Arti Fii Amanillah | Ungkapan Sekaligus Doa Bagi yang Akan Bepergian

Arti Fii Amanillah – “Fii Amanillah”,- Apa kalian tahu arti kalimat tersebut?

Mungkin beberapa dari kita sudah sering mendengar kalimat ini. Seiring perkembangan komunitas pemuda muslim di Indonesia saat ini, kita semakin tidak asing mendengar istilah-istilah arab yang umum dipergunakan di kalangan masyarakat muslim di Indonesia.

Apalagi di zaman teknologi masa kini, istilah-istilah bahasa Arab seperti Barakallah, Syukron, Ana Uhibbuka Fillah, La Ba’sa, termasuk Fii Amnaillah, kata yang akan kita bahas kali ini, sering kita lihat berseliweran di sosial media seperti instagram, facebook, ataupun twitter.

Lalu, apakah Fii Amanillah itu? Untuk apa kalimat tersebut digunakan?


Penjelasan Arti Fii Amanillah


Arti Fii Amanillah
islampos.com

Arti Fii Amanillah ( فِي أَمَانِ الله ) adalah ucapan bahasa Arab yang artinya “Semoga engkau ada dalam lindungan Allah”. Sebagaimana anjuran untuk selalu berkata baik sebagai umat muslim, ucapan ini ternyata memiliki makna yang sangat dalam.

Makna ucapan ini berisi doa dan harapan agar orang yang diucapkan selalu berada dalam lindungan Allah.

Saat mengetahui artinya, ucapan ini memang sangat cocok digunakan / diucapkan kepada orang hendak bepergian sebagai bentuk doa kepada yang diucapkan agar senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT selama perjalanannya.

Insya Allah, Allah akan mengabulkan doa kita sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.” (QS. Al-Mu’min: 60).

Biasanya penggunaan ucapan bahasa Arab untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Namun, ada juga yang tidak. Misalnya, ucapan Fii Amanillah ini tidak ada perbedaan bagi laki-laki dan perempuan. Begitu pula jika diucapkan kepada orang banyak, makna dan penggunaannya sama saja.

Cara mengucapkan Fii Amanillah

Cara mengucapkan Fii Amanillah, kata “fii” harus diucapkan panjang, dengan dua huruf “i” dalam tulisan bahasa Indonesia. Kata “Fii” memiliki arti “di dalam”. Sementara kata “Amaanillah” memiliki makna “lindungan Allah”.

Ucapan ini sebetulnya tidak hanya diucapkan kepada orang sedang bepergian. Ucapan ini juga sangat cocok digunakan pada kondisi atau situasi lainnya. Jika mendengar maknanya, maka Fii Amanillah ini bisa juga diucapkan kepada:

1. Orang yang terkena musibah
2. Orang yang sedang menghadapi masalah
3. Orang yang sedang menduduki jabatan tertentu
4. Orang saat hendak menutup pembicaraan di telpon, sebelum ucapan salam
5. Orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang sangat berbahaya

Merespon orang yang mengucapkan Fii Aamanillah

Dalam Surah An-Nisa ayat 86, Allah SWT berfirman:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Artinya: “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (QS. An-Nisa: 86).

Berdasarkan firman Allah SWT tersebut, kita dianjurkan untuk memberikan balasan kepada orang yang memberikan penghormatan kepada kita. Maka, jika ada orang yang mendoakan baik kepada kita, kita dianjurkan untuk membalas kebaikan doanya.

Oleh karena itu, jika seseorang mengucapkan Fii Amanillah kepada kita, maka kita dapat menjawabnya dengan mengucapkan “Ma’assalamah” yang artinya “semoga keselamatan selalu menyertaimu”.

Makna Ungkapan Fii Amanillah

Apa saja makna yang terkandung dalam mengucapkan Fii Amanillah?

1. Mendoakan Keselamatan : dengan mengucapkan kalimat tersebut, kita mendoakan keselamatan baginya
2. Bentuk Rasa Peduli : pengucapan kata ini menjadi bukti rasa peduli kita kepada sesama
3. Cinta kepada sesama muslim : sebagaimana anjuran Nabi, sesama muslim harus saling mengasihi

Berbagai macam ucapan Fii Amanillah. Ucapan Fii Amanillah bisa divariasikan dengan ucapan bahasa Arab lainnya, misalnya:

1. “Alhamdulillah, fii amanillah” artinya segala puji bagi Allah, semoga engkau ada dalam lindungan Allah.
2. “Ma’assalamah, fii amanillah” artinya semoga keselamatan menyertaimu, semoga engkau ada dalam lindungan Allah.
3. “Barakallah, fii amanillah” artinya semoga Allah memberkahi, semoga engkau ada dalam lindungan Allah.
4. “Safe flight, fii amanillah” artinya semoga penerbangannya aman, semoga engkau ada dalam lindungan Allah.
5. “Fii amanillah wa salamah” artinya semoga engkau ada dalam lindungan Allah dan selamat.
6. “Kuntum fii amanillah” artinya kamu, semoga engkau ada dalam lindungan Allah.


Itu dia penjelasan tentang arti Fii Amanillah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar teman-temanmu juga bisa memahami tentang arti Fii Amanillah.

Leave a Comment