Bacaan Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi (Lengkap)

Gempa bumi sering terjadi di Indonesia bahkan hampir setiap tahun rutin terjadi. Entah itu gempa berskala kecil maupun gempa dengan skala besar.

Gempa sendiri terjadi sebagai getaran yang terjadi di permukaan bumi sebagai akibat dari pelepasan energi di dalam bumi. Pelepasan tersebut terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan gelombang seismik.

Indonesia adalah negara yang berada pada pertemuan antara tiga lempeng bumi besar. Selain berada pada pertemuan tiga lempeng, yaitu lempang Eurasia, indo-Auztralia, serta lempeng pasifik Indonesia juga dilalui oleh jalur ring of fire.

Jalur ring of fire adalah tempat dimana gunung berapi aktiv berada. Perlu kita ketahui bahwa gempa bisa terjadi akibat pergerakan lempeng atau biasa disebut gempa tektonik. Gempa bumi juga bisa terjadi akibat erupsi gunung berapi.

Dengan kondisi Indonesia yang berada di lingkungan yang rawan gempa sudah seharusnya kita waspada terhadap bencana alam tersebut.

Bencana alam sifatnya tidak bisa diprediksi. Entah datangnya, kekuatannya, atau korban jiwa yang akan ditelannya.


Doa Gempa Bumi


Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berserah diri dan meminta perlindungan kepada Allah saat terjadi bencana.

Termasuk saat terjadi gempa bumi hendaknya kita minta perlindungan kepada Allah. berikut ini doa yang bisa dibaca saat terjadi gempa bumi:

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

“Allahumma innii as’aluka khairohaa wa khairamaa fiihaa wa khaira maa arsalta bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarrimaa arsalta bih”

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi dan kebaikan apa yang ada didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.


Pandangan Islam Tentang Gempa Bumi


Gejala alam, seperti gunung meletus, gempa bumi, serta tsunami memang lazim terjadi. Apalagi di Indonesia dengan letaknya yang berada di pertemuan tiga lempeng dan jalur ring of fire.

Selain itu gejala alam seperti itu juga pasti terjadi karena memang ketetapan dari Allah ta’ala. Allah sendiri telah berfirman dalam surah An Naml ayat 27 yang bunyinya:

وَتَرَى ٱلْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِىَ تَمُرُّ مَرَّ ٱلسَّحَابِ ۚ صُنْعَ ٱللَّهِ ٱلَّذِىٓ أَتْقَنَ كُلَّ شَىْءٍإِنَّهُۥ خَبِيرٌۢ بِمَا تَفْعَلُونَ

“Dan kamu sangka gunung-gunung itu tetap kokoh di tempatnya, padahal gunung-gunung itu bergerak seperti awan yang bergerak. Allah telah membuat segala sesuatu dengan kokoh. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Allah menjadikan gempa di bumi sebagai salah satu tanda kekuasaan-Nya. Hal itu dimaksudkan bahwa Al Quran adalah benar adanya.

Semua yang dikatakan di dalam Al Quran benar-benar Allah buktikan di kehidupan nyata, seperti yang terlutis dalam surah Al Fushilah ayat 53.

سَنُرِیۡہِمۡ اٰیٰتِنَا فِی الۡاٰفَاقِ وَ فِیۡۤ اَنۡفُسِہِمۡ حَتّٰی یَتَبَیَّنَ لَہُمۡ اَنَّہُ الۡحَقُّ ؕ اَوَ لَمۡ یَکۡفِ بِرَبِّکَ اَنَّہٗ عَلٰی کُلِّ شَیۡءٍ شَہِیۡدٌ

“Kami menunjukkan tanda-tanda (kekuasaan) kepada mereka sehingga jelaslah bahwa Al Quran adalah benar. Dan Tuhanmu adalah cukup bagimu sebab Dia menyaksikan segala sesuatu.”


Bencana Akibat Dari Maksiat


Musibah atau bencana yang datang dari Allah sebenarnya adalah balasan atas perbuatan maksiat yang manusia lakukan sendiri.

Allah menurunkan bencana sebagai peringatan kepada manusia agar tidak berbuat aniaya di muka bumi.

Hal itu pernah dialami oleh umat Nabi Syua’ib yang telah mendustakan ajaran yang telah beliau bawa. Allah menimpakan gempa dahsyat kepada kaumnya.

Untuk itu janganlah kita berbuat zalim dan maksiat karena balasan Allah nyata adanya seperti yang disebutkan dalam surah An Nisa ayat 79

مَّآ أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ وَمَآ أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَٰكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًا

Artinya: Apa saja nikmat yang kamu peroleh dari Allah dan apa saja bencana yang menimpamu maka itu dari (kesalahan) dirimu sendiri. kami mengutusmu menjadi Rasul segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.

Keyword: Doa Gempa Bumi

Leave a Comment