Hari Besar Agama Islam Yang Juga Diklaim Sebagai Hari LIbur Nasional

Hari Besar Agama Islam – Hari besar apa yang paling kamu tunggu-tunggu setiap tahunnya? Idul Fitri, Idul Adha, atau Maulid Nabi Muhammad SAW?

Umat Islam memiliki beberapa bentuk perayaan hari besar setiap tahunnya. Setiap kali hari-hari besar tersebut tiba suasana bahagia terasa amat di dada. Berkumpulnya sanak keluarga jauh, karib kerabat, hingga ukhuwah Islamiyah semakin erat terjalin antara kita.


Hari-Hari Besar Agama Islam


Lalu ada apa saja sih hari-hari besar agama Islam? Berikut beberapa hari besar di bawah ini yang sekaligus menjadi hari libur nasional alias tanggal merah:

1. Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal)

publicholidays.co.id

Jika berbicara mengenai hari besar agama Islam, maka yang paling dinanti-nanti kedatangannya adalah hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal.

Idul Fitri disebut juga sebagai hari kemenangan umat setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan. Lebaran idul fitri merupakan momen untuk saling bermaaf-maafan setelah sebulan penuh melatih kesabaran saat berpuasa.

Selain maaf-maafan, momen idul fitri juga dijadikan sarana untuk bersilaturrahmi. Ucapan “Minal Aidin Wal Faidzin, Maafkan Lahir dan Batin” akan bergema dimana-mana.

Selain itu idul fitri menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak tentunya. Bagaimana tidak, mereka akan memanfaatkan momen ini untuk mengumpulkan THR (Tunjangan Hari Raya) sebanyak-banyaknya.

2. Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah)

cnnindonesia.com

Setelah hari raya idul fitri satu lagi hari besar yang dinanti-nanti umat islam yaitu hari raya kurban (Idul Adha). Kenapa disebut dengan hari raya kurban? Karena pada hari itu seusai sholat tied, umat Islam yang mampu akan menyembelih hewan ternak untuk dibagi-bagikan.

Kurban juga menggambarkan bahwa lewat sebuah pengorbanan dan penderitaan, seseorang dapat menggapai cita-cita dan keinginannya yang mulia.

Nama lain dari Idul Adha adalah hari raya haji. karena pada waktu yang bersamaan para jemaah haji juga menunaikan ibadah haji nya di Mekkah sana.

3. Tahun Baru Islam (1 Muharram)

muslim.okezone.com

Jika tahun baru Masehi jatuh pada tanggal 1 Januari, maka tahun baru Hijriah (tahun baru Islam) jatuh pada tanggal 1 Muharram.

Pada bulan ini kita sebagai umat muslim dianjurkan memperbanyak puasa sunnah. Bahkan puasa yang paling utama sesudah puasa di bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram.

Sama halnya dengan tahun baru Masehi, 1 Muharram juga menjadi libur nasional bagi rakyat Indonesia. Artinya di kalender hari yang bertepatan dengan jatuhnya 1 Muharram dilingkari sebagai tanggal merah.

4. Maulid Nabi (12 Rabiul Awal)

Hari Besar Agama Islam
kominfo.go.id

Peringatan kelahiran Baginda Rasul Muhammad SAW juga dijadikan sebagai salah satu hari libur nasional di Indonesia. Sebagai wujud menghormati peringatan maulid Nabi dan mengizinkan umat Islam untuk merayakannya.

Memperingati dalam konteks bukan merayakan seperti berpesta. Namun lebih kepada membaca shalawat maupun ratib yang berisikan kisah perjalanan hidup dan kenabian Muhammad SAW. Di Indonesia sebagian umat Islam ada yang menggelar acara Maulid Nabi ada yang tidak.

Namun perbedaan tersebut tidak membuat umat Islam di Nusantara ini terpecah. Perbedaan tersebut hanya terkait perihal fiqih dan mazhab masing-masing kelompok. Untuk urusan tauhid Tuhan kita tetap satu yaitu Allah SWT dan Nabi kita Muhammad SAW.

Sejarah mencatat tradisi peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Sultan Salahudin Al-Ayyubi. Tujuan beliau adalah agar umat menjadikan Nabi sebagai suri tauladannya dalam mensyiarkan Islam. Dimana dalam peringatan maulid juga diceritakan tentang akhlak Nabi semasa hidupnya.

Perlu kamu ketahui bahwa 12 Rabiul Awal juga menjadi hari wafatnya Nabi Muhammad SAW. Tercatat jika Beliau meninggal pada hari Senin, 12 Rabiul Awal 11 H, kurang lebih pada usia 63 tahun.

Sehingga peringatan Maulid Nabi tentu akan dipenuhi suasana haru dalam mengenang sejarah kehidupan Beliau semasa memperjuangkan umatnya.

5. Isra’ Mi’raj (27 Rajab)

waspada.co.id

Isra’ adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram (Mekkah) ke Masjidil Aqso (Yerussalem). Sedangkan Mi’raj merupakan peristiwa naiknya Nabi dari Masjidil Aqso ke Sidratul Muntaha. Peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadi hanya dalam waktu satu malam.


Itulah 5 hari-hari besar agama Islam yang paling dinanti-nanti setiap tahunnya. Bahkan sebagian orang sengaja melingkari kalendernya pada tanggal tepat hari-hari tersebut jatuh.

Leave a Comment