10 Universitas Islam Terbaik Dunia Ini Juga Menjadi yang Tervaforit Lho!

Universitas Islam Terbaik Dunia – Tahun 2020 ini bisa dibilang sebagai masa mudahnya akses informasi, karena teknologi yang sudah canggih. Semua kalangan baik itu dari dewasa sampai anak-anak sudah memiliki genggaman android masing-masing.

Apapun yang mau kamu cari atau mau kamu ketahui tidak perlu repot-repot lagi cari teman buat ajak ke warung internet (Warnet). Karena dunia sudah ada dalam genggaman mu, kapanpun dimanapun kamu bisa langsung mencari informasi yang kamu butuhkan.

Berhubung ini pertengahan tahun, penulis tertarik untuk mengangkat tema universitas islam terbaik di dunia. Para pencari informasi khususnya dari kalangan remaja, pasti sedang sibuk-sibuknya menentukan masa depan mereka. Mulai dari mempersiapkan ujian sampai dengan menentukan dimana mereka akan melanjutkan kuliah nantinya.

Pembahasan tentang universitas Islam terbaik di dunia tahun 2020 sangat tepat untuk dibahas untuk bisa menjadi referensi bagi kamu. Apalagi kamu yang memiliki tekad dan mimpi yang besar pasti luar negeri adalah patokanmu untuk meniti karir.


Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Paling Diincar


Di luar negeri banyak sekali universitas atau perguruan tinggi yang diincar oleh mahasiswa Indonesia. Baik bagi yang mau melanjutkan kuliah dan ada juga memang ingin memperdalam ilmu agama.

Banyak sekali yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri dan untuk menempuh itu tidaklah mudah. Ada juga yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri sambil memperdalam agama masing-masing dan ada juga yang ingin menantang diri untuk hidup mandiri.

Kali ini penulis ingin memberi tahu kamu universitas Islam terbaik di dunia ada apa saja. Berikut daftar dan penjelasannya:

1. Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

bangtohir.com

Di mata banyak orang, Madinah, Arab Saudi, hanya dipandang sebagai tujuan peribadatan bagi umat Islam. Padahal tercatat universitas Islam terbaik di dunia terletak di Madinah.

Madinah merupakan salah satu dari dua kota suci bagi umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Maka menjadi sebuah impian bagi setiap muslim di muka bumi ini untuk dapat berkunjung ke tempat yang sangat mulia ini.

Peribadatan yang dijalankan, terutama di Masjid Nabawi yang menjadi ikon kota ini, menjanjikan kebarokahan teristimewa.

Universitas Islam Madinah di Arab Saudi telah tercatat sebagai kampus Islam terbaik di dunia. Dari mulai fasilitas sampai dengan mencetak pendidiknya, kampus ini tidak dapat lagi dipungkiri akan kehebatannya atas izin Allah.

Kampus nomor satu ini beralamatkan di Prince Naif bin Abdul Aziz, Al Jamiah, Madinah, Arab Saudi 42351. Hanya berjarak 7 km untuk menuju ke Masjid Nabawi. Sehingga kamu bisa melaksanakan sekaligus kewajiban sebagai orang muslim untuk beribadah di tanah suci.

Universitas ini menjadi salah satu tujuan favorit bagi para penuntut ilmu syar’i dari berbagai penjuru dunia, khususnya Indonesia.

Pernah tercatat bahwasanya peraih IPK tertinggi di universitas bergengsi ini adalah seorang mahasiswa asal Indonesia dengan indeks yang diperoleh 4, 96 yang mana standar indeks prestasi kumulatif di Arab Saudi 5.00.

Bangga nngak sih?? Tentunya dong!

Jadi siapa pun kamu dan dari mana pun kamu berasal tidak menentukan kemampuanmu. Semua kembali kepada pripadi masing-masing. Jangan pernah ragu untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Tenang saja di kampus bergengsi ini banyak beasiswa, dan salah satunya beasiswa dari universitas sendiri yang meliputi:

  • Biaya pendidikan
  • Asrama dan perabotan
  • Uang tunjangan tiap bulan
  • Uang buku untuk setiap tahun ajaran
  • Hadiah uang tunai 1000 SAR bagi mahasiswa yang mendapat nilai cumlaude di setiap 2 semester
  • Tiket pesawat dari mulai pemberangkatan dan kepulangan setelah akhir masa studi, serta tiket pesawat Pulang Pergi (PP) pada liburan musim panas ke negara asal setiap tahunnya
  • Transportasi gratis ke Masjid Nabawi, umrah dan wisata lainnya sesuai yang dijadwalkan
  • Pelayanan kesehatan di rumah sakit kampus
  • Sarana olahraga
  • Makan di kantin kampus dengan harga murah

Jadi buat kamu yang berminat langsung saja klik website resminya ya di www.iu.edu.sa

2. Universitas Al-Azhar, Mesir

Universitas Islam Terbaik Dunia
m.goaceh.co

Universitas Al-Azhar tidak asing lagi di telinga para penuntut ilmu agama di Indonesia, karena setiap tahunya Indonesia selalu ada yang mendaftar di universitas terbaik ini. Untuk lebih rincinya tentang kampus ini yuk kita simak ulasan di bawah ini.

