10 Nama Nama Malaikat Beserta Tugas dan Sifatnya

Nama nama malaikat yang mungkin banyak diketahui orang berjumlah sepuluh. Sesungguhnya malaikat Allah itu sangatlah banyak jumlahnya.

Nama atau panggilan mereka dibedakan berdasarkan tugasnya. Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki hawa nafsu.

Beberapa nama malaikat yang biasa diajarkan dalam masyarakat memang benar adanya, tapi ada beberapa nama yang sebenarnya tidak ada dalam penjelasan Al Quran maupun As Sunnah. Jumlah malaikat juga bukan hanya sepuluh seperti banyaknya nama Malaikat yang diketahui banyak orang.

Malaikat juga mempunyai bala tentara atau pembantu malaikat yang tugasnya membantu malaikat-malaikat utama. Para pembantu malaikat tersebut itu juga terdiri dari para malaikat yang juga diciptakan Allah dari cahaya.

Orang Muslim diwajibkan untuk mengimani keberadaan para malaikat. Iman kepada Malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Allah menciptakan para malaikat untuk menjalankan perintah-Nya di dunia dan di akhirat.

Kita tahu bahwa malaikat adalah makhluk alam ghaib dan hamba Allah Ta’ala yang sangat taat. Mereka diciptakan dari cahaya dan diberi ketaatan yang sempurna serta diberi kekuatan untuk menjalankan ketaatan tersebut.


Nama Nama Malaikat


Image Source: alquranalfatih.com

Selama ini kita sering diajarkan jika jumlah malaikat atau nama malaikat itu ada sepuluh. Mungkin sebagian besar guru agama Islam di sekolah dasar mengajarkan demikian. Kesepuluh nama malaikat tersebut diantaranya:

1. Jibril

Tugas dari Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah bagi para nabi dan rasul.

2. Mikail

Mikail memiliki tugas mengatur Rizki Allah berupa hujan, angin, serta tanaman.

3. Israfil

Israfil memiliki tugas meniup sangkakala di hari Kiamat.

4. Izrail

Izrail memiliki tugas mencabut nyawa makhluk hidup.

5. Munkar

Munkar memiliki tugas menanyai orang yang berada di alam kubur.

6. Nakir

Bersama dengan malaikat Munkar, Nakir juga memiliki tugas menanyai ruh di alam kubur.

7. Raqib

Raqib bertugas mencatat amalan baik manusia selama hidupnya di dunia.

8. Atid

Atid memiliki tugas mencatat amalan buruk manusia selama hidupnya di dunia.

9. Malik

Malik bertugas menjaga pintu neraka.

10. Ridwan

Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Tidak semua nama-nama malaikat diatas benar, tapi tidak semua salah. Misalnya saja malaikat Jibril yang memang beberapa kali disebutkan dalam Al Quran maupun As Sunnah. Baik dalam nama Jibril maupun nama lainnya, seperti Ruhul Qudus.

Begitu juga nama Malaikat Mikail dan Israfil beserta tugasnya yang juga disebutkan dalam Al Quran maupun As Sunnah. Dalil yang mendasari adanya nama serta tugas mereka adalah dalil yang shahih.

Sedangkan salah satu yang dianggap salah adalah penamaan malaikat Izrail untuk malaikat pencabut nyawa. Di dalam Al Quran maupun Sunnah malaikat yang bertugas mencabut nyawa atau malaikat kematian bukan lah Izrail.

Melainkan hanya nama  Malaikat Maut yang ada. Tidak pernah disebutkan bahwa nama lain Malaikat Maut adalah Izrail.

Begitu juga dengan malaikat Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan. Tugas-tugas dari para malaikat tersebut memang benar adanya. Sedangkan untuk nama malaikat yang mengemban tugasnya beberapa diambil dari sifatnya (tugasnya).

Kita harus mengimani para malaikat termasuk nama-nama mereka, tapi bukan yang salah. Untuk itu perlu dipelajari lagi lebih dalam agar kita tidak salah dalam menjerna ajaran agama Islam.

Terdapat dalil bahwa malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya.

Para malaikat tidak membutuhkan makan dan minum, seperti dalam kisah Nabi Ibrahim as dan tamu-tamu malaikat.

Tidak makan dan minumnya malaikat berkaitan dengan penciptaan mereka tanpa hawa nafsu termasuk nafsu untuk makan dan minum.

Jumlah malaikat sangatlah banyak dan tidak ada yang dapat menghitungnya atau mengetahui jumlahnya kecuali Allah.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Malik bin Sha’sha’ah ra tentang kisah Isra’ Mi’raj disebutkan mengenai banyaknya malaikat.

