√ Doa Mohon Agar Meninggal dalam Keadaan Khusnul Khotimah

Doa Mohon Agar Meninggal dalam Keadaan Khusnul Khotimah

Khusnul khatimah adalah kematian yang baik yang bisa mengantarkan kita kepada ridha Allah SWT dan surga-Nya.

Karena itulah kita harus senantiasa memohon kepada Allah agar diberikan khusnul khotimah menjelang kematian kita nanti.


Doa Mohon Khusnul Khotimah


Sebagai umat Muslim tentunya kita mengharapkan khusnul khatimah sebagai penutup kehidupan kita di dunia.

Karena itulah sepatutnya kita memohon kepada Allah sehabis shalat lima waktu ataupun di waktu lainnya agar selalu mengucapkan doa-doa khusnul khotimah.

Adapun doa tersebut adalah:

Doa yang bisa dibaca setiap habis shalat lima waktu, yang berbunyi:

“Bismillaahirrahmaanirrahiim. Allaahummaj’al Khoiro Umrii wa Khoiro Amalii Khowaa Timahu wa Khoiro Ayyaamii Yauma Liqooika”

Artinya adalah:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku hingga akhirnya, sebaik-baiknya perbuatanku hingga kesudahannya, dan sebaik-baiknya masaku hingga menjumpaimu.”

Doa mohon khusnul khotimah yang berbunyi:

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

Bunyinya adalah:

“Allahummakhtim Lanaa Bil Islaami Wakhtim Lanaa bil Iimaani Wakhtim Lanaa bi Husnil Khootimati”

Artinya adalah:

Ya Alloh, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah

Doa Khusnul Khatimah dalam Surat Ali Imran

Adapun doa memohon kematian dengan khusnul khatimah yang ada di dalam Al-Quran Surat Ali Imran ayat 193 yang berbunyi:

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ

Artinya adalah:

Ya Rabb Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan Rasulullah) yang menyeru kepada iman (yaitu): “Berimanlah kalian kepada Rabb kalian!”, maka kami pun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa besar kami, hapuskanlah dari kami dosa-dosa kecil kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang senantiasa berbuat kebajikan. (QS. Ali Imran: 193)

Doa mohon Khusnul Khotimah dari Nabi Yusuf

Doa ini sesuai dengan yang ada dalam Al-Quran pada Surat Yusuf yang memang diucapkan oleh Nabi Yusuf as. Doa ini berbunyi:

فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhan Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan golongan orang-orang yang saleh. (QS. Yusuf: 101)

Doa Khusnul Khotimah dalam Surat Al-A’raf

Bahwa doa ini ada di dalam Al-Quran sebagaimana pernah diucapkan oleh para tukang sihir Firaun yang bertaubat dan beriman kepada Nabi Musa dan Nabi Harun as. Doa ini berbunyi:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Artinya adalah:

Ya Rabb Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan beragama Islam yakni berserah diri kepada-Mu.” (QS. Al-A’raf: 126)

Doa Khusnul Khatimah sesuai dengan Hadits Rasul

Doa ini ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam kitab Al-Mu’jam Al-Ausath, oleh Al-Hafizh Nuruddin Al-Haitsami dalam kitab Majmauz Zawaid wa Mambaul Fawaid. Bahwa doa ini adalah dari Rasulullah SAW yang berbunyi:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhanku, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.”

Doa Khusnul Khotimah dalam Surat Ali Imran

Doa ini ada dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 8 yang berbunyi:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا

وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya adalah:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan pada saat kematian sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Doa mohon Khusnul Khatimah dalam hadits

Doa ini ada dalam hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Amad dan Tirmidzi, yang berbunyi:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ

Artinya adalah:

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.

Doa agar selamat dari godaan setan saat menghadapi sakaratul maut

Doa ini ada dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh An-Nasai dan Abu Dawud yang dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih Al-Jami. Doa ini bunyinya adalah:

“Allahumma Inni A’uudzu bika minal Harami wat Taraddii wal Hadmi wal Ghammi wal Hariiqi wal Gharaqi wa A’udzubika an yatakhabbathnii wa a’uudzu bika an amuuta ladiighasy Syaithaanu ‘indal mauti wa an aqtala fii sabiilika mudbiron”

Artinya adalah:

Ya Allah Tuhanku, sunguh aku berlindung kepada-Mu dari pikun, terjatuh dari ketinggian, keruntuhan bangunan, kedukaan, kebakaran, dan tenggelam. Aku berlindung kepada-Mu dari penyesatan setan saat kematian, terbunuh dalam kondisi murtad dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena tersengat binatang berbisa.

Keyword: Doa Mohon Khusnul Khotimah

Leave a Reply