√ Doa Ketika Sedih yang Terdapat dalam Beberapa Hadits Shahih

Doa Ketika Sedih yang Terdapat dalam Beberapa Hadits Shahih

Doa Ketika Sedih – Ada saatnya sebagai manusia biasa kita merasa sedih dan sendirian.

Terkadang kita lupa bahwa Allah selalu ada bersama kita setiap saat. Dia tidak akan meninggalkan hambanya dalam keadaaan apapun.

Bahkan di dalam Al Quran telah disebutkan bahwa Allah tidak akan memberikan sebuah ujian kepada hambaNya bila orang tersebut tidak sanggup melaluinya.


Doa Ketika Sedih


Bila kita diuji dengan suatu hal yang berat bersabarlah karena Allah tidak memberikan ujian tanpa ada solusinya.

Seperti pepatah Arab, “La Tahzan Innallaha ma’anaa” yang artinya jangan bersedih karena Allah selalu bersama kita.

Pepatah tersebut memberikan kita sebuah motivasi kalau kita bisa melewati semua kesedihan yang ada dengan Allah disamping kita.

Ada beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bisa kita baca saat hati merasa sedih, galau, maupun gundah gulana.

Berikut ini beberapa doa yang terdapat dalam hadits Nabi:

Doa Ketika Sedih yang Pertama

اللهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

“Ya Allah, sesuangguhnya aku ini adalah hamba-Mu anak dari hamba (kali-laki) Mu dan anak dari hamba (perempuan) Mu. ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, hukum-Mu telah berjalan dan keputusan-Mu merupakan keputusan yang adil.

Aku memohon dengan seluruh nama-nama-Mu yang Engkau namai dirimu atau nama yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau yang telah Engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu. bahkan nama yang Masih Engkau simpan disisi-Mu, jadikan Al Quran sebagai penentram jiwaku, cahaya hatiku, serta pelenyap duka dan laraku.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa tidak ada seorang musli yang membaca doa tersebut yang tidak Allah hilangkan kesedihannya dan menjadikan kebahagiaan untuknya.

Doa Kedua

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ، وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan kesedihan. Begitu juga dari kelemahan dan kemalasan, kekikiran, sifat penakut, lilitan hutang dan penindasan.”

Lafadz doa diatas terdapat dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad dan Bukhari yang dishahihkan oleh Syaikh al Albani.

Ketiga

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

“TIdak ada sesembahan yang patut di sembah kecuali Allah, yang Maha Agung Maha Penyantun. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Penguasa Arsy yang Agung. Dan tiada sesembahan yang patut disembah selain Allah, Tuhan langit dan bumi serta Tuhan Arsy yang Mulia.”

Diatas merupakan kalimat doa ketika sedih yang terdapat dalam sebuah hadits riwayat Al Bukhari.

Keempat

Imam Abu Daud dalam kitabnya pernah meriwayatkan sebuah hadits yang didalamnya terdapat doa berikut ini:

اللهُمَّ رحْمتَك أرجُو، فلا تكلْنِي إلى نَفْسي طرْفَةَ عَينٍ، وأصلحْ لي شأنيكُلَّهُ، لا إلهَ إلا أنتَ

“Allah Ya Tuhan ku, Aku berharap rahmat-Mu, janganlah Engkau serahkan urusanku kepada diriku sendiri. Janganlah Engaku berpaling dariku walaupun hany sekejap mata perbaikilah semua urusanku. Tidak ada sesembahan yang patut disembah melainkan Engkau.”

Haditsnya telah dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Adab Al Mufrad no. 701.

Kelima

Suatu hari Rasulullah sedang berkumpul bersama para sahabat lalu beliau bertanya kepada para sahabatnya. “Maukah kalian aku kabarkan kepada kalian tentang suatu doa yang jika seorang membacanya saat dia susah, sempit penuh kesusahan pasti akan Allah berikan kepadanya jalan keluar?

Para sahabat pun serentak menjawab, “tentu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa Nabi Yunus ‘alaihisssalam.” Dan berikut ini adalah doa dari Nabi Yunus AS.

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tiada sesembahan yang patut disembah melainkan Engkau, Maha Suci Engkau Ya Allah. sesungguhnya aku ini termasuk orang yang berbuat aniaya.”

Doa Ketika Sedih Keenam

اللهُ اللهُ ربي لا أشرِكُ به شيئاً

“Allah, Allah Tuhanku dan aku tidak menyekutukannya dengan apapun.”

Lafal doa diatas terdapat dalam hadits riwayat Abu Daud yang dishahihkan oleh syekh Al Albani.

Itulah beberapa doa ketika sedih yang terdapat dalam beberapa hadits shahih yang tentunya telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Keyword: Doa Ketika Sedih

Leave a Reply