√ Doa Belajar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Arab, Latin, Terjemahan

Berbicara tentang doa belajar, hakikat kita hidup adalah untuk terus menuntut ilmu. Meskipun dalam pendidikan formal terdapat batasan usia seseorang untuk mengenyam pendidikan di bangku sekolah, namun dalam hidup belajar tidaklah mengenal usia.

Bahkan sering kita mendengar bahwa belajar hendaknya dimulai sejak masih di ayunan sampai ke liang lahat.

Atau pepatah yang begitu populer mengatakan “carilah ilmu sampai ke negeri China”. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagai manusia kita memanglah harus belajar di sepanjang kehidupan ini.

Belajar merupakan sebuah proses merubah diri untuk menuju kepada peningkatan kapasitas intelektual, moral, spiritual, maupun kecerdasan sosial kepada yang lebih baik.

Sehingga dari ilmu yang telah didapatkan, manusia dapat hidup lebih bermartabat serta dapat membangun peradaban menjadi lebih maju. Tentu saja tanpa meninggalkan nilai keagamaan dan kemanusiaannya.


Kewajiban Untuk Belajar dalam Islam


muslim.or.id

Perintah untuk belajar sedianya sudah tercantum dalam Al-Qur’an menjadi sebuah kewajiban. Demikian juga kisah Rasulullah ketika mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril yang membawa Surah Al-Alaq. Dimana perintah yang Allah SWT sampaikan adalah membaca.

Sebab, belajar tidak terlepas dari aktivitas pembacaan tersebut. Baik secara tekstual maupun non-tekstual yang bisa kita petik dari setiap peristiwa dalam kehidupan. Namun tidak semua yang membaca tersebut lantas dikatakan belajar.

Adab dalam belajar mewajibkan seseorang untuk meneguhkan niat yang ikhlas karena semata mengharapkan ridho dari Allah SWT. Belajar juga harus jauh dari hal-hal yang sifatnya maksiat.

Oleh karenanya harus dipahami dan dipilah mana yang baik dan yang buruk, mana yang harus diambil untuk dipelajari mana dan yang harus ditinggalkan.

Dalam menuntut ilmu harus senantiasa rajin, rendah hati, tekun, ulet, dan selalu mengamalkan ilmu yang telah didapatkan.

Sebaik-baiknya ilmu, adalah yang dibagikan kepada orang lain sehingga ia mampu memberikan manfaat.


Kumpulan Doa Belajar


republika.co.id

Ilmu bukan hanya dicari dan dipendam dalam pikirannya sendiri, agar kita tidak semakin jauh dari Allah SWT karena merasa telah memiliki ilmu yang banyak dibandingkan orang lain sehingga menjadi kufur.

Tidak sebatas itu, bahkan setelah menerima suatu ilmu, hendaknya juga berusaha untuk mengembangkan lagi pemikiran dan pengetahuannya agar selalu terasah.

Belajar merupakan sebuah ibadah. Dan beribadah merupakan tugas paling utama manusia hidup di muka bumi.

Untuk itu, setiap hal yang kita kerjakan hendaknya dimulai dan diakhiri dengan niat karena Allah SWT. Merupakan adab selanjutnya dari belajar, yaitu berdoa.

Doa Sebelum Belajar

Tujuan membaca doa belajar adalah tentu agar kita mendapatkan keberkahan atas ilmu yang akan kita dapatkan, agar dipermudah masuk ke dalam pikiran, dan pada akhirnya agar dapat bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang-orang di sekitar. Maka berikut ini doa belajar yang dapat dibaca setiap sebelum melakukannya.

Doa Sebelum Belajar 1

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa sebelum belajar ini bermakna ucapan syukur kedapa Allah SWT dan juga permohonan agar diberikan ilmu dan pemahaman dengan baik.

Doa Sebelum Belajar 2

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

Kemudian ketika telah selesai belajar, juga jangan lupa untuk kembali menutupnya dengan doa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Selain bacaan Al-Fatihah, seusai belajar dapat ditambahkan dengan membaca doa berikut ini.

Doa Sesudah Belajar 1

Tak hanya doa sebelum belajar, anda juga perlu memahami doa sesudah belajar, agar apa yang telah anda pelajari menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Berikut adalah doa sesudah belajar pertama:

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allaumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabahu.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa Sesudah Belajar 2

Tak hanya doa di atas saja yang biasa di gunakan oleh masyarakat setelah mengakhiri waktu belajarnya. Berikut adalah doa sesudah belajar yang kedua:

اللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلَا تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma innii ishtaudi’uka maa ‘allamtaniihi faardud’hu ilayya ‘inda haajatii walaa tanshaniihi yaarobbal ‘aalamiina.”

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya ku titipkan kepada Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam.

Doa Sesudah Belajar 3

Selain kedua doa di atas, sebenarnya ada banyak list dan jenis doa sesudah belajar yang di percayai maupun di amalkan oleh masyarakat sebagai doa sesudah belajar seperti berikut:

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلَّهِ عَلَى كُلِّى حَالٍ

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanalladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Proses belajar tidak ada yang instan, tentu diperlukan kerja keras yang diiringi dengan keikhlasan dan kesabaran. Ketika diniatkan karena Allah SWT, belajar menjadi sebuah amal sholeh.

Maka, alangkah baiknya jika dalam menuntut ilmu dihiasi dengan akhlak mulia. Agar proses belajar kita dan ilmu yang didapatkan mampu memberikan kemanfaatan bagi diri kita maupun orang lain, kita perlu memperhatikan adab-adab tersebut.

Keyword: Doa Belajar

Leave a Reply