√ Doa Nabi Yusuf | Beberapa Doa Beliau yang Dapat Diamalkan

Doa Nabi Yusuf | Beberapa Doa Beliau yang Dapat Diamalkan

Doa Nabi Yusuf – Nabi Yusuf radhiyallahu ‘anhu merupakan satu dari 25 Nabi yang kisahnya patut kita teladani. Yusuf dikenal sebagai nabi dengan salah mukjizat berupa wajah yang amat tampan.

Ketampanannyya tak bisa dibandingkan dengan ketampanan laki-laki manapun. Beliau anak ke tujuh dari 12 bersaudara dan anak yang paling disayang oleh ayahnya, yaitu Nabi Yaqub.


Doa Nabi Yusuf


Selain sebagai mukjizat ketampanan Nabi Yusuf juga merupakan sebuah ujian baginya. Dimana akibat ketampanannya beliau kerap mendapat masalah.

Yusuf sering membuat saudara-saudaranya iri sehingga beliau dibuang dan dikucilkan. Masalah terbesar yang dia hadapi karena wajah tampannya adalah fitnah dari perempuan bersuami.

Ditimpa banyak masalah membuat Nabi Yusuf semakin dekat dengan Allah beliau berdoa agar terhindar dari fitnah yang keji. Selain berdoa untuk menghindari fitnah dan hawa nafsu Yusuf juga sering mengucap syukur.

Dimana rasa syukur tersebut malah menjadikan aura ketampanannya semakin terpancar. Berikut ini kisah dan doa Nabi Yusuf yang perlu kita ketahui.

Kisah Nabi Yusuf

Salah satu kisah dari Nabi Yusuf yang sangat terkenal dan tertulis di dalam Al Quran ialah kisahnya dengan Ratu Zulaikha.

Ratu tersebut merupakan istri dari saudagar kaya di Mesir. Ketampanannya mampu memikat Zulaikha yang kala itu menjadi istri dari majikan Nabi Yusuf.

Zulaikha bahkan sering memamerkan ketampanan pelayannya itu kepada teman-teman wanitanya.

Dimana para wanita tersebut sangat takjub dengan ketampanan Nabi Yusuf hingga tak sadar memotong jari jemari mereka.

Nabi yusuf alaihis salam pernah difitnah melecehkan zulaikha padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

Hingga akhirnya Yusuf dipenjara dan hampir diadili, tapi ia berhasil terlepas dari hukuman karena Allah menolongnya.

Pertolongan itu datang karena beliu terus menerus berdoa kepada Allah untuk dijauhkan dari fitnah dan hawa nafsu.

Doa Nabi Yusuf

Terdapat doa yang digunakan untuk memancarkan aura wajah kita. Dengan doa ini kita berharap diberi wajah yang rupawan. Doa ini juga dikenal dengan doa bercermin.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.”

“Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Selain doa bercermin ada pula doa yang bisa kita panjatkan untuk menarik hati lawan jenis yang kita sukai. Sering juga disebut dengan doa pengasih.

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.”

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta cinta kasih kepadaku.”

Selain doa untuk memancarkan aura wajah ada doa shahih yang tertulis di dalam Al Quran surah Yusuf ayat 33. Doa tersebut Nabi Yusuf panjatkan selama berada didalam penjara akibat fitnah dari Siti Zulaikha. Berikut ini doanya:

“Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaina wa akun minal jahiliin.”

“Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Insya Allah dengan membaca doa diatas kkita diberi wajah rupawan sekaligus terhindar dari bahaya fitnah keji dan hawa nafsu. Amalkan doa diatas terutama doa yang terkandung di dalam ayat al quran.

Keyword: Doa Nabi Yusuf

Leave a Reply