  • Alamat : El- Nasr Rd, Nasr City, Cairo Governorate, Mesir
  • Prestasi Universitas Al-Azhar: KBRI Kairo memberi penghargaan kepada mahasiswa Al-Azhar yang berprestasi sebanyak 201 orang
  • Biaya kuliah Universitas Al-Azhar: dibilang sangat terjangkau di bandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia. Dari kalkulasi para mahasiswa untuk biaya belajar hanya mengeluarkan Rp 150.000 per tahunya. Sedangkan unuutk biaya hidup pun terjangkau yang mana uang Rp 1.000.000 bisa dipakai untuk sebulan.
  • Kamu juga bisa bertanya pada saudara-saudara, tetangga atau teman-teman yang pernah menempuh pendidikan di Al-Azhar. Jika kamu tertarik langsung saja kunjungi website resminya: www.uai.ac.id

3. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Arab Saudi

easyuni.co.id

Universitas ini merupakan perguruan tinggi negeri terletak di Riyadh, Arab Saudi yang didirikan pada tahun 1953. Terdiri dari 10 fakultas dan juga institut Islam di beberapa negara dan kota besar, salah satunya di Indonesia.

Universitas ini telah menjadi sebuah institusi budaya dan intelektual. Disamping tujuan untuk mencapai syariat Islam, yang menjadi fokus utama lainnya adalah penerjemahan dan percetakan di mana universitas ini sudah memiliki percetakan sendiri.

Adapun deretan alumninya di Indonesia yang ternama sampai sekarang sebagai berikut:

a. Ali Mustahafa Ya’qub yaitu Imam besar Masjid Istiqlal
b. Idris Abdul Shomad yaitu wakil wali kota Depok 2011-2016
c. Yunahar Ilyas yaitu ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Maukah jadi salah satu dari mereka?? Langsung saja ya cek website resminya di www.imamu.edu.sa

4. Universitas Al-Qarawiyyin, Maroko

Universitas Islam Terbaik Dunia
islami.co

Sebelum mengenal universitas yang keren satu ini, kita kenalan dulu yuk dengan negara yang identik dengan warna merah ini.

Maroko merupakan sebuah negara kerajaan yang terletak di Afrika Utara. Secara geografis, sebagian besarnya wilayah disini merupakan gurun dan pegunungan terjal. Disini bahasa resminya juga bahasa Arab dan juga mata uangnya Dirham Maroko yang jika dihitung 1 Dirham Maroko sama dengan Rp 1499.5.

Masuk pada pembahasan Universitas Al-Qarawiyyin, perguruan tinggi ini merupakan universitas pertama di dunia yang berlokasi di Fes, Maroko.

Menariknya dari universitas tertua di dunia ini, disamping sejarah berdirinya universitas ini juga memiliki agenda unik yang rutin diadakan di awal musim semi. Acara ini diperuntukkan bagi mahasiswa, dan para mahasiswa berhak untuk memilih pemimpin mereka selama sepekan.

Mahasiswa yang terpilih memiliki kesempatan untuk bertemu dengan raja selama satu jam dan diberikan kesempatan berdiskusi tentang persoalan politik dan juga agama. Selain itu juga dia hak untuk menyampaikan isi pemikirannya kepada raja tanpa rasa takut dan khawatir.

Jadi apa kamu mau mencoba tantangan yang menakjunkan ini? Langsung saja cek di alamat www.uaq.ma

5. Universitas Internasional Afrika, Sudan

beasiswa-id.net

Universitas yang beralamatkan Madani St, Al Khurtum 12223, Sudan ini tercatat sebagai universitas swasta terbaik yang telah mendidik mahasiswa asing dari 70 negara. Mahasiswanya juga sudah banyak mengukir prestasi di berbagai bidang. Untuk website resminya bisa di cek di www.en.iua.edu.sd

6. Universitas Baghdad, Irak

Universitas Islam Terbaik Dunia
islampos.com

7. Universitas Islam Internasional Islamabad, Pakistan

ppmipakistan.org

8. Universitas King Saud Riyadh, Arab Saudi

Universitas Islam Terbaik Dunia
ppmiriyadh.com

9. Universitas King Fahd Dhahran, Arab Saudi

duniatimteng.id

10. Universitas King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi

Universitas Islam Terbaik Dunia
berkuliah.com

Itulah beberapa universitas Islam terbaik di dunia. Jangan sampai ketinggalan informasi ya apalagi kamu yang mau benar-benar ingin menuntut ilmu. Pastikan mencari perguruan yang pas untuk bisa mendukung mewujudkan impianmu.

Leave a Comment