Doa Halal Bihalal Lengkap Arab, Latin Dan Terjemahnya

Halal Bihalal merupakan acara yang biasa diadakan untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Kegiatan ini biasa dilakukan saat lebaran ketupat atau hari raya Idul Fitri.

Kegiatan bersilaturahmi dan bermaaf-maafan sebenarnya tidak hanya dilakukan saat lebaran saja. Akan lebih baik bila kegiatan tersebut dilakukan dan diterapkan dalam keseharian.

Kegiatan halal bi halal sebenarnya hanya ada di Indonesia. Kegiatan tersebut menjadi sebuah tradisi khusus bagi Umat Islam Indonesia sebagai salah satu wujud untuk memperingati suasana hari lebaran yang fitri.

Istilah halal bi halal di Indonesia pertama kali dicetuskan oleh KH Abdul Wahab CHasbullah yang merupakan salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama.

Adanya istilah tersebut dilatar belakangi keresahan sang kiai terhadap kondisi bangsa Indonesia yang baru saja merdeka kala itu.

Meskipun baru saja merdeka, tapi para elit politiknya justru berseteru. Presiden yang kala itu menjabat, yaitu presiden Soekarno meminta saran kepada kiai Wahab untuk masalah tersebut.

Berhubung idul fitri hampir tiba Soekarno menginginkan para pejabat ntuk menjalin kembali silaturahmi yang bai.


Doa Halal Bihalal


Berawal dari masalah perseteruan para elite politik yang ingin didamaikan lantas kiai mencetuskan istilah halal bi halal. Istilah tersebut berangkat dari kalimat thalabu halal bi thariqin halal.

Arti dari kalimat tersebut adalah mencari solusi atau mencari keharmonisan hubungan dengan cara mengampuni kesalahan.

Inilah doa yang biasa dipakai saat halal bi halal.

Doa Halal BiHalal Pertama

ربنا تقبل منا صلتنا و دعانا انك انت السميع العليم. تقبل منا توبتنا انك انت التوب الرحيم

“Rabbanaa taqabbal minnaa shalatanaa wa du’aanaa innaka antas samii’ul ‘aliim. Taqabbal minnaa taubatanaa innaka antat tawwabur rahiim”

Artinya: “Ya Tuhan kami terimalah shalat kami dan terimalah permohonan kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami sungguh Engkau Maha penerima taubat serta Maha Penyayang.”

Doa Halal BiHalal Kedua

الهم الغفر لي المؤمنين والمؤمنة والمسلمين والمسلمة الاحياء منهم والاموات. انك سميع قريب مجيب الدعواة يا قضي الحجة

“Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii’un qariibun mujiibud da’wat yaa qadhiyal hajat”

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah agama-Mu jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami. Jadikanlah para ulamanya bersatu, yaitu para ulama yang menjadi contoh bagi umat Rasul-Mu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungi mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini dan berkahi pula bagi siapapun yang bermunajat mengiba pada-Mu.

Doa Ketiga

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

“Taqabbalallahu minna wa minkum”

Artinya: “Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kita dan (puasa dan amal) dari kalian.”

Bisa di jawab dengan kalimat

تقبل يا كريم

“Taqabbal yaa kariim”

Diwajibkan untuk sesama muslim mendoakan kebaikan. Jika seseorang mendoakan kebaikan kepada kita maka kita wajib mendoakan kebaikan pula untuknya bahkan dengan doa yang lebih baik. Hal itu juga dijelaskan dalam ayat Al Quran Surah An Nisa: 86 yang berbunyi.

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءحَسِيبًاٍ

Artinya: “Apabila kalian diberi penghormatan dengan suatu penghormatan maka balaslah (penghormatan itu) dengan yang lebih baik atau jawablah penghormatan itu (dengan yang semisal). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.”

Doa halal bi halal bukanlah ucapan selamat hari raya. Doa tersebut merupakan sebuah doa agar kita kembali fitrah setelah sebulan lamanya berpuasa.

Dengan mendoakan sesama muslim di hari yang fitri akan lebih mempererat ukhuwah islamiyah diantara kita. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi kita semua.

Keyword: Doa Halal Bihalal

Leave a Comment