebut mengusahakannya, tapi tetap umur hanya Allah yang tahu. Sebagian manusia dianugrahi umur yang panjang serta kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.


Doa Panjang Umur


Diberi umur panjang bukan berarti kita dapat menunda-nunda sesuatu apalagi dalam beribadah karena kita tidak tau apa yang menjadi kehendak Allah SWT. Selagi diberi umur perbanyaklah bersyukur dan berdoa.

Kunci dari panjang umur sebenarnya adalah menerima segala sesuatu dengan ikhlas dan berfikiran bahwa semua yang Allah berikan adalah yang terbaik. Selain itu kita juga tentunya bisa memanjatkan doa panjang umur kepada Allah SWT agar diberi umur yang panjang.

Berikut ini doa panjang umur yang bisa dibaca dan dibagikan ke orang tua maupun kerabat lainnya agar berumur panjang:

للّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allāhumma thawwil umūrana wa shahhih ajsādana wa nawwir qulūbana wa sabbit iimānanā wa ahsin ‘amālanā wa wassi’ arzaqanā wa ilal khairi qarribnā wa ‘anisy-syarri ab’idnā. Wa dhikhawāijana fiddiini waddunyā wal ākhirati innaka ‘alā kulli syai-in qadiir.”

Artinya, adalah “ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad (badan) kami, terangilah hati kami, tetapkanlah (kuatkan) iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami daripada keburukan. Kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa panjang umur dari Rasulullah SAW

Doa ini diambil dari Kitab Al-Adab Al-Mufrid dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah SAW berdoa untuk anaknya, yang berbunyi:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَأَطِلْ حَيَاتَهُ – وفي رواية: وَأَطِلْ عُمُرَهُ -، وَاغْفِرْ لَهُ

[الأدب المفرد للبخاري: صححه الألباني]

Artinya adalah:

Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, panjangkanlah kehidupannya (umurnya) dan ampunilah dosanya!”

Doa mohon umur panjang dari Umar Bin Khattab

Doa ini diambil dari kitab Al-Mu’talif wa Al-Mukhtalif karya Ad-Darul Qathni, yang diucapkan oleh Umar Bin Khattab untuk mendoakan Ali bin Abi Thalib yang sedang sakit, doa tersebut berbunyi:

أَطَالَ اللهُ بَقَاءَكَ

(المؤتلف والمختلف للدارقطني)

Bunyinya adalah:

“Athaala Allahu Baqaa-aka”

Artinya adalah:

Semoga Allah memanjangkan umurmu

Doa mohon umur panjang dari Uqbah bin Amir ‘Al-Juhaniy

Doa ini ada dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad dari Hasan. Bahwasanya doa ini dibacakan oleh Uqbah bin Amir ‘Al-Juhaniy ra kepada seorang Nasrani yang mengucapkan salam padanya saat bertemu di jalan. Yang bunyinya adalah:

إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ وَبَرَكَاتِهِ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ , لَكِنْ أَطَالَ اللهُ حَيَاتَكَ وَأَكْثَرَ مَالَكَ وَوَلَدَكَ

[الأدب المفرد للبخاري: حسنه الألباني]

Artinya adalah:

Sesungguhnya rahmat Allah dan berkah-Nya hanya untuk orang-orang yang beriman, akan tetapi semoga Allah memanjangkan umurmu, memperbanyak harta dan anakmu.”