Ketika Nabi Shallallahu alaihi wasallam melakukan Mi’raj, beliau diperlihatkan Baitul Ma’mur di langit. Dimana tempat itu setiap harinya didatangi oleh 70.000 malaikat yang mengerjakan sholat disana.

Setiap mereka keluar dari tempat itu, mereka tidak akan kembali lagi. bisa dibayangkan berapa banyak jumlah malaikat bila dalam sehari saja terdapat 70.000 malaikat berbeda yang sholat di langit.

Belum lagi jumlah malaikat yang ada di bumi. Sudah pasti sangatlah banyak karena manusia di bumi ini jumlahnya sangat banyak.

Tiap-tiap manusia selalu diikuti malaikat yang mencatat setiap perbuatan baik dan buruk. Ditambah lagi dengan malaikat dengan tugas lainnya di bumi ini.


Tugas Malaikat


Image Source: satujam.com

Diantara para malaikat ada yang diberi tugas-tugas tertentu, seperti:

1. Jibril mempunyai tugas menyampaikan wahyu Allah kepada para Nabi dan Rasul.

2. Mikail bertugas untuk menurunkan hujan dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.

3. Israfil adalah peniup sangsakala di hari Kiamat dan dihari dibangkitkannya makhluk.

4. Malaaikat maut yang ditugaskan untuk mencabut nyawa orang-orang.

5. Ada malaikat-malaikat yang diserahi tugas menjaga surga dan Neraka

6. Adapula malaikat yang ditugaskan meniup ruh pada janin di dalam rahim saat usia janin mencapai 4 bulan. Ketika itu Allah mengutus malaikat untuk menuliskan rizki, ajal, amal, celaka, dan bahagia, lalu meniupkan ruh padanya.

7. Malaikat-malaikat yang ditugasi menjaga dan menulis semua perbuatan manusia. Setiap orang dijaga oleh dua Malaikat pada sisi kanan dan sisi kiri.

8. Serta para malaikat yang ditugaskan menanyai mayit ketika mayit memasuki alam kubur. Akan datang dua malaikat yang bertanya kepadanya tentang Tuhannya, agamanya, dan Nabinya.

Dengan ijin Allah malaikat bisa saja menjelma menjadi seorang laki-laki. Seperti malaikat yang pergi menemui Nabi Luth menjelma sebagai dua laki-laki tampan nan rupawan. Kemudian ada malaikat Jibril yang diutus oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menemui Maryam dan menjelma menjadi seorang manusia sempurna.


Sifat Para Malaikat


Image Source: loveinshallah.com

Umat Islam meyakini bahwasannya malaikat memiliki siifat-sifat yang berbeda dari golongan Jin maupun manusia. Sifat-sifat mereka diantaranya:

1. Selalu bertasbih kepada Allah tisaada henti.
2. Suci dari sifat-sifat manusia dan jin yang berkaitan dengan hawa nafsu.
3. Takut dan taat kepada Allah.
4. Tidak pernah berbuat maksiat dan selalu menjalankan perintah Allah.
5. Mempunyai sifat malu terhadap Allah.
6. Terganggu dengan bau tak sedap, anjing, dan patung.
7. Tidak makan dan minum.
8. Mampu mengubah wujudnya.
9. Memiliki kekuatan atas ijin Allah dan kecepatan seperti cahaya.


Iman Kepada Malaikat


Image Source: alquranalfatih.com

Mengimani malaikat termasuk salah satu rukun iman. Iman kepada malaikat mengandung empat unsur:
Pertama, kita harus mengimani wujud mereka.

Kedua, kita juga mengimani nama-nama malaikat yang kita kenali, seperti yang telah disebutkan dalam al Quran dan Sunnah. Contohnya saja Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, dan nama-nama malaikat lainnya yang telah tertulis.

Ketiga, mengimani sifat-sifat dan bentuk mereka yang kita ketahui. Sebut saja sifat bentuk Malaikat Jibril sebagaimana yang pernah dilihat oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Sayap malaikat Jibril sebanyak 600 yang menutup dunia dan setiap malaikat memang mempunyai sayap. Itulah mengapa malaikat selalu digambarkan sebagai makhluk bersayap sedangkan setan makhluk bertanduk.

Keempat, mengimani tugas-tugas para malaikat yang telah diperintahkan oleh Allah. Tugas utama para malaikat adalah bertasbih dan beribadah kepada Allah Azza wa Jalla.


Nama Nama Malaikat Lain yang Belum Banyak Diketahui


Image Source: alquranalfatih.com

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui tugas dari malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil. Berikut ini beberapa malaikat lain beserta tugas mereka.

1. Zabaniah

Ada pendapat yang menyatakan bahwa Malaikat Malik merupakan pemimpin dari para malaikat di neraka.

