Doa Buka Puasa | Tips Agar Badan Tetap Bugar Selama Berpuasa

Doa Buka Puasa | Tips Agar Badan Tetap Bugar Selama Berpuasa

Sebagai seorang muslim, banyak sekali amalan yang bisa kita kerjakan agar selalu dekat dengan Allah SWT.

Berpuasa misalnya, momen-momen membatalkan puasa adalah momen dimana kita bisa merasakan nikmatnya bersyukur sembari membaca doa buka puasa.

Amal ibadah yang kita kerjakan secara umum terbagi menjadi dua hukum yaitu yang wajib dan sunnah, namun juga terdapat amal ibadah yang hukumnya makruh dan haram jika dilakukan di waktu-waktu tertentu. Salah satunya adalah ibadah puasa.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari menjalankan ibadah puasa ini. Selain untuk meningkatkan keimanan, dengan berpuasa juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan jika dilakukan dengan cara yang benar.

muslimah.or.id

Ibadah puasa dilakukan tidak hanya terbatas cukup dengan menahan lapar dan dahaga. Akan tetapi juga harus dilakukan dari dalam jiwa yakni dengan menahan hawa nafsu, menjaga perilaku, dan rohani kita agar ibadah semakin sempurna.

Kemudian, kita juga harus mempersiapkan secara fisik. Ibadah puasa tidak diperkenankan untuk dilakukan sepanjang hari. Puasa dilakukan sejak fajar hingga terbenamnya matahari.

Maka ketika adzan magrib berkumandang, pada saat itulah menjadi momen yang membahagiakan bagi orang-orang yang menjalankan puasa.


Doa Buka Puasa, Nikmatnya Iftar


Iftar atau buka puasa selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk membatalkan puasa. Selain untuk segera menghilangkan rasa lapar dan dahaga, pada waktu buka puasa merupakan waktu yang baik dan dianjurkan untuk berdoa.

Rasulullah SAW sendiri menjadikan momen ini sebagai wujud rasa syukur. Oleh karena itu, rasa syukur itu bisa diawali dengan membaca doa buka puasa. Berikut ini beberapa doa yang umumnya dibaca ketika berbuka puasa.

style.tribunnews.com

Dan berikut ini adalah doa buka puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW

kupang.tribunnews.com

Pada saat berpuasa, organ-organ dalam tubuh yang biasanya bekerja keras dapat beristirahat. Ini sangat baik bagi kesehatan kita.

Setelah memasuki waktunya berbuka puasa, biasanya mendadak diserang keinginan untuk segera menyantap berbagai makanan dan minuman.


Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa


Namun untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa, kita harus menjaga beberapa hal. Berikut ini beberapa tips sehat untuk menjalankan ibadah puasa.

1. Porsi Makan Normal

cantik.tempo.co

Tidak jarang kita berbuka puasa dengan menyantap makanan baik berat maupun ringan dalam porsi yang berlebihan.

Untuk tetap menjaga kesehatan kita, dianjurkan untuk berbuka dengan makanan ringan dan air terlebih dahulu sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Baru kemudian dilanjutkan dengan makanan berat namun tetap dengan porsi normal sebagaimana biasanya.

Lebih baik lagi untuk menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam untuk menjaga lambung kita yang telah kosong seharian.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

tribunnews.com

Tidak hanya saat berbuka, mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik dilakukan juga pada sebelum puasa. Dalam buah dan sayur umumnya mengandung banyak serat yang sangat baik untuk tubuh kita.

3. Konsumsi Vitamin

go-dok.com

Ketika menjalankan ibadah puasa tubuh kita biasanya rentan terserang penyakit jika kurang nutrisi yang dibutuhkan.

Oleh karena itu untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita tetap bekerja dengan optimal kita perlu mengonsumsi vitamin.

4. Batasi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

dnaindia.com

Sering kali kita mendengar kalimat ‘berbukalah dengan yang manis’. Itu memang benar dilakukan karena makanan dan minuman manis baik untuk mengembalikan tenaga kita selama berpuasa.

Akan tetapi kita perlu membatasinya, untuk tetap menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Ini perlu diperhatikan, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi gula akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Apapun menu makanan atau minuman yang akan kita konsumsi untuk membatalkan puasa, tetap lebih baik untuk tidak dilakukan secara terburu-buru dan berlebihan. Serta jangan sampai lupa untuk membaca doa buka puasa terlebih dahulu.

Keyword: Doa Buka Puasa

Leave a Reply