Doa Agar Terhindar Dari Virus Corona Lengkap dan Shahih

Doa Terhindar Virus Corona – Doa agar terhindar dari Virus Corona mungkin adalah doa yang paling banyak dicari dan dilafadzkan masyarakat belakangan ini. Seperti yang telah kita ketahui dunia kini sedang digemparkan dengan penyakit pandemi yang mempunyai istilah Covid-19 atau Virus Corona.


Doa Agar Terhindar Virus Corona


Virus Corona merupakan sebuah virus berbahaya dan sangat mematikan. Gejala yang dialami oleh orang yang terjangkit virus Corona hampir mirip dengan gejala flu dan selesma. Namun tentu saja virus ini jauh lebih berbahaya daripada flu dan selesma karena merusak paru-paru dan hingga gagal ginjal.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan agar terhindar dari virus corona. Islam telah mengajarkan kita untuk berikhtiar sebesar mungkin dibarengi dengan doa. Lalu apa saja ikhtiar yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus Corona?

Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai tindakan preventif agar terhindar dari virus Corona. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh dengan rajin meminum ramuan herbal hingga doa sebagai ikhtiar terakhir. Ada beberapa tindakan preventif yang sebenarnya sudah diajarkan oleh Islam sejak dulu. Berikut ini tindakan preventif terhadap virus Corona yang sudah Islam ajarkan dari dulu:

1. Makan makanan halal

Pada awalnya virus yang berasal dari Provinsi Wuhan, China ini muncul karena orang-orang disana kerap memakan makanan yang diharamkan bagi Umat Islam. Mereka banyak memakan binatang binatang yant tidak hanya diharamkan, tapi juga binatang yang tak lazim dikonsumsi hingga binatang yang sudah mulai langka.

Binatang-binatang seperti kucing, anjing, kelelawar, hingga burung merak banyak dijjual di pasar tradisional Wuhan, China. Parahnya lagi binatang-binatang tersebut dijual bebas tanpa ada perijinan dari pemerintah Tiongkok.

Kebanyakan binatang yang dijual disana merupakan binatang yang masuk secara ilegal. Sayangnya pemerintah setempat tidak tegas akan hal ini. Dikarenakan masuk sebagai barang ilegal, hewan-hewan tersebut masuk tanpa proses screening terlebih dulu.

Hewan-hewan yang masuk secara ilegal tersebut ternyata banyak yang berpenyakit dan tentunya tidak sehat bila dikonsumsi manusia. Alih-alih mendapatkan khasit dari hewan-hewan yang mereka makan justru penyakit mematikan yang mereka dapatkan.

Sekarang, saat virus Corona sudah menyebar luas ke berbagai negara, masyarakat jutru baru melakukan apa yang selama ini diajarkan oleh Islam. Ajaran-ajaran Islam yang dulu dianggap remeh dan aneh sekarang justru digembar-gemborkan oleh dunia untuk dilakukan. Salah satunya tidak memakan makanan najis dan haram.

2. Tidak Bersentuhan dengan yang Bukan Muhrimnya

Anjuran WHO dan paramedis lainnya untuk mencegah penyebaran virus corona salah satunya adalah dengan tidak bersalaman dengan orang lain. Aturan ini sudah lama ditetapkan dalam Islam.

Orang-orang yang bukan muhrimnya dilarang menampakkan aurat mereka apalagi saling bersentuhan. Kini larangan yang dulu diremehkan dan dianggap aneh ini justru dilakukan oleh banyak orang dan bahkan lebih ekstrim.

Bukan hanya tidak boleh bersetuhan atau bersalaman, saat ini masyarakat bahkan dianjurkan untuk “mengunci diri” mereka di dalam rumah. Sebisa mungkin menjaga jarak dengan orang lain dengan tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

3. Bersuci dengan Mandi dan Berwudhu

Setelah adanya virus Corona masyarakat kini dihimbau untuk rajin cuci tangan dan kaki setelah atau akan melakukan aktivitas apapun. Apalagi setelah beraktivitas diluar ruangan kita diharuskan mengganti pakaian dan memncuci tangan dan kaki menggunakan sabun.

Bahkan masyarakat di Wuhan selalu menyemprotkan desinfektan setiap saat ke tubuh mereka sebelu dan sesudah berkatifitas diluar rumah. Hal ini tentu sejalan dengan ajaran Islam.

Jauh sebelum adanya hinbauan untuk rajin mencuci tangan dan kaki Umat Islam sudah terlebih dulu mempraktikan wudhu dan mandi junub. Paling tidak umat Islam berwudhu 5 kali sehari sebelum sholat wajib. Itu sudah termasuk mencuci tangan dan kaki hingga berkumur dan membersihkan hidung.