Doa mohon keselamatan dan mohon panjang umur

Doa ini dari Ibnu Umar ra, yang berkata bahwa Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan doa ini di sore hari dan pagi hari. doa ini adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhanku, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah Tuhanku, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam urusan agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah Tuhanku, Tutupilah kekuranganku dan hilangkanlah ketakutanku. Ya Allah Tuhanku, Jagalah aku dari depanku, belakangku, kanan dan kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung hanya dengan keagungan-Mu serangan dari bawahku“. (Sunan Abu Daud: Sahih)

Dohon mohon selamat dan panjang umur dari Rasulullah

Doa ini adalah dari Abdurrahman bin Abu Bakrah yang mendengar ayahnya selalu berdoa setiap setelah shalat Subuh sampai terbit matahari, dan doa ini adalah sebagaimana Abu Bakrah ra. Selalu mendengar Rasulullah membacakan doa ini:

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِى بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah badanku, Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah pendengaranku, Ya Allah Tuhanku, selamatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.” (Sunan Abu Daud: Hasan)

Doa mohon panjang umur dari Musnad Ahmad

Bahwa doa ini adalah dari Rasulullah SAW sesuai haditsnya yang berbunyi:

لَيْسَ أَحَدٌ أَفْضَلَ عِنْدَ اللهِ مِنْ مُؤْمِنٍ يُعَمَّرُ فِي الْإِسْلامِ لِتَسْبِيحِهِ وَتَكْبِيرِهِ وَتَهْلِيلِهِ

Artinya adalah:

Tidak ada seseorang yang lebih baik di sisi Allah dari seorang mukmin yang panjang umurnya dalam Islam karena tasbih, takbir, dan tahlilnya“. (Musnad Ahmad: Hasan)

Doa mohon panjang umur dan kesehatan

Doa ini bunyinya adalah:

“Allahumma Thawwil Umuuranaa wa Shahhih Ajsaadanaa wa Nawwir Quluubanaa wa Sabbit Iimaananaa wa Ahsin A’maalanaa wa Wassi’ Arzaqanaa wa ilal Khairi Qarribanaa wa ‘Anisy-syarri Ab’idnaa waqdhi Khawaa ijanaa fiddiini waddunyaa wal Akhirati Innaka ‘alaa Kulli Syain Qadiirun”

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhan kami, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan. Maka kabulkanlah segala kebutuhan kami baik dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa panjang umur dan banyak harta

Adapun doa ini berbunyi:

“Allahumma Aktsir Maalii wa walaadii wa Baarik Lii fiimaa A’thaitanii wa Athil Hayaatii ‘ala Tha’atika wa ahsin ‘amalii wagh Firlii”

Artinya adalah:

Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Maka panjangkanlah umurku dalam keataan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.


Resep Panjang Umur


Orang-orang di negara maju khususnya negara maju di daerah Asia mempunyai penduduk komposisi penduduk dengan tingkat usia tua yang lebih tinggi dari tingkat kelahiran.

Negara-negara maju yang pro dengan penekanan pertambahan penduduk tentunya akan berpengaruh pada angka kelahiran.

Mereka lebih memilih untuk menemukan solusi bagaimana agar hidup panjang umur. Sehingga kebanyakan negara-negara maju memiliki piramida penduduk konstruktif atau tua. Dimana ciri-cirinya adalah tingkat kelahiran lebih rendah dari tingkat kematian.

Berbagai resep panjang umur dibagikan oleh mereka yang berumur panjang agar bisa ditiru oleh generasi selanjutnya. Mulai dari gaya hidup yang sehat hingga pikiran yang positif menjadi resep andalan mereka.

Usaha-Usaha demikian tentu saangat boleh dilakukan mengingat itu adalah ikhtiar yang baik. Selama tidak melanggar syariat agama resep apapun yang bisa digunakan untuk membuad badan sehat dan panjang umur boleh dilakukan.

Memiliki umur yang panjang akan menjadi sia-sia ketika tidak kita manfaatkan untuk beribadah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala.

Selain untuk beribadah ketika diberi umur yang panjang harusnya kita melakukan hal-hal baik yang dapat berguna bagi orang lain.

Diatas merupakan uraian doa panjang umur yang meliputi kesehatan dan ketetapan iman beserta artinya. Semoga dengan mengamalkan bacaan doa panjang umur diatas Allah memberikan kita umur yang panjang dalam kesehatan agar bisa mengabdi seutuhnya kepada Allah ta’ala.

Keyword: Doa Panjang Umur

Leave a Reply