√ Doa Masuk Pasar Lengkap Beserta Dalil Keshahihannya

Doa Masuk Pasar Lengkap Beserta Dalil Keshahihannya

Doa Masuk Pasar – Pasar adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli.

Tidak hanya itu pasar juga tempat bertemunya manusia satu dengan yang lain dengan berbagai kepentingan niaga atau sekedar hiburan semata.

Seperti tempat umum lainnya pasa juga merupakan tempat yang mungkin terjadi banyak kejahatan.


Doa Masuk Pasar


Mulai dari pencopetan, kecurangan berdangan, hingga hal lainnya.

Untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi didalam pasar hendaknya kita membaca doa masuk pasar sebelumnya.

Agar saat di dalam pasar kita terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin bisa menimpa kita.

Rasulullah pernah mengatakan dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Hibban yang artinya, “ tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar. Hadits tersebut adalah hadits yang hasan menurut Syekh Syuaib al Arnauth.

Berdasarkan hadits itu pula kita jadi tahu bahwa pasar merupakan salah satu tempat yang buruk di dunia ini.

Oleh karena itu sebelum memasuki pasar hendaknya berdzikir sesuai dengan apa yang telah dituntunkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Doa Masuk Pasar

اَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi, wa yumiitu, wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khairu, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir.

“Tidak ada sesembahan yang patut disembah kecuali Allah semata. Tiada sekutu bagi-Nya dan bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. DIa lah yang Menghidupkan dan yang Mematikan, Dialah yang hidup dan tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan, Dia lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Sumber Keshahihan Doa

Sumber doa tersebut adalah dari hadits yang hasan dari Umar bin Khattab. Ketika itu Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu mendengar langsung dari Rasulullah bahwasannya: ‘Barangsiapa yang masuk ke pasar kemudia membaca dzikir (doa) diatas maka Allah akan menuliskan baginya satu juta kebaikan. Menghapuskan darinya satu juta kesalahan dan meninggikannya satu juta derajat.’

Dalam riwayat lain terdapat juga tambahan bahwa Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di syurga. Hadits berisi doa masuk pasar tersebut diriwayatkan oleh At Thabrani dari Ubaid bin Ghannam dan Al Hadrami. Keduanya mendapat dari Ibnu Abi Syaibah dari Abu Khalid Al Ahmar dari Al Muhajir bin Habib dari Salim bin Abdullah bin Umar dari Ibnu Umar. Dimana Ibnu Umar mendengar langsung dari Umar bin Khattab.

Selain At Thabrani hadits yang berisi doa masuk pasar tersebut juga diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dari Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang sama. Hanya saja nama Salim bin Abdullah bin Umar tidak disebutkan di dalamnya. Imam Al Albani menegaskan kalau perawi dalam sanad hadits tersebut semua tsiqah dan hadits tersebut hasan.


Manfaat Dzikir Masuk Pasar


Seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasannya pasar dan sejenisnya adalah tempat yang paling dibenci oleh Allah.

Pasar dan sejenisnya adalah tempat jual beli yang bisa melalaikan orang dari mengingat Allah Ta’ala. Disanalah tempat berkumpulnya para setan dan sekutunya.

Orang yang berdzikir ditempat perjual belian, seperti pasar, mall, dan sebagainya berarti dia telah memerangi setan dan sekutunya.

Pantaslah ia bila mendapat pahala karena mengingat Allah.

Berdzikir ditempat ibadah seperti masjid merupakan hal yang biasa, tapi berdzikir di pasar adalah amalan yang istimewa.

Dzikir diatas merupakan sunnah dan merupakan amalan yang mungkin berat dilakukan bahkan sering dilupakan.

Membaca dzikir di tengah kelalaian menjadi sebab Allah tidak menurunkan adzab kepada mereka. Untuk itu kita harus memperbanyak berdzikir.

Keyword: Doa Masuk Pasar

Leave a Reply