Mandi besar juga diwajibkan di dalam Islam untuk bersuci dari keadaan junub. Dimana saat keadaan junub seseorang dalam kondisi kotor dan mudah terserang penyakit. Untuk itu dianjurkan untuk bersuci dengan mandi agar seluruh najis dan kotoran ditubuh hilang terbawa air.

4. Sholat

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh selain meminum ramuan mpon-mpon adalah berolah raga. Ya, belakangan ini masyarakat yang tadinya tidak rajin mengkonsumsi vitamin dan jamu menjadi rajin mengkonsumsinya.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh lewat vitamin dan jamu orang-orang kini juga lebih rajib berolah raga. Bahkan yang tadinya tidak pernah berolah raga memaksakan diri mereka untuk berolah raga.

Di waktu senggang seperti sekarang ini berolah raga memang menjadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu. Namun jauh sebelum adanya virus corona, Islam sudah menganjurkan kita untuk mendirikan sholat.

Sholat tidak hanya sebagai bentuk ibadah kaum Muslimin kepada Allah, tapi juga sebagai sarana olah raga. Dengan sholat setidaknya umat Islam telah bergerak teratur dalam lima waktu. Gerakan-gerakan sholat tidak hanya meregangkan otot-otot tubuh dan persendian, tapi juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sebut saja vertigo dan masalah pencernaan.

Jika dilakukan dengan benar gerakan-gerakan sholat dapat mengatasi beberapa permasalahan penyakit. Sujud yang bisa menyembuhkan vertigo dan duduk diantara dua sujud yang mengatasi masalah pencernaan, serta gerakan lainnya yang juga memiliki manfaat lain.

5. Puasa

Puasa tidak hanya soal menahan lapar dan haus, tetapi juga hawa nafsu. Bayangkan saja nafsu manusia yang sangatlah tamak sampai-sampai makanan haram pun disantap disaat makanan halal banyak tersedia.

Nafsu berbelanja atau hal-hal konsumtif lainnya yang bersifat hedon dan bermudharat juga bisa ditekan dengan berpuasa. Apabila rajin berpuasa tentunya kita semakin dekat dengan Allah dan selalu mengingat Allah.

Oleh karena itu, orang yang rajin berpuasa pasti tidak akan ikut arus orang-orang yang sedang dalam kondisi panic buying. Mereka selalu berserah diri dan berkeyakinan bahwa reseki itu datang ya dari Allah.

Bacaan Agar Dijauhkan dari Virus Corona

Ada beberapa doa yang bisa diamalkan agar kita semua terhindar dari Virus Corona salah satunya dengan mengamalkan atau membaca surat Al Waqi’ah secara rutin. Surat Al Waqi’ah memiliki manfaat, diantaranya:

1. Dapat melanjarkan rezeki.
2. Meringankan penyakit dan terhindar dari penyakit berbahaya.
3. Perlindungan diri dari kemudharatan dunia, serta
4. Ketenangan jiwa dan raga.

Sama halnya dengan Surat Yasin yang mungkin rutin kita baca setiap malam Jum’at dan Al Kahfi yang rutin kita baca setiap jumat, Al Waqi’ah juga harus rutin dibaca. Tujuannya agar kita terhindar dari virus corona dan dilindungi dari segala kemudharatan dunia yang terjadi akibat imbas dari penyakit pandemi ini.

Bila ada waktu senggang bacalah surat ini paling tidak sehari satu kali kalaupun lebih malah lebih baik. Apalagi kini sedang dikampanyekan social distancing yang menghimbau masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan waktu dirumah.

Agar lebih bermanfaat, ada baiknya waktu senggang ini kita isi dengan beribadah kepada Allah. memperbanyak ibadah kepada Allah juga merupakan bentuk ikhtiar kita agar segera dilepaskan dari musibah virus Corona ini.

Doa lain yang bisa diamalkan agar terhindar dari virus Corona, yaitu:

اللهم اني اعوذبك من البرص والجنون والجذام وسيء الاسقام

“Allahumma innii a’uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom”.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Doa diatas berasal dari hadits riwayat Abu Dawud 1554 dan An Nasa’i 270 melalui dua jalur, yakni dari Qatadah dan Anas radhiyallahu anhum. Syaikh Al Albani menshahidkan hadits tersebut.

Itulah beberapa doa shahih yang bisa diamalkan agar terhindar dari bahaya penyakit Corona. Sudah seharusnya kita berikhtiar dan berdoa dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Jangan mengamalkan amalan-amalan bid’ah yang justru membawa kita kepada musibah yang lebih besar.

Keywords: Doa terhindar Virus Corona

Leave a Comment