Mari Belajar Menghafalkan Bahasa Arab Anggota Tubuh Beserta Artinya!

Bahasa Arab Anggota Tubuh – Masih bertanya-tanya kenapa bahasa Arab menjadi bahasa asing kedua (bahkan pertama) yang banyak digunakan di Indonesia? Karena mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Dimana bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al-Qur’an.

Oleh karena itu, perkembangan bahasa Arab sangat diperhatikan di negeri kita. Selain untuk bisa membaca dan memahami Al-Qur’an, umat muslim pasti akan berkunjung ke jazirah Arab setidaknya sekali seumur hidup.

Sehingga banyak dari masyarakat kita tertarik untuk mempelajari bahasa Al-Qur’an ini. Tak hanya di sekolah-sekolah, bahasa Arab bahkan dipelajari hingga tingkat universitas. Dibuktikan dengan adanya program studi Sastra Arab di beberapa Fakultas Ilmu Bahasa.


Sejarah Masuknya Islam dan Bahasa Arab di Indonesia


toko-muslim.com

Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya, adat, seni, dan bahasa daerah. Dari ujung Sabang sampai Merauke memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Keistimewaan nusantara ini juga tak lepas dari pengaruh budaya asing yang pernah berkunjung.

Lalu bagaimana kisahnya bahasa Arab bisa masuk ke nusantara? Hal ini tentu tidak lepas dari sejarah pengaruh Islam itu sendiri. Ajaran Islam masuk ke nusantara lewat pintu perdagangan antar negara yang sudah dilakukan sejak turun temurun.

Karena keterbatasan transportasi, di zaman dahulu para saudagar dari Arab ke nusantara dengan cara berlayar. Mereka biasanya akan menetap lama dan berbaur dengan penduduk lokal sehingga terjadilah akulturasi budaya lokal dan budaya Arab.

Tak hanya Arab, budaya Indonesia juga bercampur dengan budaya lainnya seperti budaya China, India, dan Eropa. Jadi jangan heran jika kamu melihat keberagaman tarian adat di Indonesia. Mulai dari tarian daerah tradisional, kontemporer bernuansa Eropa, hingga tarian modern.

Selain berpengaruh dalam hal agama dan budaya perdagangan antar negara ini juga meninggalkan seni dalam berbahasa. Meskipun bahasa Ibu kita adalah bahasa Indonesia, namun tidak sedikit juga memiliki kemiripan dengan bahasa negara luar, seperti bahasa Arab.

Seperti hal dari segi bahasa, banyak bahasa-bahasa asing yang disadur ke dalam bahasa sehari-hari masyarakat Indonesia. Beberapa kata dari Bahasa Arab misalnya yang sudah tidak asing kita dengar di tengah-tengah obrolan masyarakat.

Beberapa di antaranya yang paling sering digunakan adalah wahid (satu), ‘afwan (maaf), hasan (baik), laa (tidak), anta (kamu), na’am (ya), fulus (uang), bakhil (pelit), dan lain sebagainya.

Baca juga : Sejarah Islam di Jazirah Arab

Bahasa Arab Anggota Tubuh

Selama menetap di Indonesia para saudagar dari Arab tentu saja sering menggunakan bahasa ibu mereka untuk berkomunikasi. Tak jarang juga beberapa kosa kata terucap kepada penduduk lokal. Lama kelamaan masyarakat kita pun menjadi paham bahasa Arab, meskipun tak semua fasih.

Sedikit demi sedikit masyarakat kita mulai menyadur bahasa Arab menjadi bahasa sehari-hari. Hal ini dilakukan agar memperlancar proses komunikasi selama berdagang. Selain itu akibat pengaruh dakwah dan ajaran agama Islam, tak sedikit dari penduduk lokal yang menyatakan keislamannya.

Hal ini juga memotivasi masyarakat untuk belajar bahasa Arab agar bisa membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Hingga kini penggunaan beberapa kosa kata bahasa Arab masih dilakukan oleh masyarakat kita.

Tidak jarang yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa keseharian, seperti penerapan penggunaan bahasa Arab di berbagai pondok pesantren di pelosok negeri.

Tak heran jika para santri lulusan sekolah pesantren atau sekolah keagamaan (madrasah) mahir berbahasa Arab. Kebanyakan dari mereka akan melanjutkan studi ke universitas-universitas Islam ternama di dunia, seperti Universitas Al-Aazhar di Mesir atau universitas lainnya di Arab.

