Mencari Masjid Terdekat Menggunakan Aplikasi di Smartphone Anda

Mencari Masjid Terdekat – Masjid adalah tempat beribadah umat Islam dengan ciri khas terdapat kubah di atapnya. Selain sebagai tempat sholat, masjid juga berfungsi sebagai tempat mengadakan kajian-kajian atau tempat berkumpulnya orang-orang sholeh.

Dalam catatan sejarah, masjid merupakan pusat peradaban Islam. Pertama kali didirikan di Madinah, lebih tepatnya di Quba pada tanggal 8 Rabiul Awal. Tepat setelah Nabi Muhammad hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Pada zaman Nabi masjid memiliki banyak fungsi, mulai dari fungsi peribadatan hingga fungsi kultural. Beberapa fungsi masjid di zaman Rasulullah di antaranya adalah:

  • Sebagai tempat ibadah
  • Tempat pertemuan umat untuk berdiskusi
  • Digunakan untuk keperluan perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan
  • Tempat menyelesaikan perkara agama
  • Sumber pengumuman terkait hal sosial
  • Hingga sebagai tempat menginap bagi para musafir

Hingga kini fungsi masjid makin dipersempit sebagai tempat peribadatan dan mengkaji ilmu saja. Karena seiring perkembangan zaman, dibangunlah tempat-tempat fungsional lainnya untuk berbagai keperluan di atas.


Masjid Pada Zaman Rasulullah


ahad.co.id

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Jadi jangan heran jika berdiri banyak bangunan masjid di Indonesia. Bahkan saking banyaknya masjid di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kota tersebut disebut sebagai kota seribu masjid.

Bentuk bangunan masjid di Indonesia pun beragam menyesuaikan dengan ciri khas budaya lokal. Keberagaman itu terlihat mencolok pada bentuk dan model menara dan kubah masjid.

Bentuk menara masjid yang unik biasanya menggambarkan filosofi tersendiri. Salah satu contohnya menara masjid Kudus di Jawa Tengah yang menyimpan pengaruh tradisi pra-Islam (zaman Hindu) pada arsitektur bangunannya.

Bentuk kubah masjid pun mengalami perkembangan, menyesuaikan dengan kearifan budaya lokal pada masa dibangunnya masjid tersebut. Jauh di India sana bahkan terdapat masjid tanpa menara, karena disana menara bukanlah fenomena yang umum.

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai masjid, tidak ada salahnya kita mengulas kembali sejarah perkembangan Islam pada masa Rasulullah SAW. Salah satu bukti sejarah tersebut yaitu berdirinya beberapa masjid di bawah ini:

Masjidil Haram

terasjabar.id

Menjadi salah satu masjid impian yang paling ingin dikunjungi oleh setiap muslim di muka bumi ini. Masjidil Haram terletak di Mekkah, dengan bentuk bangunan menyerupai kubus yang dibangun mengelilingi Ka’bah.

Di masjid inilah salah satu rukun haji ditunaikan, ya betul yaitu tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Wah membayangkannya saja sungguh indah bukan? Semoga kita segera mendapatkan panggilan untuk segera menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Aamiin.

Masjidil Haram dibangun di atas tanah yang menjadi saksi perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan Islam. Sempat hijrah ke Madinah, Nabi akhirnya kembali ke Mekkah untuk membebaskan kota Mekkah tanpa pertumpahan darah, dikenal sebagai peristiwa Fathul Mekkah.

Masjid Nabawi

kabarmakkah.com

Tempat ibadah yang sekaligus menjadi makam Nabi Muhammad ini dibangun sendiri oleh Beliau dan para sahabatnya. Masjid Nabawi tercatat sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Awal dibangun hanya berukuran 50 x 50 m, kini meluas menjadi 6.024 meter persegi.

Nabi melakukan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Di perjalanan Beliau berhenti membeli tanah penjemuran kurma milik dua anak yatim bersaudara. Tanah tersebut kemudian Beliau gunakan untuk mendirikan masjid tepat bersebelahan dengan kediaman baru Beliau di Madinah.

Masjid Quba

Mencari Masjid Terdekat
syaamilquran.com

Sebelum mendirikan Masjid Nabawi, Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah sendiri. Masjid ini beliau bangun juga semasa perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah di tanah milik Bani Najjar, berjarak sekitar 5 km dari kota Madinah.

Masjid Quba dibangun di atas kebun kurma seluas 1.200 meter persegi. Usai masjid ini dibangun Nabi memimpin sholat berjamaah pertama di masjid ini. Tercatat bahwa Nabi rutin mengunjungi Masjid Quba setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu.

Masjid Al-Aqsha

news.detik.com

Ingat dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi? Tentu mengingatkan kita pada masjid yang satu ini bukan? Ya benar, Masjid Al-Aqsa adalah tempat bermulanya perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi ke Sidratul Muntaha.

Seperti yang kita ketahui peristiwa tersebut terjadi dalam waktu satu malam, dimana Nabi menerima wahyu untuk mendirikan sholat lima waktu untuk pertama kalinya.

Selain dianggap sebagai tempat suci oleh umat Islam, masjid ini juga dianggap sebagai bangunan suci oleh umat Yahudi dan Nasrani. Bagi umat Islam Al-Aqsa tidak hanya tempat penuh dengan sejarah, melainkan juga sebagai kiblat pertama, sebelum kiblat akhirnya dipindahkan ke Ka’bah.


Mencari Masjid Terdekat Lewat Smartphone


klikpositif.com

Di zaman yang kini serba modern dan canggih untuk menemukan masjid bukanlah perkara yang susah. Setiap desa pasti memiliki masjid sebagai pusat aktivitas keagamannya. Namun pernahkah kamu merasa kesulitan untuk menemukan masjid, padahal nyatanya masjid bertebaran dimana-mana?

Jawabannya tentu saja pernah. Hal ini kerap kali terjadi saat kita menjadi pendatang baru di sebuah daerah. Sebagai contoh, anda adalah seorang backpacker yang senang mengeksplor daerah baru di luar daerah asal anda.

Nah, sudah pasti anda tidak paham dong dimana lokasi spesifik keberadaan masjid di daerah tersebut. selain dengan cara bertanya kepada warga sekitar, anda dengan mudah mencari masjid terdekat cukup menggunakan smartphone android.

Tanpa perlu repot-repot mengetikkan kata kunci di mesin pencarian, berikut beberapa aplikasi untuk mencari masjid terdekat yang kami rekomendasikan:

Masjid Terdekat

Mencari Masjid Terdekat
inwepo.co

Sesuai dengan namanya aplikasi akan membantu anda menemukan letak spesifik sebuah masjid di lokasi keberadaan anda saat ini. Didukung dengan oleh navigasi dari gps dan google map anda cukup masuk ke aplikasi dan mencari lokasi masjid terdekat dengan mudah.

Pada aplikasi ini anda juga bisa menambahkan data masjid baru yang anda temukan, namun belum terdaftar di dalam aplikasi. Dengan begitu anda memudahkan pengguna lainnya untuk menemukan masjid di daerah yang sama.

Muslim Go

yogipurnama.id

Aplikasi yang lebih dikenal dengan jadwal sholatnya ini juga dapat digunakan untuk mencari info masjid terdekat loh. Melalui aplikasi ini anda tak hanya terhubung dengan masjid terdekat namun sekaligus dapat ditunjukkan arah kiblat.

Oleh karena itulah aplikasi ini disebut sebagai aplikasi all in one. Tak hanya fitur mencari masjid terdekat, terdapat juga fitur jadwal sholat, arah kiblat, Al-qur’an, Asmaul Husna, tasbih digital, dan berbagai fitur islami lainnya.

Mosque Finder

Mencari Masjid Terdekat
liputan6.com

Nah aplikasi ini database nya sangat luas loh, mencakup hingga negeri-negeri di Eropa. Jadi jangan khawatir tidak akan menemukan masjid saat melancong ke Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Swedia, dan negara-negara Eropa lainnya.

Caranya cukup memasukkan kata kunci seperti yang anda ketahui tentang masjid tersebut. Seperti nama masjid, nama jalan, atau kode pos daerah anda berada. Bagaimana cukup mudah bukan?

Google Maps

Mencari Masjid Terdekat
wisatanabawi.com

Opsi terakhir jika anda tidak memiliki salah satu aplikasi di atas, berdayakanlah apllikasi google maps yang sudah terpasang secara permanen di smartphone anda.

Google maps yang dahulunya diperuntukkan untuk menemukan alamat (petunjuk jalan), kini sudah disempurnakan dengan berbagai fitur tambahan untuk menemukan berbagai tempat. Mulai dari tempat peribadatan, pom bensin, hotel, restauran, kafe, rumah sakit, pasar, dan lain sebagainya.


Nah, sudah tidak bingung lagi kan untuk bepergian kemana pun. Karena kini semua sangat mudah hanya dengan menggunakan teknologi canggih yang sudah tersedia di ponsel pintar anda. Semoga suatu saat nanti dapat berkunjung dan sholat di masjid-masjid yang didirikan oleh Rasulullah SAW ya. Aamiin.

Leave a Comment