Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya Lengkap dan Shahih

Doa Terhindar Penyakit Berbahaya – Doa agar terhindar dari penyakit berbahaya bisa menjadi sebuah alternatif yang bisa diupayakan umat Muslim ditengah musibah pandemi seperti saat ini. Ya, saat ini dunia tengah digemparkan dengan adanya penyakit yang berasal dari Virus Corona atau Covid-19.


Doa Agar Dijauhkan dari Penyakit


Sebenarnya penyakit-penyakit serupa yang juga mematikan pernah terjadi dan berhasil kita lalui. Sebut saja SARS, Flu Burung, dan Flu babi. Ketiga penyakit tersebut juga menyerang saluran pernafasan sama halnya dengan virus Corona.

Tidak hanya itu kesamaan ketiga penyakit tersebut dengan virus Corona, tapi juga asal negaranya. Baik SARS, Flu Burung, dan Flu Babi juga berasal dari Tiongkok. Tidak heran memang bila banyak penyakit berasal dari sana.

Ada beberapa faktor yang mendasari munculnya penyakit-penyakkit tersebut di tanah Tiongkok. Pertama karena luasnya wilayah Cina dengan populasinya yang sangat besar. Selain pendudukanya yang banyak Cina juga merupakan negara yang maju dalam bidang perekonomian terutama di sektor perindustrian. Perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan Eropa bahkan banyak memiliki pabrik di China.

Pola hidup terutama makanan mereka yang tidak sehat menjadi faktor selanjutnya. Tradisi di Cina yang gemar memakan makanan nyeleneh dan nyentrik merupakan pemicu utama munculnya penyakit-penyakit diatas. Ditambah lagi pengolahannya yang tidak sesuai standar dengan kata lain dimakan mentah-mentah atau setengah matang.

Mulai dari SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang muncul di Guangdong karena masyarakatnya yang gemar menyantap musang. Flu babi atau H1N1 yang berasal dari hewan babi lalu ada flu Burung atau H5N1 yang berasal dari unggas.

Meskipun unggas merupakan makanan halal, tapi cara pengolahan penduduk Tiongkok tentu tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mulai dari cara penyembelihannya hingga cara memasaknya yang tidak higienis tentu bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Banyaknya pabrik disana ditambah makanan yang tidak sehat menjadi faktor penyebab munculnya berbagai penyakit mematikan yang menyerang pernafasan. Ditambah lagi hal-hal serupa tidak membuat kapok dan justru terus diulangi.

Sebenarnya tidak hanya Cina yang menyebarkan virus yang berkaitan dengan penyakit pernafasan. Daratan di Timur Tengah juga pernah mengalami wabah serupa, yaitu MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Bacaan Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

اللهم اني اعوذبك من البرص والجنون والجذام وسيء الاسقام

“Allahumma innii a’uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom”.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Doa diatas berasal dari hadits riwayat Abu Dawud 1554 dan An Nasa’i 270 melalui dua jalur, yakni dari Qatadah dan Anas radhiyallahu anhum. Syaikh Al Albani menshahidkan hadits tersebut. Dapat dibaca untuk mencegah diri kita dari penyakit berbahaya.

Apabila kita sudah terkena penyakit berbahaya atau gelajanya ada doa lain yang dapat diamalkan. Kalimat doa tersebut terdapat dalam surah Al Anbiya.

Terdapat ayat didalam Al Qur’an yang bila dilafadzkan bisa menghilangkan segala penyakit berbahaya yang ada pada tubuh. Nabi Ayub ‘Alaihissalam pernah mengamalkan doa ini dan penyakit yang ada padanya diangkat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Surat Al Anbiya: 83 – 84

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

wa-ayyuuba idz naadaa rabbahu annii massaniya dhdhurru wa-anta arhamu rraahimiin

dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”.

فَٱسْتَجَبْنَا لَهُۥ فَكَشَفْنَا مَا بِهِۦ مِن ضُرٍّ ۖ وَءَاتَيْنَٰهُ أَهْلَهُۥ وَمِثْلَهُم مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَٰبِدِينَ

fastajabnaa lahu fakasyafnaa maa bihi min dhurrin waaataynaahu ahlahu wamitslahum ma’ahum rahmatan min ‘indinaa wadzikraa lil’aabidiin

Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.

Pada ayat ke 83 itu merupakan lafadz doa yang diucapkan Nabi Ayub ‘alaihissalam kepada Allah untuk meminta kesembuhan atas penyakit yang menimpanya. Perlu kita ketahui, penyakit yang dijangkit oleh beliau bukanlah penyakit kulit biasa, melainkan penyakit kulit mematikan. Tidak hanya berbau, penyakit kulit Nabi Ayub juga menular sehingga ia ditinggalkan oleh seluruh keluarganya.

Saat menderita penyakit tersebut, tubuh Nabi Ayub tidak hanya dipenuhi oleh bisul bernanah atau buduk dan koreng, tapi beliau juga mengalami kelumpuhan. Penyakitnya trsebut bisa saja membawanya kepada kematian, tapi beliau bersabar akan penyakitanya.

Bisa dibilang penyakit kulit beliau merupakan penyakit gabungan antara penyakit kusta atau lepra dengan penyakit kulit semacam buduk dan bisul. Tentu saja saat itu tidak ada obat yang bisa mengobati penyakit seperti yang diderita oleh Nabi Ayub alaihissalam.

Selama bersabar dengan ujian yang diberikan Allah padanya tak henti-hentinya beliau berdoa kepada Allah untuk diberi kesembuhan. Doa yang beliau lafalkan ada pada ayat 83 surat Al Anbiya. Di ayat ke 84 Allah menjelaskan bahwa Dia telah mengangkat penyakit Nabi Ayub alaihissalam berkat doa dan kesabarannya.

Keywords: Doa Terhindar Penyakit Berbahaya

Leave a Reply