Dalam bahasa Arab kosa kata disebut dengan mufradat. Dimana mufradat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja), dan harf (huruf atau nomor).

Bagi para alumni pesantren kegiatan menghafal dan belajar kosa kata bahasa Arab tentu sudah menjadi makanan sehari-hari. Terutama yang pesantrennya berbasis pelajaran kitab kuning, perbedaan isim, fi’il, dan harf tentu sudah di luar kepala.

Kali ini kita akan mempelajari beberapa kosa kata bahasa Arab anggota tubuh yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sembari membaca yuk sembari mempraktikkan:

Anggota tubuh secara umum

Tubuh ( جَسَدٌ جـ أَجْسَادٌ ) jasadun jim ajsaadun
Darah ( الدمّ ) ad dammu
Kulit ( ٌجِلْدٌ جـ جُلُوْد) jildun jim juluudun
Tulang ( العظم ) al idzom

Bagian kepala

Kepala ( ٌرَأْسٌ جـ رُؤُوْس) ra`sun jim ru`uusun
Otak ( الدماغ ) ad dzimaghu
Rambut ( ٌشَعْرَةٌ جـ شَعْر) sya’ratun jim sya’run
Muka ( الوجه ) al wajhu
Jidat ( الجبهة ) al jabhah
Alis ( الحاجب ) Al haajib
Mata ( ٌعَيْنٌ جـ أَعْيُن) ‘aynun jim a’yunun
Hidung ( ٌأَنْفٌ جـ أُنُوْف) anfun jim unuufun
Telinga ( ٌأُذُنٌ جـ آذَان) udzunun jim aadzaanun
Pipi ( ٌخَدٌّ جـ خُدُوْد) khaddun jim khuduudun
Mulut ( ٌفَمٌ جـ أَفْوَاه) famun jim afwaahun
Bibir ( الشفة ) as syafah
Gigi ( ٌسِنٌّ جـ أَسْنَان) sinnun jim asnaanun
Kumis ( الشارب ) as syaribu
Dagu ( الذقن ) adz dzuqnu
jenggot ( اللحية ) al lihyah
Lidah ( ٌلِسَانٌ جـ أَلْسِنَة) lisaanun jim alsinatun
Leher ( ٌعُنُقٌ جـ أَعْنَاق) ‘unuqun jim a’naaqun
Tenggorokan ( الحنجرة ) al hanjaroh

Bagian badan

Pundak ( ٌكَتِفٌ جـ أَكْتَاف) katifun jim aktaafun
Dada ( صَدْرٌ جـ صُدُوْرٌ) shadrun jim shuduurun
Jantung ( القلب ) al qolbu
Punggung ( ٌظَهْرٌ جـ ظُهُوْر) zhahrun jim zhuhuurun
ketiak ( الإبط ) al ibtun
Tangan ( ٍيَدٌ جـ أَيْد) yadun jim aydin
Lengan ( الذراع ) adz dziroou
Siku (مِرْفَق ) al mirfaqu
Telapak tangan ( كَفٌ جـ أَكُفٌّ) kaffun jim akuffun
Jari ( الإصبع ) al ishba’u
Kuku ( الظفر ) adz dzufru
Kepalan ( القبضة al ) qobdoti
Perut ( ٌبَطْنٌ جـ بُطُوْن) bathnun jim buthuunun
Lambung ( المعدة ) al maidah
Usus ( الأمعاء ) al amaa’
Pusar ( السرة ) as surrotu
Ginjal ( الكلى ) al kuli

Bagian kaki

Panggul ( الورك ) al waroku
Pantat ( المؤخرة ) al muakhorotu
Paha ( ٌفَخِذٌ جـ أَفْخَاذ) fakhidzun jim afkhaadzun
Kaki ( القدم ) al qodamu
Lutut ( الركبة ) ar rukbah
Betis ( ٌسَاقٌ جـ سُوْق) saaqun jim suuqun
Pergelangan kaki ( الكاحل ) al kaahilu
Telapak kaki ( ٌقَدَمٌ جـ أَقْدَام) qadamun jim aqdaamun


Itulah deretan kosa kata bahasa Arab anggota tubuh beserta artinya lengkap. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment