25+ Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik yang Ada Di Indonesia

Pondok pesantren tahfidz terbaik kini berkembang semakin pesat di Indonesia. Kesadaran para orang tua yang menginginkan anaknya untuk bisa menjadi penghafal Al Quran kini kian meningkat.

Seiring meningkatnya minat orang tua dan siswa banyak pesantren-pesantren yang menawarkan pendidikan khusus untuk calon penghafal Quran.

Menjadi seorang hafidz atau hafidzah tentunya menjadi dambaan setiap warga muslim. Terutama para orang tua yang menginginkan anak mereka tumbuh menjadi generasi anak sholeh penghafal Quran.

Memiliki anak yang bisa menghafal al quran tentunya menjadi sebuah kebanggaan besar sekaligus bisa berbuah pahala.

Kini disamping pesantren umum telah banyak berdiri sekolah-sekolah pondok khusus bagi penghafal al Quran.

Program pendidikan pondok pesantren tahfidz memang tidak jauh berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya.

Hanya saja mereka lebih mengedepankan pendidikan Qur’annya karena target lulusannya adalah penghafal Al Quran.

Ada pondok pesantren tahfidz yang menawarkan program khusus hafalan quran saja tanpa ada tambahan pelajaran lain.

Adapula pondok yang juga menyisipkan pelajaran umum serta pendidikan Islam disamping menghafal Al Quran. Namun yang pasti keduanya mengedepankan lulusan yang hafal Al Qur’an secara utuh.


Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik


Nah, bagi Anda para orang tua yang benar-benar ingin menjadikan anaknya seorang hafidz Quran, maka berikut adalah pondok pesantren Tahfidz Qur’an terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan.

1. Yanbu’ul Qur’an, Kudus

Image Source: inibaru.id

Kota Kudus memang dikenal sebagai salah satu rujukan oleh para santri yang mempunyai niat untuk menghafal Al Qur’an.

Kota Kudus juga dikenal sebagai Madinatu Tahfidz karena di kota ini terdapat banyak sekali pondok Tahfidznya. Lingkungan disana juga secara keseluruhan sangat mendukung untuk melaksanakan program Tahfidz Al Qur’an.

Nah, salah satu pondok pesantren Tahfidz yang termahsyur adalah Yanbu’ul Qur’an yang diasuh oleh KH. Arwani Amin.

Di pesantren ini, para santri tidak hanya belajar untuk menghafal Al Qur’an, akan tetapi juga belajar tentang Qira’at Sab’ah.

Pada hakekatnya, memang tidak ada metode yang paten untuk menghafal Al Qur’an, yang paling penting adalah para santri mampu menghafalnya.

Salah satu yang menjadikan pesantren ini terkenal adalah ketatnya standar yang diberlakukan, para santri tidak boleh menyetorkan hafalan sebelum bacaannya sesuai dengan standar yang diberlakukan di pesantren ini.

Oleh karenanya, dari pondok manapun mereka berasal, tetap harus mengulang menghafal dan ini bisa berjalan sampai 1-2 bulan.

Diawali dengan pelafadzan huruf hijaiyah, lalu ta’awudz, al fatihah dan lain-lain. Jika Anda sering mendengar belajar membaca Al Fatihah saja sampai berbulan-bulan, mungkin itu berasal dari pesantren ini. Namun itulah yang menjadikan hafaln pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus dikenal yang terbaik.

Untuk lama menyelesaikan hafalan tidak ada target, tapi kesadaran dari masing-masing santri. Jelas, bagi yang malas menghafal bisa lama, dan sebaliknya bagi yang rajin menghafal insyaallah bisa cepat selesai hafalannya.

2. Muqoddasah, Ponorogo

Image Source: mahadal-muqoddasah.blogspot.com

Pondok pesantren Tahfidz Muqoddasah ini diasuh oleh salah satu dari tiga pimpinan pondok Gontor. Yaitu KH. Hasan Abdullah Sahal.

Walau demikian, pondok pesantren ini sangat berbeda dengan kurikulum pondok Gontor, bahkan hingga sekarang belum memakai program KMI.

Namun, justru karena inilah pondok Tahfidz Muqoddasah menjadi istimewa, sebab kegiatan kegiatan tahfidz di jalankan dengan sistem yang baku.

Kalau dari segi tempat, pondok ini sebenarnya biasa saja tetapi semua sudah dikondisikan untuk menghafal Al Qur’an.

3. Darul Huffadh 77, Bone

Image Source: indahps3596.wixsite.com

Di Bone terdapat pondok yang murni untuk Tahfidz Al Qur’an dengan disertai pendidikan KMI, yaitu Darul Huffadh 77.

Pondok ini juga terkenal dengan sebutan tuju-tuju, nama tersebut merujuk pada nama tempat berdirinya pondok tersebut.

Darul Huffadh juga tidak terlepas dari peran kyai nya yang karismatik, yaitu KH. Lanre Said. Beliau mendirikan pondok tahfidz ini tanpa meminta bantuan atau sumbangan.

Pondok Darul Huffadh 77 sangat menjunjung tinggi kebebasan dalam bermadzhab, oleh karenanya pondok ini sangat menerima bantuan akan tetapi dengan syarat tidak mengikat dan tidak bersyarat.

Jika dilihat dari kurikulum KMI, maka mirip dengan pondok pesantren Gontor, baik dari segi pelajaran dan isi muatan.

Akan tetapi, luar biasanya adalah pondok ini mempunyai inti kegiatan yaitu menghafalkan dalam hal menghafal Al Qur’an.

4. Daarul Qur’an, Tangerang

Image Source: harga.web.id

Daarul Qur,an merupakan pondok Tahfidz yang diasuh oleh Ustadz Yusuf Mansur. Pondok Tahfidz ini memadukan kurikulum diknas dan juga pesantren.

Pondok ini bisa dikatakan belum lama berdiri, tetapi kiprahnya dan relasinya dengan dunia internasional sudah sangat fenomenal.

Salah satu bukti kiprah luar biasanya adalah sudah mendapatkan penghargaan Tahfidz Award sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik yang ada di dunia.

Seperti yang telah dilansir Republika, “Saya sekalian umrah, diundang oleh Khoodimul Haroomain asy-Syariifain, ke kota suci Makkah untuk menghadiri penghargaan Daarul Qur’an untuk mewakili Indonesia.” Tuturnya.

Penghargaan tersebut juga menyisihkan 65 negara lain, dan alhamdulillah dipilih oleh Allah swt sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik sedunia,” tambahnya.

5. Wadi Mubarak, Bogor

Image Source: masirul.com

Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Mubarak atau yang juga dikenal dengan nama LKID (Lembaga Kaderisasi Imam dan Da’i) merupakan lembaga yang mempunyai tujuan untuk megkader para santrinya untuk bisa menjadi imam dan Da’I di lingkungan tempat asalnya masing-masing.

Pesantren ini dikatakan sebagai pesantren Tahfidz terbaik di Indonesia karena para lulusannya untuk bisa menyelesaikan hafalan Al Qur’an dalam waktu 1 tahun saja, wow sangat menantang kan?

Keunggulan lain dari pesantren Wadi Mubarak ini adalah para santrinya tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Akan tetapi dengan syarat hasrus bisa lulus ujian seleksi pendaftarannya, yaitu bisa menghafal Al Qur’an 3 halaman atau 1 ½ lembar per hari.

Di pesantren ini tidak hanya ikhwan saja tapi juga ada akhwatnya. Jadi setelah selesai menghafal Al Qura’an dan lulus, kamu yang mau nikah bisa langsung ngajuin deh ke pimpinan pondok buat ngelamar calon pasanganmu yang hafidz ataupun hafidzoh-nya. Tertarik? 🙂

6. Isy Karima, Solo

Image Source: masirul.com

Pondok pesantren Isy Karima ini pondok yang mengkhusukan dalam hafalan Al Qur’an. Pondok ini terletak di kaki Gunung Lawu, sehingga mempunyai suasana yang nyaman, sejuk, bahkan romantis.

Lingkungan pondok ini betul-betul dijaga dengan bersih, serta di beragam sudutnya dilengkapi dengan kamera CCTV.

Salah satu keistimewaannya ialah pondok ini menyiapkan para ilmuwan yang hafidz Al Qur’an. Terbukti, ada salah satu program setingkat SLTA yang dikhususkan untuk laki-laki dengan syarat mempunyai kemampuan di bidang IPA dan Matematika.

Ada target khusus yang harus dicapai untuk nilai IPA dan Matematika serta diikuti dengan tuntutan menghafal Al Qur’an. Tidak heran jika alumni dari pesantren ini tergolong orang-orang yang cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan.

Pondok pesantren ini menerapkan apa yang dianjurkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah, sehingga beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah seperti memanah dan berkuda pun tersedia.

7. Darul Qur’an Mulia, Bogor

Image Source: darulquran.sch.id

Pesantren Darul Qur’an Mulia juga bisa menjadi rujukan untuk kamu yang ingin menghafal Al Qur’an. Letak pesantren ini adalah perbatasan antara kota Serpong dan Bogor.

Di pondok pesantren Tahfidz ini para santrinya tidak hanya dituntut dalam hal hafalan Al Qur’an tetapi juga akademiknya.

Jadi tidak heran apabila alumni dari pondok pesantren tahfidz ini bisa unggul dalam hal agama (khususnya hafalan Al Qur’an) dan juga dalam akademiknya.

 


Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik yang Lainnya


Selain 7 pondok pesantren terbaik diatas, kami juga merangkum beberapa pondok pesnatren tahfidz lainnya yang bisa menjadi rujukan.

Berikut ini beberapa pondok pesantren tahfidz yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya merupakan pondokan yang belum lama berdiri.

Meskipun begitu semua pondok pesantren tahfidz yang ada dalam daftar dibawah sudah terdaftar di Kementrian Agama dan telah memiliki NSPP.

Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi Riau

1. PPS Tahfidz An-Nahl (NSPP 510314010054)

PPS Tahfidz An-Nahl beralamat di jalan Raya Bangkinang – Petapahan KM 21, Kabupaten Kampar, Riau dan didirikan tahun 2017. Muhammad Rifi, Lc adalah pengampu pesantren dengan jumlah santri sebanyak 159 orang ini. 79 orang jumlah santriwan dan 80 orang jumlah santriwatinya baik yang bermukim maupun tidak. Tenaga pengajar di PPS ini sebanyak 20 orang.

2. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Al Latif (NSPP 510314020011)

Tahun 2010 ponpes ini didirikan di alamat Jl. Pendidikan Kulim Jaya Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. H Wahono S. Pd.I adalah pengampu dari pontren yang memiliki santri sebanyak 72 orang ini.

3. Tahfidzul Quran AL-Multazam (NSPP 510314020012)

Alamat Jl. Al-Multazam Kerubung Jaya, Kecamatan Batang Cenaku, Indragili Hulu, Riau. Pesantren tahfidz ini berdiri pada tahun 2010. Termasuk dalam bagian YPI Al Multazam An Nafi’. Perincian jumalah santrinya, yaitu 126 orang santri laki-laki dan 120 orang santri perempuan. Kyai Agiran adalah pengampu pontren tahfidz ini.

4. Al Kahfi (NSPP 510314710010)

Pondok pesantren tahfidz ini berdiri tahun 2002. Alamatnya berada di Jl. Cipta Karya Km 02 Panam, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau. Di ponpes ini tidak hanya berfokus pada hafalan quran, tapi juga hadits Nabi.

Sesuai dengan profil mereka yang ingin membentuk generasi hamalatul Quran (pembawa al Quran). Tentunya tidak hanya dihafalkan, tapi juga ditadaburi dan diamalkan. Suherzi Syukur adalah ustadz yang mengelola pesantren ini.

5. Tahfidz Qur’an Riyadus Shalihin (NSPP 510314020013)

Jl. Lintas Air Molek – Teluk Kuantan, Bongkal Malang terdapat sebuah PPS tahfidz Qur’an Riyadus Shaliihin yang berdiri tahun 2018. Berada di bawah naungan Yayasan Riyadus Shalihin INHU (Indragili Hulu) Riau. Ust Said Muhammad Irsyad Al Idrus adalah pengampunya.

PonPes Tahfidz Terbaik Di Kalimantan Barat

6. Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Nusantara (510061050011)

Beralamat di jalan Kuari Dusun Tuah Muanua Rt 10 Rw II Desa Dak Jaya Kecamatan Binjau Hulu, Sintang. Tahun 2017 ponpes ini berdiri dengan Nomor NSPP 510061050011. Muhammad Isroil merupakan pengampu Tahfidzul Qur’an Nusantara.

Saat didirikan tanggal 20 oktober tahun 2017 pontren ini menempati area tanah wakaf keluarga seluas 2500 m² milik Pak Nijo, S. Ag yang juga merupakan salah satu pendiri ponpes ini.

Sistem dan metode yang digunakan serupa dengan PPTQ Al Asy’ariyyah Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah. Pada yayasan Tahfidzul Quran Nusantara terdapat TPQ Tahfidzul Quran, MTs Maarif, dan SMA Takhassus Qur’an.

Visi dari ponpes Tahfidzul Quran Nusantara adalah mencetak kader-kader ulama yang Qur’ani. Berakhlak Al Quran, berilmu pengetahuan, dan kemasyarakatan untuk memenuhi tuntutan dan tantangan dunia global. Berdasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sedangkan misinya antara lain:
a. Mencetak para penghafal Al Quran
b. Melahirkan generasi Quran
c. Menanamkan disiplin akhlak kepada para santri
d. Membimbing beristiqomah dalam ibadah, Ta’alum
e. Peningkatan kualitas pendidikan pengajaran sesuai perkembangan iptek.
f. Membina pendidikan kemasyarakatan.

Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi Sumatra Selatan

7. Tahfidzul Qur’an Al Hikmah (510016080060)

Berdiri pada tahun 1987 ponpes tahfidz ini beralamat di Purwodadi, Kabupaten Ogan Komeng Ulu Timur, Sumatera Selatan. Selayang pandang tentang pesantren tahfidzul quran al Hikmah adalah para santrinya dididik agar menjadi generasi berkualitas di bidang Al Quran.

Meskipun sudah berdiri lama, pontren yang diampu oleh M. Yusuf Alhamdani ini hanya pesantren kecil . Tenaga pengajar yang dimiliki jumlahnya hanya sebanyak 4 orang.

8. Ma’had Tahfidz Darul Hidayah (NSPP 510018710035)

Ma’had Tahfidz Darul Hidayah ini berdiri tahun 2009 di Jl. Walet No. 12 Kelurahan Pinang Jaya, Kota Bandar Lampung. Abdul Syukri merupakan pengampu dari ponpes tahfidz ini. Terdapat santri mukim dan nonmukim yang jumlahnya sekitar 50 orang.
Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik Di Provinsi Bangka Belitung

9. Ma’had Tahfidzul Qur’an (NSPP 510019710017)

Diampu oleh Abu Hasanudin, S. Pd. I ponpes yang berdiri pada tahun 2013 ini beralamat di Jl. H. Bakri No. 38, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Termasuk pesantren dengan jumlah santri yang sedikit karena memang dikhususkan untuk yang mau menghafal Quran.

Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi Jawa Barat

10. Daaruttahfidz (NSPP 510032061291)

Berdiri pada tahun 2000 dan beralamat di Sabelen Kulon Desa. Tenjonagara, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumlah santrinya sebanyak 44 orang dengan rincian 22 orang santriwati dan 22 orang santriwan, serta pengajar sebanyak dua orang.

11. Hamalatul Qur’an (NSPP 510032062265)

Hamalatul qur’an merupakan ponpes tahfidz yang berdiri pada tahun 2008 dengan pengampu Cecep Iwan Ridwan. Alamatnya berada di Kudang Pesantren Cikadu Desa Cilangkap, Tasikmalaya, Jawa Barat. Hamalatul Qura’n yang berada di Tasikmalaya ini dikhususkan untuk para calon hafidz (laki-laki).

12. Al Hamiidiyyah (NSPP 510032110220)

Didirikan tahun 2015, ponpes tahfidzul quran Al Hamiidiyyah ini beralamat di Jln Cipulus Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang, Sumedang. KH Alan SUdirman, M. Ag merupakan pengampu dari pondok pesantren tahfidz ini.

Al Hamiidiyyah berperan aktif dalam mewujudkan Sumedang yang Agamis dalam sikap dan perilaku hidup masyarakat. Ditandai dengan banyaknya kegiatan keagamaan dan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan tanpa adanya konflik anatr agama.

13. Al-Hidayah Tahfidzul Qur’an

H. Asep Masykur merupakan pengampu dari pondok pesantren tahfidz yang beralamat di Sukahurip Desa Madiasari, Serang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Mulai berdirinya pesantren ini pada tahun 2011.

Berada dibawah naungan Yayasan Al Mushlihiyyah. Pendirinya adalah KH. Mushlih dan Hj. Euis Siti Rohmah. Berangkat dari kondisi baca tulis quran masyarakat sekitar yang memprihatinkan berdirilah pesantren ini.

Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi DKI Jakarta

14. Tahfidzhul Qur’an Rahmatul Ummah Li Tahfidzi (NSPP 510031730028)

Ponpes yang berdiri tahun 2017 ini pengampunya adalah Drs. KH. Oo Suyitno, MA dan beralamat di Jl Gg. Vanili Rt 10 Rw 05, Tanah Sereal Tambora, Jakarta Barat. Sama seperti pesantren tahfidz lainnya santri di tempat ini jumlahnya tidak terlalu banyak dengan pengajar sebanyak 6 orang.

15. Pondok Pesantren Tahfidz Al Islah (NSPP 510031750035)

Telah memiliki NSPP dan didirikan pada tahun 2015. Beralamat di Jl Raya Penggilingan Rt 13 Rw 07, Jakarta Timur. H Yadin Aliya. MA adalah pengampu dari ponpes tahfidz dengan santri sekitar 563 orang ini.

PonPes Tahfidz Terbaik di Provinsi DI Yogyakarta

16. Dzikrul Qolbi (NSPP 510034010028)

Dzikrul Qolbi berdiri pada tahun 2008. Pondokan tahfidz yang beralamat di Ngradu Salamrejo Sentolo, Kulon Progo ini diampu oleh KH. Imam Subarno. Pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi ada sekitar 10 orang.

Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi Jawa Timur

17. Darul Fikri Anggaswangi (NSPP 510035150262)

Darul Fikri Anggaswangi baru berdiri tahun 2017 dengan pengampu ponpes, yaitu Syaiful Arifin. Lokasinya beralamat di Jalan Putra Bangsa Rt 01 Rw 01 Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Dikhususkan untuk para santriwan para calon hafidz Qur’an dengan jumlah pengajar sebanyak 48 orang.

PPTQ Darul Fikri Anggaswangi merupakan lembaga pendidikan ponpes. Dimana memadukan prestasi akademik dan karakter dengan tahfidz Qur’an. Diharapkan dapat menghasilkan calom pemimpin yang berkarakter serta hafidz handal. Bagi para santri yatim dan duafa ada beasiswa yang diberikan.

18. Manbaul Qur’an (510035150189)

Muhibbudin, SQ, S. Ag merupakan pengampu ponpes tahfidz yang berdiri tahun 2015 ini. Manbaul Qur’an beralamat di Gempolsampurno Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Tujuan didirikannya pesantren ini adalah untuk mencetak generasi terdidik penghafal Qur’an. Kunjungi websitenya di www.ponpesmanbaulquran.com.

19. PPTQ Nurul Huda

Alamat Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Huda berada di jalan Joyo suko Metro III/ 57B, Merjosari, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. DR. KH. Isroqunnajah, M. Ag adalah pengampu ponpes yang didirikan tahun 2017 ini.
Pondok Pesantren Tahfidz Terbaik di Provinsi Sulawesi Selatan

20. As Sunnah Parapa (NSPP 510073050012)

Lukman Ali merupakan pendiri Pesantren tahfidz yang berdiri di tahun 2018 ini dengan alamat di daerah Parapa Desa Pakkaba, Takalar, Sulawesi Selatan. Terdapat 9 tenaga pengajar dengan jumlah santri sekitar 170 orang.

21. Nukhbatul Al Munawwarah (510073050013)

Nukhbatul Al Munawwarah beralamat di jalan Mandacingi, Takalar, Sulawesi Selatan. Baso S, S. Pd. I merupakan pengampu dari ponpes yang berdiri di tahun 2018 ini.

Beberapa nama-nama pesantren tahfidz diatas mungkin masih asing atau bahkan belum pernah terdengar. Selain karena masih baru beberapa ponpes diatas memang berskala kecil. Meskipun begitu semua pesantren diatas telah memiliki NSPP atau Nomor Statistik Pondok Pesantren yang terdaftar di Kemenag.

Sejatinya kita memilih pendidikan agama bukan dari bagus atau terkenalnya lembaga pendidikan tersebut, tapi kualitasnya. Selama lulusannya baik serta metode dan sistem yang digunakan sesuai dengan kaidah serta syariat Islam maka sekolah manapun baik.

Apalagi pesantren-pesantren diatas memiliki komitmen yang sama, yaitu mencetak generasi penghafal Qur’an. Jadi, dimanapun tempatnya selama menghasilkan para hafidz dan hafidzah sudah pasti yang terbaik dalam Islam.

Demikian penjelasan mengenai pondok pesantren Tahfidz terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Catatan: Di Indonesia ada banyak sekali pesantren tahfidz terbaik, namun untuk saat ini “penulis” hanya mencantumkan 7 pondok pesantren ini, karena memang sudah populer dan sudah banyak informasinya. Jika Anda mengetahui informasi pondok tahfidz terbaik yang lainnya, mohon untuk di informasikan dengan menuliskannya di kolom komentar, terimakasih.

Keywords: Pondok pesantren tahfidz terbaik di Indonesia

Leave a Reply