Sedangkan Zabaniah adalah para malaikat penyiksa di dalam neraka yang bengis dan kasar. Zabaniah telah disebutkan di dalam Quran Surah Al Alaq ayat 18.

سَنَدْعُ ٱلزَّبَانِيَةَ

kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah,

2. Harut dan Marut

Harut dan Marut merupakan dua malaikat yang turun di negeri Babil (Babilonia). Dua malaikat tersebut ditugaskan Allah untuk mengatasi praktek sihir hitam dikalangan masyarakat Yahudi kala itu. Surat Al Baqarah ayat 102 menyebutkan tentang keduan malaikat ini.

وَمَآ أُنزِلَ عَلَى ٱلْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَٰرُوتَ وَمَٰرُوتَ ۚ

dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut,

3. Hamalat al Arsy dan Haffun

Hamalat Al Arsy adalah empat malaikat pembawa Arsy Allah yang pada hari akhir akan ditambah jumlahnya menjadi delapan. Sedangkan Haffun merupakan para malaikat yang melingkari Arsy sambil bertasbih kepada Allah.

4. Darda’il

Darda’il merupakan malaikat yang mencari atau menandai orang-orang yang berdoa, bertaubat, dan kebaikan lainnya pada bulan Raamadhan.

5. Kiraman Katibin

Bukanlah Raqib dan Atid, melainkan malaikat Kiraman Katibin yang bertugas mencatat seluruh amal perbuatan manusia baik baik maupun buruk selama hidup di bumi. Nantinya mereka juga akan menjadi saksi saat hisab di padang Mashar.

Raqib dan Atid adalah sifat dari malaikat Kiraman Katibin. Berikut ayat mengenai Raqib Atid dan KIraman Katibin dalam beberapa ayat Al Quran.

إِذْ يَتَلَقَّى ٱلْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ ٱلْيَمِينِ وَعَنِ ٱلشِّمَالِ قَعِيدٌO مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.(17) Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.(18) Qaaf: 17 – 18.

وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَٰفِظِينَO كِرَامًا كَٰتِبِينَ

Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu).[10] yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu).[11] Al Infitar: 10-11.

6. Mu’aqqibat

Mu’aqqibat merupakan para malaikat yang bertugas memelihara manusia dari kematian hingga waktu yang telah ditetapkan. Terdapat dalil yang menyebutkan tentang Mu’aqqibat, yaitu pada Surah Al An’am: 61, Ar Raad: 11, dan Hadits riwayat Imam Ahmad.

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ ُ

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. [ar Raad’: 11]

7. Qarin

Qarin merupakan para malaikat yang mendampingi manusia dari lahir hingga ajalnya tiba. Tugasnya adalah membisikkan hal-hal yang baik kepada manusia.

Inilah yang menjadi dasar karakter malaikat yang sering digambarkan secara umum. Hadits riwayat Imam Muslim dan Imam Ahmad menyebutkan tentang Qarin.

Penjelasan mengenai Qarin dalam hadits bahwasannya Qarin merupakan sebuah sifat dari mereka yang mendampingi manusia. Ada yang berasal dari bangsa jin ada pula yang berasal dari bangsa malaikat.

8. Arham

Arham adalah malaikat yang ditugaskan Allah untuk meniupkan ruh, menetapkan rezeki, ajal, dan takdir lainnya pada bulan keempat usia janin.

9. Jundallah

Saat dalam peperangan Allah mengutus para malaikatNya, yaitu Jundallah untuk membantu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Jundallah sering juga disebut sebagai pasukan Allah. beberapa ulama bahkan percaya bahwa kini para pasukan Allah (Jundallah) juga membantu saudara-saudara Muslim yang diperangi para kaum kafir.

Selain malaikat-malaikat tersebut masih terdapat banyak malaikat dengan tugas yang berbeda-beda. Itu juga yang menandakan bahwa malaikat Allah jumlahnya sangat banyak. Dan karena hal itu pula kita harus mengakui kebesaran Allah Azza wa Jalla.

Sebagai makhluk ghaib malaikat tentu tidak bisa dilihat, diraba, dirasakan, maupun didengar. Meskipun begitu keberadaan malaikat nyata adanya.

Bahkan beberapa Nabi Allah telah bertemu dengan para Malaikat. Hanya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam satu-satunya manusia yang melihat wujud asli dari malaikat, yaitu Jibril.

Untuk itu sebagai Muslim yang beriman sudah seharusnya kita percaya pada keberadaan malaikat. Kita juga harus mengimani nama serta sifat-sifat mereka disamping keberadaan mereka.

keywords: Nama nama malaikat

Leave a Reply