Doa Masuk Rumah Beserta Adabnya Sesuai Ajaran Islam

Doa Masuk Rumah – Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk memulai segala sesuatu dengan berdoa termasuk saat akan masuk rumah.

Rumah adalah tempat kita bernaung, jika ingin didalamnya dipenuhi dengan kebaikan maka perbanyaklah berbuat baik di dalam rumah.


Adab dan Doa Masuk Rumah


Mengingat Allah lewat doa juga termasuk kebaikan yang bisa kita lakukan di rumah. Selain itu Islam juga mengatur segala hal di dalam kehidupan manusia agar berbuah kebaikan.

Termasuk juga adab saat memasuki rumah baik itu rumah sendiri maupun rumah orang lain. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memasuki rumah.

1. Memencet Bel atau Mengetuk Pintu dengan Sopan

Saat akan memasuki rumah seorang muslim haruslah mengerti adab yang pertama, yaitu tidak mengetuk atau memencet bel secara brutal. Usahakan mengetuk pintu dengan pelan.

Begitu pula dengan bel, jangan terus menerus dipencet. Bila itu rumah orang lain cukup pencet atau ketuk sebanyak tiga kali diselingi dengan salam.

Jika yang akan dimasuki itu rumah sendiri maka diperbolehkan mengetuk lebih dari tiga kali, tapi juga harus dengan pelan.

Dikhawatirkan jika mengetuk atau memencet bel dengan keras akan mengganggu penghuni rumah. Bahkan bisa saja membuat mereka kesal dan marah.

2. Mengucapkan Salam (Doa Masuk Rumah)

Seorang muslim dianjurkan untuk mengucap salam ketika akan memasuki rumah. Entah itu rumah yang ada orang didalamnya maupun tidak. Alah ta’ala berfirman dalam QS. An Nur ayat 61:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepadanya (yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.”

Menurut Imam Ibnu Sa’di bahwa rumah yang ada dalam ayat ini ditafsirkan sebagai rumah sendiri atau orang lain. Baik yang ada penghuninya maupun tidak.

Salam yang harus diucapkan tentu “Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.” Sedangkan untuk rumah yang sekiranya tidak ada penghuninya maka ucapkan “ Assalamu’alaina wa ‘ala ibadillahish shalihin.” Mengucapkan salam berarti menyebarkan kasih sayang di dalam rumah, menambah keakraban, serta mendapat keberkahan dan keselamatan dari Allah.

3. Memberi Isyarat

Ketika akan memasuki rumah seseorang hendaknya memberi isyarat kepada penghuni rumah agar mereka menyadarinya.

Misal dengan berdehem atau menghentakkan kaki ke lantai sehingga penghuninya tidak kaget akan kedatangan kita. Jangan seperti maling yang masuk dengan mengendap-endap.

Imam Ahmad berkata,”Jika seorang lelaki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau menghentakkan alas kakinya.”

4. Membaca Doa Masuk Rumah

Setelah semua hal diatas sebelum benar benar memasuki rumah dianjurkan untuk membaca doa masuk rumah. Doa masuk rumah adalah sebagai berikut:

Doa Masuk Rumah Bahasa Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa Masuk Rumah Latin

“Allahumma innii as aluka khairal mauliji wa khairal makhraji bismillaahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa’alallahi rabbina tawakkalnaa.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampun kepadaMu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.”

5. Mendahulukan Kaki Kanan Ketika Masuk

Kemudian setelah selesai membaca doa masuk rumah hendaknya masuk kedaalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan. Seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah selalu mendahulukan bagian anggota tubuh bagian kanan dalam segala urusan, kecuali untuk perkara-perkara yang buruk.

Keyword: Doa Masuk Rumah

Leave a Comment